• siaran
    Dunia Radio

    Siaran Itu Nggak Gampang Lho

    Kalo Anda bilang siaran itu gampang, selamat Anda adalah teman Nenek saya. 😀 Seberapa sering profesi penyiar ini disepelekan oleh orang lain. Pernah ketemu sama orang yang berkomentar “Jadi penyiar tuh enak ya? Tinggal duduk, muter lagu, ketemu artis, ngomong seenaknya, dibayar pula!” nggak? Kalo pernah, gimana rasanya waktu itu? Kalau saya senyum sih iya, tapi lantas jadi mikir. Emang seenak itu ya? Untuk Anda yang belum tahu, mari, saya tunjukkan bagaimana kami para “Koki” bekerja di dapur demi sebuah masakan yang belum tentu Anda bilang enak. Sebelum penyiar “tinggal duduk” seperti yang orang itu bilang, dan “tinggal ngomong seenaknya”, ada beberapa proses yang harus kami lakukan.

  • Dunia Radio

    Pentingnya Karakter Dalam Diri Seorang Penyiar

    Tiba-tiba, seorang teman datang menghampiri…mengatakan ingin mengeluhkan tentang berkurangnya partisipan pada program yang dia ampu. Dengan membandingkan pada perolehan SMS pada beberapa tahun ke belakang, dia merasa kalo kuantitasnya berkurang. Dan ada satu kesimpulan yang menurutnya adalah, jumlah entries berkurang karena kami tidak memutarkan banyak lagu-lagu dari boyband yang sedang naik daun saat ini. Saya mangut-mangut dan mengatakan padanya bahwa bisa jadi itu benar. Kesimpulan yang dia ambil adalah berdasarkan dari apa yang dilihatnya semalam di salah satu TV swasta. Sebuah acara yang menampilkan boysband dan girlsband masa kini, yang mana menurut saya konsepnya hampir sama seperti apa yang tayang di TVN Korea. Yang menjadi perhatiannya adalah para gadis-gadis remaja…

  • Dunia Radio

    Profesi Sebagai Seorang Penyiar Radio

    Kesannya jumawa banget ya? 😀 Enggak lah..saya enggak jumawa. Tapi bangga. Bangga dalam artian bangga yang senang dan bahagia, tidak sombong dan rajin menabung. Saya jadi kepikiran buat nulis hal yang satu ini secara nih ya di radio tempat saya bekerja sekarang, sedang ada training untuk calon penyiar baru. Asal tahu saja, di tempat ini, proses training berjalan cukup lama. Dari mulai perekrutan sampai bikin demo siaran (kami menyebutnya dummy siaran) saja berlangsung hampir 2 bulan. Dan dari beberapa trainee, sudah mulai ada yang mengeluh “kenapa prosesnya lama sekali, dan kita ini jadi dipekerjakan nggak ya?” Dari sudut pandang saya, keluhan dari orang-orang seperti ini terlihat sebagai sesuatu yang mewakili…