Travel

Review New Metro Hotel Semarang

Buat saya, yang namanya nginep di hotel masih menjadi sesuatu hal yang mewah bahkan hingga saat ini. Makanya suka iri sama teman-teman yang sering staycation alias “kabur” sejenak dari rumah dan menghabiskan barang semalam di sebuah kamar hotel.

Yang selalu ada di pikiran saya adalah “apa nggak sayang duit ya, kalau cuma numpang tidur, numpang mandi, dan numpang sarapan doank? Kalau misal nginep karena alasan bisnis di luar kota atau wisata mungkin nggak papa. Tapi ini hotelnya masih sekota? Duh, sini duitnya buat aku aja!”

Konsep liburan staycation ini ternyata seru juga. Menginap di hotel yang masih satu kota sudah bukan hal baru yang dilakukan. Saya sendiri beberapa kali menghabiskan semalam di beberapa hotel di Semarang hanya untuk merasakan nikmatnya kasur empuk dan kamar mandi dengan shower, secara kasur kosan sudah bikin pinggang boyokan dan kamar mandi juga masih pake gayung. Tetep alhamdulillah…

Tapi sebentar, staycation saya pun so far selalu disponsori oleh voucher dari hotel bersangkutan. Pernah diberi sama Bu Bos, walaupun kudu buru2 booking karena besok vouchernya sudah kadaluarsa. Terus ada juga yang dikasih sisa hadiah kuis dari kantor, atau dikasih temen yang juga dapat jatah dari kantornya, tapi nggak mau nginep.

Lengkaplah sudah status pecinta gratisan tertulis di KTP saya.

Staycation kali ini juga disponsori oleh Samsung Galaxy Gift dan teman saya. Ceritanya saya berburu hadiah berupa voucher 100 ribu dari Traveloka dan dapet dong ya? Karena masa berlakunya voucher terbatas, ya nggak nunggu lama donk ya untuk ngeredeem vouchernya.

Setelah mencari di Traveloka, akhirnya dapat harga murah di Hotel New Metro Semarang. Hanya sekitar 247.787 ribu rupiah sudah termasuk pajak dan belum termasuk voucher 100 ribu dari Traveloka. Jadi berapa musti bayar saudara-saudara? Ya, hanya 147.787 untuk sebuah kamar executive double bed. 😀 plus breakfast untuk 2 orang!

review new metro hotel semarang

New Metro hotel ini berada di kawasan Pasar Johar Semarang. Mungkin banyak yang agak mempertanyakan kenyamaan dan appeal dari wilayah yang bersangkutan. Secara dekat dari pasar, apa enggak semrawut dan sumpek tuh? Saya berani bilang ENGGAK KOK! ENGGAK SUMPEK DAN TETEP NYAMAN!

Dengan bangunan berwarna cokelat dan berdiri megah di sentral Jalan Agus Salim Semarang, hotel New Metro mudah ditemukan. Dekat dengan kawasan kota lama Semarang, sentral kuliner dan pertokoan di Jalan Pemuda, akses mudah ke masjid besar Kauman, New Metro hotel bisa menjadi pilihan bahkan untuk mereka yang datang ke Semarang untuk keperluan bisnis karena hotel ini termasuk yang berada di pusat kota.

review new metro hotel semarang

review new metro hotel semarang

New Metro Hotel masih satu grup dengan beberapa hotel terkemuka yang bernaung di bawah bendera Sun Lake Groups. Beberapa hotel yang sejaringan dengan New Metro adalah Merlyn Park Hotel, Manhattan Hotel dan Sunter Park Hotel yang ada di Sunter. Jadi terhitung lumayan bukan?

New Metro Hotel menyediakan beberapa jenis kamar yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ada 90 kamar yang tersedia dengan harga mulai dari 350 ribu rupiah.

Selain jenis executive seperti yang saya pakai, ada juga Standart, Deluxe, Superior, Junior Suite dan Suite Room. Tentu saja masing-masing luas dan fasilitasnya berbeda. Dan tentu saja bukan jenis hotel minimalis yang sekarang lagi ngetrend itu, tapi konsep kamarnya sih sepertinya klasik ya? bahkan dalam situsnya New Metro Hotel mengklaim telah melakukan banyak perbaikan termasuk urusan gaya penataan ruangan. Gaya klasik kolonial belanda sepertinya menjadi pilihan untuk memberikan nuansa yang berbeda.

Check in di New Metro Hotel sama seperti hotel lainnya, jam 2 siang, atau bisa lebih awal jika ada permintaan. Saya sendiri check in jam 1 siang kemarin. Anda akan dimintai kartu tanda pengenal yang berlaku dan deposit sebesar 200 ribu. Bisa cash atau dengan kartu debit. Uang ini akan dikembalikan keesokan harinya ketika Check Out.

review new metro hotel semarang

review new metro hotel semarang

Begitu masuk ke kamar, kesan saya sih lumayan ya dengan harga promo segitu. Kamarnya memang tidak luas, tapi tidak lebih sempit dari hotel budget yang terakhir kali saya kunjungi.

review new metro hotel semarang

review new metro hotel semarang

Itu bentuk bed-nya. Wall papernya sih agak bikin alis naik sebelah ya? Udah agak kusam dan di bagian lantai pojok tempat tidur malah sudah mengelupas dan kondisi karpet kotornya keliatan. Tapi sebenarnya, kamarnya sendiri nyaman kok. Bednya empuk dan bantalnya enak. Beberapa kali nginep di hotel budget bantalnya malah bikin nggak bisa tidur nyenyak.

Lamp switch nya masih bergaya hotel lama. 😀 kurang tahu tuh namanya apa. Sementara di depan bed ada meja dengan TV layar datar yang isinya beberapa channel berlangganan. Tersedia HBO, AXN, dan beberapa channel berita. Tidak terlalu banyak memang, tapi cukup untuk tontotan sambil leyeh-leyeh.

Bagaimana dengan kamar mandinya?

Dilengkapi dengan bath tub, meskipun nggak terlalu fungsi banget buat saya karena saya lebih milih mandi menggunakan shower daripada berendam (takut masuk angin). Tersedia juga mesin pengering rambut yang entah berfungsi atau tidak (enggak nyoba). Ameneties nya standar hotel lah. Ada 2 buah sikat gigi lengkap dengan pasta gigi. Sabun batang dan sebotol shampoo. juga penutup kepala dan 2 botol gelas untuk kumur-kumur.

review new metro hotel semarang

review new metro hotel semarang

Tersedia juga lemari untuk menyimpan baju dan sebuah meja dengan rak sepatu yang bisa menjadi tempat penyimpanan barang. Deposit box disediakan kalau misal ingin menyimpan barang berharga sementara Anda ingin jalan-jalan. Hanya untuk berjaga-jaga. Kamar executive ini tidak dilengkapi dengan mini bar, tapi mungkin bisa diminta pada saat booking.

 review new metro hotel semarang

review new metro hotel semarang

Ketika nginep disini saya tidak memesan makanan dari restaurant. Terakhir nginep di Fortune Fest Jogja agak kurang enak makanannya. Makanya saya agak trauma. Kalau mahal terus nggak enak kan sayang-sayang ya? Tapi ketika saya sarapan keesokan harinya, ternyata asumsi saya tentang makanan hotel mungkin perlu diperbaiki. tidak semua makanan hotel itu enggak enak. Nyatanya makanan di New Metro Hotel ini enak lho?

review new metro hotel semarang

review new metro hotel semarang

Menu sarapan saya pagi ini adalah nasi putih (tersedia juga nasi merah buat yang mau diet), ikan goreng tepung saus lemon, misua goreng, dan sosis sapi. Sementara condiment nya ada kerupuk bawang, saos cabe, dan acar.

Tapi tidak hanya enak, makanan di New Metro Hotel juga variatif! Mulai dari makanan ringan untuk appetizer sampai dessert yang sederhana namun menggoda juga tersedia. Dan beberapa pilihan sarapan pagi ini adalah bubur ayam dan soto betawi.

review new metro hotel semarang

Sotonya enak lho? Cuma bubur aja yang enggak nyoba. Malu ah, udah makan sebanyak itu, nambah semangkuk soto, masak iya masih nggasak ke meja bubur? Tahan dikit lah, jaga image. Padahal pengen banget ngerasain… T.T

Sementara itu di bagian makanan tradisional ada beberapa hidangan yang bisa dinikmati. Semuanya tertulis di papan tulis yang ada di samping meja saji. Nah, kalau pengen makan roti, ada di meja minuman ya? Selain teh dan kopi, Anda juga bisa memilih jus semangka, jus jeruk, atau infused water (lemon & cucumber), atau cocktail buah seperti yang terlihat dalam gambar di bawah. Tersedia juga buah-buahan segar dan puding buah untuk makanan penutup.

review new metro hotel semarang

review new metro hotel semarang

review new metro hotel semarang

Lengkap kan?

Pokoknya tidak mengecewakan. Kalau sarapannya saja enak begini, mungkin makanan restonya juga patut dicoba kan? Next time ya?

Staycation New Metro Hotel Semarang cukup mengesankan meskipun semalam itu saya tidak bisa kemana-mana karena hujan. Tapi saya tidak kecewa, kan saya orang Semarang juga jadi tak masalah kalau nggak sempet kemana-mana saat staycation wong sudah biasa jalan-jalan ke tempat yang itu-itu juga.

Oh iya, New Metro Hotel semarang tidak ada kolam renang , tapi tersedia tempat kebugaran a.k.a fitness centre untuk pengunjung maupun umum (membership). Buat yang mau meeting, ngadain acara, New Metro Hotel juga menyediakan tempat untuk pelaksanaan event, seperti Ming Palace, Bali Convention Hall, atau Asmat Board Room.

Selain itu untuk penyuka beer, bisa mampir ke beer corner yang ada di sebelah kanan setelah pintu masuk lobby.

review new metro hotel semarang

review new metro hotel semarang

review new metro hotel semarang

Untuk publish rate nya sendiri bisa dicek di gambar berikut. Jadi memang bener-bener kudu pinter nyari promo biar dapetnya lebih murah.

review new metro hotel semarang

Kalau ada yang hendak berkunjung ke Semarang boleh lho menginap di New Metro Hotel Semarang dengan alamat sebagai berikut atau boleh buka website di www.metrohotel.co.id

Hotel Address:
Jl. Haji Agus Salim 2 – 4
Semarang 50139, Indonesia
Phone: (62-24) 3547371
Direct: (62-24) 3560792 – 8
Fax: (62-24) 3510863
E-mail:
info@metrohotel.co.id
sales@metrohotel.co.id

9 Comments

  1. elafiq December 10, 2015
  2. BaRTZap December 10, 2015
    • poetrasoekardi December 10, 2015
  3. Jade Ayu December 10, 2015
    • poetrasoekardi December 10, 2015
  4. Goiq December 14, 2015
    • nunoorange December 14, 2015
  5. Mutiara Sucianty August 17, 2017
    • nunoorange August 20, 2017

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: