Tips Memilih Makanan Ringan Yang Aman

Siapa sih yang nggak suka ngemil? Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa semua suka menikmati makanan ringan. Camilan memang menjadi makanan selingan yang bisa jadi teman beraktifitas dimana saja dan kapan saja. Saat ini banyak pilihan makanan ringan di sekitar kita. Saking banyaknya, kadang kita malah bingung memilih makanan ringan yang pas untuk kita dan keluarga. Nah, di postingan kali ini aku mau sedikit menulis tentang tips memilih makanan ringan yang aman.

As we know, sekarang ini makanan ringan mudah didapatkan dimana saja. Mulai dari toko kelontong kecil sampai retail besar. Buat anak kos seperti aku, makanan ringan bisa menjadi penyelamat di saat-saat kritis. Ketika lapar dan malas keluar cari makan, camilan lumayan bisa mengganjal perut. Anak-anak pun menyukainya. Untuk alasan itu juga kita juga musti mikirin nih gimana caranya menyajikan makanan ringan yang aman dan nggak berbahaya.

Tips Memilih Makanan Ringan Yang Aman

Tips Memilih Makanan Ringan Yang Aman
from : clipartix.com

Kita tahu kan kalau banyak produsen makanan ringan yang nggak bertanggung jawab di luar sana. Mereka memproduksi makanan yang tidak sesuai dengan aturan dan menambahkan bahan-bahan berbahaya yang dilarang dan merugikan kesehatan. Untuk itulah kita harus pandai memilih mana makanan ringan yang layak disajikan, mana yang tidak.

Ada beberapa tips nih yang mungkin pas untuk kamu yang suka banget belanja makanan ringan buat stok di rumah atau di kamar kos.

Pilihan jenisnya.

Saking banyaknya, kita harus memerhatikan mana jenis camilan yang menyehatkan dan mana yang tidak memberikan benefit apa-apa untuk tubuh kita. Karena kayaknya juga percuma ya kalau ngemil tapi tidak bermanfaat bagi tubuh. Malah yang terjadi sebaliknya, bikin tubuh jadi sakit. Lebih selektif lagi dalam memilih camilan ya? Jangan lupa juga baca tabel nutrisi yang tertera dalam pembungkus makanan.

Tanggal kadaluarsanya

Jangan pernah terlewat mengecek tanggal kadaluarsa pada pembungkus makanan yang kamu beli. Jangan sampai kita mengonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa karena pastinya akan sangat membahayakan bagi kesehatan kita. Bahkan potensi bahaya keracunan bisa mengintai kapan saja lho?

Kualitas pembungkusnya

Kualitas disini bisa juga dilihat kondisinya. Selain dipacking dengan baik, kondisi pembungkus juga harus diperhatikan. Jangan membeli makanan ringan yang pembungkusnya sudah rusak, karena berpotensi tercemar kuman dan bakteri dari luar. Pilih makanan ringan yang pembungkusnya masih baik dan tidak mengalami cacat.

Outlook appearance-nya

Don’t judge the book by its cover, katanya sih begitu. Tapi kadang penampilan yang oke juga menandakan kualitas yang oke. Apalagi kalau diproduksi oleh perusahaan yang sudah cukup well known. Sedikit banyak bisa membantu keputusan kita untuk memilih makanan ringan yang berkualitas baik dong ya?

Komposisi bahannya

Seperti yang sudah aku bilang sebelumnya kalau kita tidak boleh malas membaca tabel nutrisi yang tercetak pada pembungkus. Selain itu perhatikan juga komposisi bahan yang terdapat dalam makanan ringan yang akan dibeli. Pastikan bahannya tidak membahayakan dan diijinkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia. Kalau perlu juga mencantumkan label halal MUI pada kemasannya.

Nggak susah kan untuk memilih makanan ringan yang aman dan tidak berbahaya? Selamat berbelanja camilan favorit kamu ya! [adv]

Related posts

One Thought to “Tips Memilih Makanan Ringan Yang Aman”

  1. tipsnya sangat keren.. sekarang memang banyak jenis makanan ringan atau snack.. tapi kita harus jeli, karena tak sedikit yang mengandung bahan yang membahayakan..

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.