Personal

Tips Biar Menang Lomba Blog

Tips Biar Menang Lomba Blog

Aku pernah suatu kali bilang sama ibuku, kurang lebih 7 atau 8 tahun lalu ketika ayahku baru saja meninggal. Waktu itu aku punya niat pengen beli laptop kecil a.k.a notebook buat kerja sekaligus ngeblog. Aku sempet kasih gambaran ke beliau kalau kegiatan ngeblog ini bisa ngasih penghasilan.

Ibuku nanya, “lha gimana tho kok bisa dapet duit? Siapa yang mau ngasih duit?”

Pertanyaan itu muncul setelah beliau nanya ngeblog itu apa. Lalu setelah aku ngejelasin ini dan itu aku juga ngasih gambaran kalo dapet duitnya ya dari pengiklan. Jaman segitu, khayalanku aja udah muluk-muluk. Rajin ngeblog, ada yang tertarik pasang iklan atau sukses dengan adsense lalu dapet duit. Khayalan anak perawan. Tsah!

Laptopnya kebeli sih, tapi ngeblognya mandeg. Embuh. Hehehe.

Ga cuma dapet duit

7 atau 8 tahun kemudian baru kejadian. Dari ngeblog bisa ngumpul recehan, belum dolar yang bisa buat bayar cicilan rumah. Walaupun sedikit sudah Alhamdulillah, dan jadi bukti kalo omongan bertahun-tahun lalu itu bisa terbukti. Tapi, ternyata kegiatan ini nggak cuma bisa ngasih duit tunai aja, tapi rejekinya macem-macem. Ada yang kasih gadget mihil sampai jalan-jalan ke tempat yang sampai disebut surganya dunia.

Jujur aku ndak nyangka kalo ternyata kue blogging bisa selezat itu sampai diam-diam banyak yang pengen ngerasain. Nggak jarang jadi rebutan. Untung nggak pake sikut-sikutan. #hakdess.

Salah satu yang jadi alasan orang buat ngeblog adalah pengen ngerasain menang lomba. Makin ke sini makin banyak kompetisi menulis yang hadiahnya nggak main-main. Nggak perlu tak sebutin, kamu pasti udah banyak tahu.

Aku sendiri suka iri sama mereka-mereka yang lagi-lagi menang,lagi-lagi menang. Bukan apa-apa, tapi mereka emang luar biasa bagus. Nggak main-main. Para master blogger ini selalu serius dengan apa yang dilakukannya. Nggak kaya aku yang masih menganggap partisipasi dalam kompetisi blogging hanya sekedar kegiatan penggumbira-ria yang hanya sambil lalu saja. Para master ini sudah menjadikan kompetisi blogging menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bukan lagi sekedar senang-senang. Bener begitu kan?

Pengen menang sih, sekali aja. Tapi enggak akan pernah bisa kalo enggak bisa menyamai level para master itu. Gimana enggak, level usahanya pun jauh berbeda. Aku sempet merhatiin sih gimana karakteristik para master blogger yang lagi-lagi menang, lagi-lagi menang ini.

Tips Biar Menang Lomba Blog

Kenapa mereka sukses? Karena…
  1. Mereka serius dan nggak main-main

Seperti yang udah aku bilang tadi kalo mereka mencurahkan semua tenaga dan pikiran buat bikin postingan yang oke dan bisa menarik perhatian juri. Nggak pernah ada pemenang lomba yang nulis seadanya seperti yang aku lakukan. Yang hanya nambahin foto satu biji aja rasanya udah puas. NO! Mereka ini akan mulai dari awal layaknya seorang penulis pro yang memetakan masalah sampai membuat kerangka tulisan hingga mengembangkannya menjadi sebuah tulisan utuh yang enak dibaca.

  1. Punya daya analisa yang tajam

Kalau kuperhatikan, mereka ini punya daya analisa yang tajam. Analisa ini termasuk mencari sudut pandang berbeda dari orang kebanyakan tentang suatu hal. Sebuah tema yang dilempar sama penyelenggara lomba bisa diputer-puter sampai sedemikian rupa sehingga mengejutkan pembaca. Beberapa kali aku sempet baca postingan para master lomba ini dan cuma bisa gumun  dan bertanya “kenapa enggak kepikiran buat nulis ini ya?”

  1. Nggak puas cuma dengan gambar

Cuma nyempilin foto 1 atau 2 biji ngarep menang? Itu aja fotonya pake hape jadul. Ya wasalam. Eh, maaf, bukannya mengecilkan arti dari usaha temen-temen. Tapi nih ya, yang namanya hasil itu emang nggak pernah mengkhianati usaha. Jadi jangan heran kalo nemu blogger yang menang lagi-menang lagi. Karena emang usaha mereka total abis. Seperti Diko yang punya blog di handikoo.com atau Bung Eko yang beralamat di bungeko.com. Tiap kali bikin postingan pasti lengkap dengan infografis dan video-video keren yang memberi nilai tambah pada postingan. Mana bisa dicuekin juri kalo udah begini? Pasti bakal jadi bahan pertimbangan.

  1. Think Out Of The Box

Diko bahkan pernah bilang dalam cuitannya di twitter kalo “Think Out Of The Box” jadi kunci kemenangan berikutnya saat dia udah mulai nggak lagi puas dengan gambar dan infografis. Alasannya semua blogger sudah mulai menuju ke arah yang sama. Pake gambar, infografis, dan video. Meskipun ujung-ujungnya tetap kembali pada gimmick yang sama, tapi seenggaknya ada sesuatu yang lain yang harus dipikirkan supaya stand out dan beda dengan yang lain. Atau mau pakai cara Om Cumi yang tiap kali posting selalu bikin kamu ada di negeri pelangi? Yang penting beda!

  1. Selalu nyediain waktu

Bikin animasi lucu kayak yang dilakukan Diko atau video keren macam bung eko. Atau infografis bagus dan manisnya Mbak Langit Amarawati yang enak dilihat, enggak bisa pake jurus sim-salabim abracadabra. Sulap macam Harry Potter hanya ada di film-film. Sampai bisa jadi begitu ya karena mereka meluangkan waktu untuk membuatnya. Saya yakin, nggak jarang mereka sampai begadang nunggu suasana tenang buat bikin gimmick-gimmick lucu macam gitu. Bahkan kalaupun hanya sekedar foto, pasti meluangkan sedikit waktu buat masukin ke sotosop biar lebih cantik.

  1. Belajar teknologi pendukung

Ini yang sampai sekarang masih belum bisa aku lakukan. Kenapa saudara-saudara? Karena aku memang pemalas tingkat akut. Pengen sih belajar editing video ketika ngelihat Mbandah berhasil bikin video buat pacarnya dan hasilnya keren banget. Atau tertarik belajar corel atau apalah biar bisa bikin infografis yang keren. Udah download aplikasinya sih di komputer, tapi prakteknya? ZERO. Ya mana mau bisa kalo nggak belajar? Jangan lupa juga terus mengasah sense of art kamu ya, biar tampilan blog dan postingan jadi indah dan sedap dipandang.

  1. Nggak patah arang dan terus belajar dari kekalahan

Terus terang aku ini orangnya gampang patah semangat. Walaupun niat awalnya cuma seneng-seneng (dan ini juga salah karena jadi terkesan nggak serius) tapi kalau ikut lomba kalah, pasti ke belakangnya jadi males. Bukannya introspeksi diri, tapi malah jadi hilang pede. Padahal aku yakin, para master blogger yang menang lagi-menang lagi itu juga nggak tiba-tiba langsung jadi juara. Mereka juga pernah kalah berkali-kali. Sempat enggak semangat kayak aku. Tapi mereka bisa belajar dari kekalahan dan kesalahan. Mulai dari membenahi gaya penulisan, sampai belajar bikin lampiran-lampiran yang menarik.

  1. Isi sendiri….

Iya, isi sendiri bagian itu. Gimana menurutmu? Apa yang membuat mereka berhasil sedangkan kamu dan aku enggak? Yang pasti aku percaya kalau semua orang punya peluang yang sama, tinggal bagaimana usaha kitanya aja. Karena sekali lagi yang namanya hasil itu enggak akan mengkhianati usaha.

Bah! Kenapa tiba-tiba aku nulis beginian? Karena jujur, aku juga pengen ngerasain gimana rasanya berdiri di podium. Hehehe.

Tapi kayaknya nggak bakal kejadian karena akunya masih males-malesan dan puas hanya dengan terima recehan. 😛

 

16 Comments

  1. cumilebay.com January 9, 2017
    • nunoorange January 9, 2017
  2. Ivonie January 9, 2017
  3. Inayah January 9, 2017
  4. Ika Hardiyan Aksari January 9, 2017
    • nunoorange January 9, 2017
  5. Vita Pusvitasari January 10, 2017
    • nunoorange January 10, 2017
  6. Hendi Setiyanto January 10, 2017
  7. Ika Puspitasari January 10, 2017
    • nunoorange January 10, 2017
    • nunoorange June 13, 2018

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: