Resto Sambal Sereh Sriwijaya Semarang

#restosambalserehsriwijayasemarang
#restosambalserehsriwijayasemarang

Resto Sambal Sereh Sriwijaya Semarang adalah sebuah resto keluarga baru yang berlokasi di Jalan Sriwijaya no 80. Semarang resto Sambal Sereh menawarkan menu kuliner khas Indonesia. Kehadiran tempat makan ini juga menjadi bagian dari geliat bisnis kuliner di kota ATLAS.

Sekilas begitu lihat penampakan depannya resto ini terlihat seperti kafe anak muda, tapi begitu masuk kita akan menemukan ruang makan yang cukup nyaman dan luas. Dekorasinya memang lumayan fresh sih. Simple dan cukup nyaman.

Ada 2 lantai yang bisa dipilih sebagai tempat makan. Bahkan di lantai 2 juga tersedia lobby dengan suasana pemandangan jalan Sriwijaya.

Resto Sambal Sereh Sriwijaya Semarang Menus

Sebagian besar menu di Resto Sambal Sereh adalah menu khas Indonesia, bahkan banyak menu rumahan yang sudah akrab dengan masyarakat Indonesia. Ada juga menu western  seperti beef Steak, meskipun sudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan selera lokal. Apalagi kalau bukan steak tepung?

Saya sendiri dan teman saya memesan beberapa menu yang menurut waiter nya adalah menu special khas Sambal Sereh.

  • Nasi Ayam Goreng Khas Sambal Sereh
#restosambalserehsriwijayasemarang
#restosambalserehsriwijayasemarang

Kebetulan saya sedang tidak ingin makan ayam-ayaman. Tapi menurut teman saya ayam gorengnya cukup enak, bumbunya mirip dengan ayam betutu yang pernah dia makan di resto lain tempo hari. Dia suka dengan sambel serehnya. Harga makanan ini 22 ribu dengan diskon 20% saat itu. Lumayan kan potongan harganya?

  • Nasi Udang Crispy Skin & Chicken Leg
#restosambalserehsriwijayasemarang
#restosambalserehsriwijayasemarang

Terjemahannya sih Nasi udang goreng tepung dan ceker ayam. Mungkin agak aneh melihat perpaduan udang dan ceker ayam, tapi dengan pengolahan yang sama (goreng tepung) kedua lauk ini jadi tidak terlihat mana yang udang mana yang ceker ayam. Is it good or bad? You decide. Disajikan dengan semangkuk kecil sayur asem. Agak kurang cocok dimakan malam hari ini sih karena sayur asemnya. Tapi sayur asem nya sendiri cukup enak. Kuahnya pekat dengan taste agak ke manis asem. Ceker ayam di menu ini boneless lho. Jadi hanya kulitnya saja, digoreng dengan tepung. Harga seporsi menu ini 17,5 ribu rupiah.

  • Sate Lilit ala Sambal Sereh
#restosambalserehsriwijayasemarang
#restosambalserehsriwijayasemarang

Ini adalah lauk yang terbuat dari daging ikan kakap yang dihalukan dan “dililit” ke batang sereh lalu dibakar. Daging ikannya sendiri lembut dengan bumbu yang cukup kuat citarasanya. Tastenya lebih kea sin gurih dan agak sedikit pedas. Sate lilit ini disajikan dengan sambal sereh. Buat saya sambal serehnya sendiri enak. Aroma sereh yang harum masih tercium, tapi rasa “sengar” serehnya tidak begitu kuat, which is good for me. Saya sendiri suka dengan sereh, tapi pengolahan sambal sereh seperti ini memungkinkan untuk mereka yang tidak terlalu suka dengan bumbu beraroma kuat tetap bisa menikmati sambal ini. Seporsi sate lilit dihargai 12 ribu rupiah. Sekedar saran saja sih, sebaiknya sate lilit ini dijadikan lauk makan dengan nasi. Karena kalau digado rasanya agak asin.

  • Tahu Goreng Cabe Garam
#restosambalserehsriwijayasemarang
#restosambalserehsriwijayasemarang

Satu lagi lauk yang dipesan adalah tahu goreng cabe garam. Ini adalah tahu putih yang dipotong tipis segitiga dan digoreng tepung. Lalu disajikan dengan bumbu cabe setan, daun bawang dan potongan sereh. Rasanya gurih dan sebenarnya tidak terlalu pedas karena cabenya sendiri enggak nyampur dengan tahunya. Jadi bisa dijadikan lauk atau dimakan sebagai camilan. Seporsi tahu ini bisa dibayar dengan harga 14 ribu rupiah.

  • Roll Toast
#restosambalserehsriwijayasemarang
#restosambalserehsriwijayasemarang

Sebagai makanan penutup kami memesan Roll Toast seharga 6 ribu rupiah. Isinya 4 potong. Buat saya ini enak lho? Roti tawar putih yang digulung dengan banyak pugasan. Ada gula pasir, remahan kacang, keju, dan butter. Beneran enak lho? Ada wangi kayu manisnya dan kerak gula yang crunchy. Menu yang sederhana tapi cukup memuaskan.

  • Bir Pletok
#restosambalserehsriwijayasemarang
#restosambalserehsriwijayasemarang

Inilah minuman saya malam tadi. Meskipun bernama Bir tapi seperti yang kita tahu kalau bir pletok sama sekali tidak mengandung alcohol. Justru minuman khas Betawi ini kaya akan rempah-rempah seperti jahe, daun pandan, kayu secang (sebagai pewarna merah), dan tentu saja tidak ketinggalan sereh. Rasanya memang seperti wedang jahe dan terasa menghangatkan perut. Tidak terlalu manis dan saya suka. Di Sambal Sereh minuman ini disajikan dengan 2 pilihan, hangat atau dingin dengan es. Harganya 10 ribu satu gelas.

Harganya cukup terjangkau ya? Dan harga-harga tadi masih belum termasuk pajak 10%. Dan selama bulan ini sepertinya ada promo gratis voucher menu gurame dengan syarat pembelian minimum 100 ribu belum termasuk tax.

Tempat yang mudah dijangkau, dengan parkir yang cukup luas, dan menu makanan enak adalah beberapa alasan kenapa Anda perlu mencoba datang dan makan di Sambel Sereh.

Saran dan kiritik saya cuma satu sih : ke depannya Waiter-nya perlu belajar lebih dalam lagi tentang menu special dari restonya. Jadi ketika ada yang bertanya apa menu spesialnya, mereka tidak harus bingung dan segera bisa memberikan rekomendasi kepada pengunjung (yang cerewet seperti saya)

Anda bisa mengunjungi Sambal Sereh Resto di

Jl. Sriwijaya no 80 Semarang

No telepon (024) 8419066

Email : sambalsereh@gmail.com

Instagram account @sambalsereh

Jam operasional mulai jam 11 siang – 9 malam. (khusus weekend hingga jam 21.30 wib)

Author: nunoorange

Radio announcer. Average in everything.

7 Replies to “Resto Sambal Sereh Sriwijaya Semarang”

        1. Iya Mas…dari yang lama. Tapi nama blognya juga ganti..hihi. Itu blog dibikin waktu masih jadi freelancer di TV lokal sini. Sekarang udah enggak lagi jadi ya mau pake nama udara di radio aja. *riweuh ya* :))

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

%d bloggers like this: