Tips Membuat Ayam Goreng Tradisonal Yang Enak

Bentar lagi lebaran nih! Pasti udah pada nyiapin banyak rencana ya? Salah satu yang masuk daftar to do adalah nyiapin makanan buat open house keluarga besar atau tetangga yang datang buat silaturahmi. Biasanya kalau lebaran, menu yang jadi andalan adalah mnu berbahan dasar ayam. Opor, rendang ayam, atau yang paling gampang dan tahan lama adalah ayam goreng.

Siapa sih yang nggak suka ayam goreng? Semua orang suka ayam goreng apalagi yang dibuat dengan cara tradisional, yang bumbunya diungkep dan meresap hingga ke daging ayam dan tulangnya. Bikinnya juga nggak ribet. Tinggal uleg bumbu, digoreng dengan minyak sedikit selama beberapa lama, tambahkan air atau santan biar gurih, terus dimasak sampai kuah nyusut. Abis gitu digoreng deh, ayam goreng tradisional yang dagingnya empuk dan bumbunya meresap sampai ke tulang pun bisa dinikmati.

Tips Membuat Ayam Goreng Tradisonal Yang Enak

gambar diambil dari situs www.resephariini.com

Tips Membuat Ayam Goreng Tradisonal Yang Enak

Bahan dasar ayam goreng nggak selalu harus ayam kampung sih, tapi ayam negeri pun bakalan tetap enak kalau dimasak dengan cara yang tradisional.Nah, sebelum memasak ayam goreng tradisional, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Yang paling basic adalah pilihlah ayam yang segar. Pastikan mencucinya hingga bersih sebelum dibumbui dan lakukan beberapa langkah membuat ayam goreng tradisional berikut ini :

  1. Perhatikan Potongan Ayam Agar Sama Ukurannya

Untuk 1 ekor ayam, bisa dibagi jadi 4 sampai 8 potong tergantung besarnya ayam yang dipilih. Pastikan juga ukuran potongan ayam sama satu dengan yang lainnya. Kalau semua potongan ayam rata maka proses pematangangan ayamnya pun merata. Tapi saat pemotongan pisahkan kepala dan kaki ayam  atau cekernya ya.

  1. Ungkep dengan Rempah-Rempah

Siapin bumbu-bumbunya. Pilihannya bisa bumbu kuning atau bumbu bacem yang rasanya gurih manis. Sesuaikan  aja dengan selera kamu dan keluarga. Kalau kamu memilih ayam negeri, masak dengan bumbu dan sedikit airnya. Kalau terlalu banyak pakai air, maka ayam negeri akan mengeluarkan banyak air dan bumbunya lama menyerap.

Terus, kalau kamu memilih ayam jantan dan ayam kampung, masukan bumbu kemudian tambahkan air secara bertahap agar ayamnya menjadi cepat empuk.

Kamu juga boleh pake panci presto lho, supaya ayam cepat matang, empuk, dan bumbunya cepat meresap. Kamu bisa pilih panci presto yang berkualitas dengan belanja online murah disini. Toko online MatahariMall menyediakan beragam kebutuhan perlatan dapur yang bisa membuat ayam goreng anda menjadi semakin sedap.

Setelah matang, jangan lupa tiriskan ayam dari air rebusan yang diungkep ya?

  1. Pastikan Minyak panas dan Banyak

Setelah ayam sudah diungkep dan matang, selanjutnya adalah proses penggorengan ayam. Pada proses ini pastikan minyak yang dipakai banyak. Dan yang penting, sebelum pastikan minyaknya udah bener-bener panas sebelum ayam dimasukkan.

Goreng ayam sampai benar-benar kering dan warnanya kuning keemasan, lalu angkat dan tiriskan.

4.Tambahkan Lauk pelengkap

Supaya makin sedap, siapin nasi hangat dengan sambal dan sayuran yang segar sebagai lalapan yang pas. Nasi hangat, sambal dan lalapan adalah pendamping yang pas dinikmati dengan ayam goreng tradisional. Eh, kurang lengkap kalau belum ada kerupuk ya! Hehehe.

Nah, itu dia rahasia membuat ayam goreng tradisional yang empuk untuk sajian sehari-hari atau di hari spesial seperti lebaran nanti.

Selamat memasak!

(advertorial)

Tulisan Lainnya :

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.