• syarat menjadi penyiar radio
    Dunia Radio

    Apakah Setiap Orang Bisa Jadi Penyiar?

    BISAAAA! PAKE BANGET! ~ nggak santay ~ itu kalo dilihat dari kacamata saya yang jadi Announcer By Accident, bukan karena emang  niat daftar dan percaya diri kalo saya bisa siaran. Sekedar flashback (lagi) sejarah terjun ke dunia radio. Awalnya dari denger radio. Emang pengen sih siaran, kayaknya seru. Tapi karena tahu kalo suara saya kecil dan lembut (tsah!) saya sadar diri. Cukup jadi pendengar dan telepon minta lagu. Itu saja sudah seneng banget. Eh, suatu saat setelah lulus SMA, malah ditawarin kerja di radio karena ada salah seorang penyiar handal mereka mau keluar. Dan disinilah saya sekarang.

  • Dunia Radio

    Profesi Sebagai Seorang Penyiar Radio

    Kesannya jumawa banget ya? 😀 Enggak lah..saya enggak jumawa. Tapi bangga. Bangga dalam artian bangga yang senang dan bahagia, tidak sombong dan rajin menabung. Saya jadi kepikiran buat nulis hal yang satu ini secara nih ya di radio tempat saya bekerja sekarang, sedang ada training untuk calon penyiar baru. Asal tahu saja, di tempat ini, proses training berjalan cukup lama. Dari mulai perekrutan sampai bikin demo siaran (kami menyebutnya dummy siaran) saja berlangsung hampir 2 bulan. Dan dari beberapa trainee, sudah mulai ada yang mengeluh “kenapa prosesnya lama sekali, dan kita ini jadi dipekerjakan nggak ya?” Dari sudut pandang saya, keluhan dari orang-orang seperti ini terlihat sebagai sesuatu yang mewakili…