Trattoria Cucina Italiana Semarang

Mencari masakan Italia dengan cita rasa otentik memang susah-susah gampang apalagi di Semarang. Bukan berarti tidak ada, namun kebanyakan produk Italian Cuisine sudah mengalami banyak modifikasi yang disesuaikan dengan selera lokal. Keberadaan pasta dan pizza sebagai salah satu makanan yang langsung mengingatkan seseorang pada Italia menjadi sangat populer di Semarang beberapa tahun belakangan ini. Banyak usaha bermunculan dan menawarkan produk pasta dan pizza dengan beragam varian. Namun sedikit yang menawarkan original taste, demikian yang tersirat dari keterangan yang disampaikan oleh Ibu Vonny Tresno Santoso selaku franchiser Trattoria Cucina Italiana.

Trattoria Cucina Italiana
Ibu Vonny, Chef Olivari Vanni & Jajaran Staf Trattoria

Trattoria Cucina Italia adalah restoran Italia yang pertama kali didirikan di Seminyak Bali pada Desember 2002 dan semenjak saat itu menyebar ke beberapa wilayah di Asia. Hingga sekarang tercatat ada 18 cabang yaitu di Seminyak, Ubud, Uluwatu, Kuta, Cangu dan Gili Trawangan Lombok. Selain itu Trattoria juga membuka restonya di Jakarta, Medan, Singapura, Kuala Lumpur, dan Semarang sebagai cabang ke 18.

Didirikan oleh Edoardo Guerrini, Trattoria memiliki motto “Make Pizza Not War”. Dengan tim yang terdiri dari 10 Italian chef pimpinan Olivari Vanni, Trattoria berusaha menyajikan menu Italian Cuisine yang bercitarasa asli dari negeri yang terkenal dengan pizza dan pastanya itu.

Trattoria Cucina Italiana Semarang

Trattoria Cucina Italiana Semarang

Trattoria Cucina Italiana Semarang

Trattoria hadir sebagai franchise terbaru yang dikelola oleh Manajemen Holliday Group Semarang. Seperti yang kita kenal, Holliday Group Semarang telah memiliki beberapa outlet antara lain Holliday Restaurant, Jade Asian Kitchen, Holliday Bakery, dan Holliday Catering Co yang melayani jasa penyedia makanan catering untuk berbagai acara.

Trattoria Semarang menempati lantai 1 The Vee Building yang beralamat di Jalan Gajahmada no 146 Semarang. Dengan konsep “Italian Kitchen Wine & Bar” Trattoria memberikan penawaran terbaru bagi pecinta kuliner di kota Semarang. Yaitu perpaduan menu otentik dari Italia dengan kesederhanaan dan nilai tradisi yang kuat dari kota setempat. Inilah yang menjadi salah satu kunci sukses dari Trattoria Cucina Italiana.

Yang menarik dari spot kuliner baru di Semarang ini adalah konsep fusion yang diadaptasi dengan kebutuhan warga setempat. Menyadari bahwa banyak penikmat makanan yang tak mampu berpisah dengan nasi, maka Trattoria juga membuka gerai makanan Jepang yang bernama Suksema.

Trattoria Cucina Italiana Semarang

Suksema adalah bahasa Bali yang berarti ‘terima kasih’. Dan memang, gerai makanan Jepang yang menjadi bagian dari Trattoria ini pertama kali dibuka di Bali. Yang menarik adalah tidak semua cabang Trattoria membuka gerai Suksema. Hanya beberapa kota saja termasuk Semarang yang mendapatkan kehormatan untuk menyajikan kelezatan Sushi melalui Suksema.

Alasan kenapa Suksema dibuka di Semarang adalah karena Trattoria ingin memberikan pilihan kepada pengunjung yang lebih menyukai nasi daripada pasta atau menu italia lainnya.

Trattoria menawarkan beragam hidangan Italia mulai dari hidangan pembuka (appetizer), soup, salad, main course, pasta, pizza, dan hidangan penutup (dessert). Semuanya disajikan khusus untuk pengunjung yang ingin merasakan pengalaman baru dalam menikmati hidangan Italia secara lengkap. Yang istimewa dari Trattoria adalah adonan pizza dan pastanya yang dibuat sendiri (home made). Bahkan untuk bahan saosnya pun Trattoria mengaku memiliki resep khusus dengan bahan utama tomat yang diimpor langsung dari Italia.

Trattoria Cucina Italiana Semarang

Trattoria Cucina Italiana Semarang

Trattoria Cucina Italiana Semarang

Trattoria Cucina Italiana Semarang

Trattoria Cucina Italiana Semarang

Trattoria Cucina Italiana Semarang

Dalam kesempatan bersantap siang beberapa waktu lalu para awak media yang diundang dalam soft launching nya disuguhi berbagai menu khas Trattoria dan Suksema. Ada pizza dengan 2 jenis keju (mozzarella dan Parmesan) yang dilengkapi dengan daging sapi dan arugula sebagai pugasan. Pizza khas Italia yang tipis dan renyah dibuat langsung oleh Chef Olivari Vanni di dapur Trattoria di hadapan tamu undangan.

Adonan pizzanya tipis dengan crust  di tepiannya. Taburan keju yang meleleh di sekitar pizza dengan saos tomat buatan sendiri memberikan sensasi makan pizza yang otentik. Sementara arugula dan percikan minyak zaitunnya melengkapi gurihnya pizza dengan aroma khasnya. Untuk yang tidak terlalu suka dengan cita rasa arugula yang agak pedas dan sengar bisa meminta secara khusus untuk tidak disertakan. Di sini pengunjung bisa meminta menu kustom yang disesuaikan dengan selera.

Trattoria Cucina Italiana Semarang

Disajikan juga salah satu menu salad dari Trattoria yang berisi sayuran dengan potongan keju Ricotta. Seperti yang kita tahu keju ini dibuat dari susu domba atau kambing sehingga rasanya lebih ringan. Menurut saya taste nya lebih light dibandingkan keju yang dibuat dari susu sapi. Tidak begitu asin dan agak sedikit asam. Salad ini disajikan dengan percikan saus pesto yang segar.

Trattoria Cucina Italiana Semarang

Menu berikutnya adalah grilled veggies yang terdiri dari berbagai macam sayuran yang dipanggang. Dilengkapi dengan blueberry, yang saya akui bukan buah favorit saya.

Trattoria Cucina Italiana Semarang

Untuk menu dari Suksema ada 2 jenis Suksema Roll yang disajikan yaitu Suksema Roll dan Volcano Roll. Sushi dengan tuna, alpukat dan timun jepang segar. Menurut saya 2 sajian sushi ini cocok di lidah. Dinikmati dengan kecap asin dan wasabi, hidangan ini bisa jadi pilihan untuk penggemar makanan Jepang.

Trattoria Cucina Italiana Semarang Trattoria Cucina Italiana Semarang

Bagaimana dengan minuman? Trattoria menyajikan banyak pilihan lengkap mulai dari jus buah segar sampai anggur impor dari Italia dengan harga yang diklaim oleh Trattoria paling terjangkau di kota Semarang. Jadi untuk pengunjung yang menyukai wine dan butuh tempat untuk ngobrol bisnis, bisa memiilih Trattoria sebagai tempat hang out yang pas.

DSCN1379

Trattoria beroperasi setiap hari mulai jam 11 siang hingga 12 malam untuk weekdays, dan 11 siang hingga 1 dinihari di akhir pekan. Untuk kapasitas pengunjung, Trattoria menyediakan tempat yang luas hingga 180 pax. Tersedia juga VIP room dengan kapasitas 20 pax yang bisa dipesan untuk meeting atau acara keluarga.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Trattoria, ada beberapa menu yang harus dicoba. Untuk main coursenya kamu bisa coba Filleto ai Funghi. Ini adalah daging sapi tenderloin yang dipanggang dan disajikan dengan creamy mushroom sauce, sayuran dan kentang. Kalau kamu termasuk penyuka pizza dan pasta, menu yang boleh dicoba adalah Magnifica, yaitu pizza 3 in 1 yang terdiri dari Salsiccia E Cippola, Calzone dan Bianca.

Untuk pasta kamu bisa coba Pappardelle Verdi Ai Funghi – pasta pappardelle yang dibuat dari bayam dengan creamy mushroom sauce. Atau Linguine Allo Scoglio – Linguine pasta dengan saus tomat segar yang ringan dan saus seafood yang bercitarasa sedikit pedas. Ada satu lagi menu pasta andalan dari Trattoria yaitu Padellaccia Alla Mediterania yaitu Risotto seafood yang disajikan dalam hot pan.

Trattoria Cucina Italiana Semarang

Lalu menu apa saja yang bisa direkomendasikan di Suksema? Ada berbagai menu seperti Special Assorted Sushi & Sashimi yang berisi 20 potong nigiri, maki, dan sashimi. Lalu ada Suksema Roll (spicy tuna, avocado, spicy mayo, crispy potato), Volcano roll (salmon, crab, avocado, cucumber, spicy mayo, crispy potato, crispy tempura), Rainbow roll (tuna, salmon, gindara, prawn, tobiko, avocado, & cucumber), Salmon & Tuna Tartar.

Dan serunya, semua menu di Trattoria dan Suksema bisa dipesan untuk event bergabung dengan katering yang dikelola oleh Holliday Catering Co. Untuk harga makanan dan minuman di Trattoria dan Suksema tergolong masih rata-rata dan cukup terjangkau.

Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi Trattoria Cucina Italiana & Suksema yang beralamat di Jalan Gajahmada no 146 Semarang telpon (024) 3548333. [advertorial]

Related posts

10 Thoughts to “Trattoria Cucina Italiana Semarang”

  1. Pernah makan di trattoria deket kantor dan by far the best and most fresh italian cuisine yang pernah saya cicipin 😀

    1. Bener Mas, kebetulan saya juga cocok sama makanannya.

  2. Brian

    Harga menu makanannya berapaan?

    1. Bervariasi tergantung jenis makananannya. Kisaran harga dari 40rb-100rb-an.

  3. Ibnu

    Trattoria semarang ini bahan makanannya ada pake babi kah? Trims

  4. lagi cari2 resto buat romantic dinner berdua trus nyasar di sini 😀 by the way tempatnya cenderung quiet apa rame ya mas? soalnya kalo terlalu rame ga jadi romantic deh hihihi.

    1. Kalo mau Romantic dinner coba ke Verve deh Mbandah…itu lebih oke

  5. Pamela

    Bisa beli wine botolannya kah buat bawa pulang kah? Atau cuma bisa minum ditempat ya?

    Ada price listnya untuk wine gak ya? Makasih

    1. Untuk price list wine nya aku nggak punya. Tapi bisa dibawa pulang kok. Silakan tanya langsung ke resto yang bersangkutan ya.

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.