Genduk [ Gramedia Pustaka Utama]

Ah, sudah lama rasanya saya enggak nulis tentang buku yang habis saya baca. It’s been like fo-e-vah! Kalau lagi males baca, bisa lamaaaa banget selesainya. Tapi kalo ceritanya bagus dan pas mbeneri enggak males, ya bisa cepet. Seperti buku yang kemarin saya babat habis hanya dalam hitungan jam. Judulnya Genduk. Yang nulis temen saya sendiri, namanya Mbak Sundari Mardjuki.

Sekilas soal Mbak Sundari Mardjuki

Read More

Review Buku Perfume : The Story Of Murderer

Review buku Perfume : The Story Of Murderer kali ini dipersembahkan oleh “bosan karena kehabisan bahan bacaan”. Ya, sejak buku Deception Point habis dibaca, saya belum sempat pulang kampung dan bertukar buku fiksi lain yang ada di dalam lemari. Jadi demi mengisi waktu yang sebenarnya tak terlalu luang, saya baca saja novel yang ada.

#ReviewBukuPerfume
Perfume : The Story Of A Murdere

Sebenarnya ini buku koleksi lama. Menurut catatan di awal halaman, buku ini dihadiahkan oleh salah satu teman saya sebagai hadiah ulang tahun yang ke 24. Agak amazed juga sih buku ini masih ada dan kondisinya cukup baik, lengkap dengan pembatas bukunya. Hihihi.

Agak terlambat mereview bukunya? Antara iya dan tidak. Dulu kalau nggak salah saya pernah menulis review buku ini untuk blog yang sekarang sudah “wafat”.

Novel ini bercerita tentang hidup seorang pemuda bernama Jean-Baptiste Grenouille. Ditolak oleh ibu kandungnya sendiri yang sudah berkali-kali beranak dan tak pernah ketahuan siapa bapaknya, Grenouille lahir di sebuah pasar ikan di salah satu sudut kumuh Prancis. Sejak kecil Grenouilla sudah menunjukkan gelagat yang aneh yang kelak menjadikannya sebagai manusia yang istimewa.

Karena lahir di sebuah pasar kumuh, Grenouille sudah belajar berbagai aroma sejak masih bayi. Begitu lahir ibunya melihat kejanggalan dari si bayi hingga meninggalkannya begitu saja di lapak ikannya. Si ibu kemudian ditangkap dan diadili. Menurutnya dia lebih suka membunuh bayi itu seperti empat anaknya dulu. Lalu kemudian dia dihukum mati karena pasal pengguguran kandungan. Jean-Baptiste Grenouille pun diserahkan ke sebuah lembaga gereja.

Tumbuh sebagai “anak aneh”, si Ibu susu mengembalikan Grenouille ke biara karena dia merasa kalau Grenouille membuatnya sengsara dengan menghisap air susunya dengan rakus. Dari sini Grenouille pun berpindah tangan ke Madam Gaillard, seorang pengurus rumah panti asuhan. Kelak Madam Gaillard menjual Grenouille ke sebuah tempat penyamakan kulit milik Monsieur Grimal. Read More

Deception Point [Book Review]

20160107_220410-01Mungkin sudah terlambat jika saya baru menuliskan sedikit ulasan tentang buku karya Dan Brown yang satu ini. Secara terbitan pertama kali adalah tahun 2001 silam. Bahkan lebih dulu rilis sebelum The Davinci Code. Tapi saya rasa cukup wajar mengingat nama Dan Brown justru baru mendapat perhatian setelah novelnya yang ketiga, The DaVinci Code. Itupun karena didukung oleh sukses adaptasi filmnya yang penuh dengan kontroversi.

Berkat sukses The DaVinci Code, karya-karya Dan Brown yang lama pun ikut terdongkrak, dan buku barunya ditunggu. Salah satu yang kemudian mendapat perhatian adalah Deception Point. Novel yang di Indonesia dialih judulkan menjadi Titik Muslihat ini diterbitkan pertama kali oleh Serambi di tahun 2006. Saya baru membelinya beberapa waktu lalu di tahun 2015, cetakan dari penerbit Bentang Pustaka.

Kalau edisi yang dulu-dulu, ukuran paper backnya gede, nah untuk yang terbitan ini ukurannya sudah ‘saku’, dan itulah salah satu alasan yang membuat saya membeli buku ini. Dan ternyata cetakan terbaru dari karya-karya Dan Brown berukuran compact . Read More

Review Buku Sycamore Row John Grisham

Butuh sedikit dorongan untuk menyelesaikan buku ini. Di tengah-tengah rasa malas dan seperti sudah lama sekali tidak membaca buku tebal, tantangan untuk menghabiskan lebih dari 600 halaman hampir bisa disebut dengan “penyiksaan” mental.

Tapi otak saya memang sudah cukup lama tidur. Akhir-akhir ini lebih senang menonton TV daripada membaca buku. Dan kemudian tumpukan buku pun sudah mulai menggunung tanpa pernah tahu kapan akan disentuh. Salah satunya buku Sycamore Row karya John Grisham ini.

Review Buku Sycamore Row John Grisham Read More

Zadig (Book Review)

Minggu ini saya dapat tugas untuk menyulih suarakan buku berjudul Zadig yang ditulis oleh Voltaire sebagai salah satu materi yang akan diupload ke Listeno.

[ Baca juga : Cara Asyik menyimak buku via Listeno ]

Ini adalah buku yang sudah lama dipamerkan ke saya sama si Mami Jeci. Katanya bukunya bagus dan “saya banget”. Penasaran, yang saya banget ini seperti apa ya? *garuk-garuk jidat*. Dan begitu bukunya nyampe setelah melewati perjalanan dari Jogja menuju Semarang via jasa paket, saya tak perlu menunggu lama untuk segera menyelesaikan tugas sulih suara.

20151204_182758
Read More

Listeno : Cara Asik Menyimak Buku

Sebenernya agak bingung juga mau nulis judul di atas. Baca buku atau denger buku ya? Hehehe. Akhirnya nemu frase yang cukup pas, Cara Asik Menyimak Buku. Secara kalau buku itu kan mostly untuk dibaca ya? Tapi karena kemajuan teknologi dan demi azas kepraktisan kemudian muncullah apa yang disebut Audio Book.

Audio Book bukan sesuatu yang baru sih. Menurut beberapa literatur yang saya baca, sistem audio book ini sudah ada sejak tahun 1930. Hanya saja ketika itu Audio Book lebih cenderung digunakan untuk kepentingan pendidikan formal di sekolah. Baru di tahun 1980 sistem ini menarik perhatian banyak retailer buku. Masih ingat nggak kalau dulu beli buku panduan belajar bahasa asing, biasanya disertai dengan sebuah kaset yang bisa kita dengarkan sambil baca bukunya dengan harapan proses belajar jadi lebih menyenangkan dan materi yang dibaca jadi lebih mudah dipahami. Read More

Copyright Nuno Orange 2017
Tech Nerd theme designed by Siteturner