Travel

Review Fave Hotel Semarang

Sebelum saya nulis review Fave Hotel Semarang, mau nanya dulu nih, apa sih yang biasanya kamu harapkan dari sebuah hotel bujet? Pernahkah kamu mengharapkan yang muluk-muluk dari hotel bertarif miring? Terus gimana hasilnya? Puas atau malah sebaliknya? Hehehe. Banyak banget ya pertanyaannya kayak mau interview calon jodoh. #oops!

Anyway ini yang sering jadi pertanyaannya saya, apakah banyak di antara kita yang suka mengharap lebih dari sebuah penginapan berharga (relatif) murah? Dan apakah benar semua hotel bujet berfasilitas seadanya? Nah, kebetulan beberapa minggu lalu saya sempat nginep di sebuah hotel bujet di daerah Diponegoro Semarang. Namanya Fave Hotel dan inilah cerita staycation semalam di sana.

Kisah di balik staycation

Jadi ceritanya begini, tempo hari Isyana Sarasvati kan ke Semarang untuk ngadain showcase tuh. Nah, untuk segala keperluan akomodasi disiapkanlah 3 buah kamar di Fave Hotel Semarang. Ternyata eh ternyata, ada perubahan rencana. Isyana nggak jadi nginep di Semarang dan langsung cabut ke Solo untuk perform di hari berikutnya. Jadilah kamar hotel yang sedianya dipakai untuk tidur malah nggak jadi dipakai, hanya untuk keperluan transit saja.

Kebetulan dari 3 kamar yang dipesan, hanya 2 kamar yang digunakan. Sisa 1 lagi kamar kosong yang sedianya ditempati sama kru dari Sony Music. Daripada mubazir, saya minta lah itu kamar buat dipake. Kan sayang ya kalau sudah dipesan dan nggak digunakan? Kebetulan Kak Ari (staf-nya Sony Music) fine aja kamarnya diminta. Oh ya, beberapa temen dari Gajahmada juga malam itu nempatin kamar bekas pakainya Isyana dan 1 lagi kamar lain yang dipakai manajernya. πŸ˜€ Pokoknya murahan banget lah kami ini, hahaha.

Tapi enggak apa-apa, wong teman saya juga nggak keberatan make kamar bekas artis. πŸ˜› Lagian sekalian juga saya pengen review Fave Hotel Diponegoro Semarang.

review fave hotel semarang

Review Fave Hotel Semarang

Fave Hotel adalah hotel bujet dari grup Aston. Lokasinya di Jalan Diponegoro no. 22 Semarang. Lokasinya cukup strategis, termasuk di tengah kota dan dekat dengan Simpang 5. Kalau mau ke wilayah Semarang atas juga enggak terlalu jauh. Fave Hotel berdampingan dengan Valle E-Resto, jadi kalau mau mampir makan juga tinggal β€œcrut”, jalan kaki sudah sampai. Nggak jauh dari sana juga ada 1 toko Alfamart (tapi enggak 24 jam).

Review Fave Hotel Semarang

Hotelnya didominasi dengan warna putih dan pink gelap. Desainnya simple, enggak terlalu lebar, tapi memanjang sampai belakang. Meskipun tidak terlalu lebar, tapi pelataran parker Fave Hotel cukup luas untuk menampung kendaraan tamu. Front desk ada di sisi sebelah kanan pintu masuk. Pelayanannya cukup ramah dan cukup membantu, bahkan ketika saya lupa bawa charger handphone, Mas resepsionisnya dengan senang hati meminjamkan charger sampai baterai saya penuh. Hehehe.

Oh iya, Fave Hotel ini menyediakan 2 jenis kamar, yaitu Standard Room dan Deluxe Room. Ada 7 lantai dengan total jumlah kamar yang tersedia adalah 108 buah dengan 96 kamar bertipe Standard sementara sisanya adalah Deluxe. Kebetulan kamar yang saya tempati adalah kamar Standard Twin Beds. Ya apa mau dikata, berhubung ini kamar gratisan yang dikasih sama orang, jadi enggak bisa milih. Hahaha. Begini nih penampakannya :

review fave hotel semarang

review fave hotel semarang

Kamarnya cukup bersih dan nyaman. Ada space yang bisa digunakan untuk extra bed atau sholat bagi yang muslim, walaupun di lobby juga tersedia musholla yang cukup representatif. Biasanya untuk ukuran kamar standar, memang agak susah menentukan lokasi untuk beribadah di dalam kamar. Apalagi kalau bukan masalah space? Tapi kamar yang saya tempati ada ruang yang bisa digunakan untuk sholat.

review fave hotel semarang

Di masing-masing kamar tersedia televisi LED dengan beberapa channel hiburan dan informasi. Lumayan sih, ada HBO dan Fox Movie Premiumnya, jadi bisa buat hiburan kalau males keluar kamar. Tersedia juga deposit box untuk menyimpan barang-barang kecil, jika penghuni ingin keluar kamar dan memastikan barangnya aman. Tidak ada lemari pakaian, tapi tersedia gantungan baju.

review fave hotel semarang

review fave hotel semarang

review fave hotel semarang

Lalu bagaimana dengan kamar mandinya? Menurut saya sih lumayan karena masih cukup tertutup. Maksudnya begini, di beberapa hotel bujet yang pernah saya kunjungi, desain kamar mandinya agak open. Jadi untuk yang bukan pasangan mungkin risih kali ya kalau mau mandi? Biasanya temennya disuruh keluar dulu biar enggak keliatan. Hahaha. Tapi ya semua tergantung sama penghuni sih. Ada yang nyaman-nyaman saja, tapi ya banyak juga yang risih. Tapi kamar mandi di Fave Hotel ini tertutup kok, jadi masih cukup nyaman lah.

review fave hotel semarang

review fave hotel semarang

Dilengkapi dengan shower panas dan dingin yang bisa diatur sesuai keinginan. Ada 2 handuk yang bisa dipakai di masing-masing kamar mandi. Untuk amenities standar tapi cukup lengkap untuk ukuran hotel bujet. Ada sikat gigi, pasta gigi, sabun dan shampoo juga tersedia.

review fave hotel semarang

Ada 1 hal yang cukup mengejutkan saya, dan itu adalah sarang laba-laba yang ada di depan kaca kamar mandi. Oh my! Lumayan lebar sarang laba-laba ini. Saya sih tidak bermasalah dengan laba-laba dan sarangnya, hanya saja kondisi seperti ini menunjukkan kalau cleaning service nya agak kurang teliti dan melewatkan bagian ini. Entah apakah ini adalah hal yang bisa dimaklumi atau tidak, tapi semoga saja hanya ada di kamar saya ya? Hihihi.

review fave hotel semarang

Oh iya, di dalam kamar kamu akan menjumpai sebotol gede air mineral. Itu bukan fasilitas gratis ya! Haha. Kamu bisa cek dulu karena air yang ada di meja kamar adalah air berbayar. Harganya sekitar 12 ribu rupiah. Kalau ingin minum yang gratis, tersedia di dalam meja kamar mandi. πŸ˜€ Botolnya kecil sih, tapi lumayan ada 2 buah. Gratis pula. Nggak apa-apa kan? πŸ˜€

review fave hotel semarang

Fave Hotel menyediakan layanan in house restaurant. Namanya Lime Resto. Di sini kamu bisa menikmati menu-menu makanan dengan harga yang lumayan terjangkau, walaupun porsinya juga bukan yang luar biasa banyak. Tapi rasanya juga tidak mengecewakan kok. Layanan Lime resto juga bisa sampai kamar masing-masing tamu, tapi jamnya terbatas ya? Lime Resto membuka order sampai jam 10 malam, lebih dari itu silakan cari pengisi perut sendiri. Kamu bisa keluar jalan-jalan menikmati kota Semarang dimalam hari, atau memanfaatkan layanan Go-Jek yang sudah tersedia.

review fave hotel semarang

review fave hotel semarang

Saat sarapan adalah saat yang paling tepat untuk menikmati suasana pagi di sekitar Fave Hotel. Walaupun pemandangannya tidak terlalu β€œwah”, tapi makan sambil disinari matahari yang hangat adalah sensasi yang luar biasa menurut saya. Selain varian makanannya lumayan, rasanya juga tidak mengecewakan. Layanan sarapan ini tidak berlaku untuk setiap kamar, jadi pastikan kamar yang kamu pesan tarifnya sudah termasuk sarapan.

Kalau kamu butuh musholla untuk beribadah, tersedia ruang ibadah di lantai yang sama dengan lobby dan resto. Memang tidak terlalu luas, tapi cukup bersih dan nyaman untuk sholat. Tapi dibuka hanya sampai jam 10 malam sepertinya, karena tempo hari saya sempat ngecek (mau sholat isya), ternyata pintunya sudah ditutup dan lampu sudah dimatikan. Musholla ini dibersihkan setiap pagi oleh bagian cleaning service lho.

Fave Hotel tidak menyediakan fasilitas kebugaran atau kolam renang ya, just in case kamu pengen lari-lari cantik di atas treadmill atau sekedar meregangkan otot di dalam air.

Overall, saya sih suka dengan Fave Hotel. Sebagai hotel bujet, Fave bisa diandalkan untuk tempat menginap bersama teman. Kalau keluarga, bisa pesan kamar lebih dari 1 atau cari hotel yang cocok untuk dipakai rame-rame. Dengan lokasi yang terjangkau dan dekat dengan pusat kota Fave Hotel by Aston cukup layak buat dicoba lah ya?

Jika kamu ingin mengadakan acara seperti rapat atau ulang tahun kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas ruangan dan layanan yang disediakan oleh Fave Hotel. Ada 4 ruangan meeting yang bisa dipake, dengan kapasitas maksimal hingga 10 pax. Untuk lebih detil soal ini kamu bisa hubungi langsung Fave Hotel Diponegoro di : Fave Hotel Jl. Diponegoro No. 22 Semarang Jawa Tengah 50251, Telpon : 024 – 86449088 email : diponegoroiinfo@favehotel.com

Gimana? Review ini cukup membantu nggak? Mari berkunjung ke Semarang dan menikmati kota Atlas tercinta!

8 Comments

  1. titantitin April 18, 2016
    • nunoorange April 18, 2016
      • titantitin April 18, 2016
        • nunoorange April 18, 2016
          • titantitin April 18, 2016
    • nunoorange April 18, 2016
  2. Inayah April 21, 2016
    • nunoorange April 21, 2016

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: