Foods

Dapur Darurat

Rencananya sih udah lama, tapi ragu mau minta ijin sama Mbak Kos. Takut nggak diijinin. Tapi pas lagi ngobrol soal hemat menghemat, diomongin aja sekalian. Niat pengen berhemat dengan masak sendiri. Tujuannya sih biar nggak kebanyakan jajan di luar. Eh ternyata diperbolehkan untuk masak di kosan.

Akhirnya gerak cepat nyari keperluan buat masak. Mulai dari wajan sampai serok. Dari dandang sampai ulekan. Peralatan basic buat masak sih sebenernya. Karena emang nggak mau yang macem2 dulu. Cukup buat masak lauk. Kebetulan udah punya magic com mini buat nanak nasi, tinggal masak lauknya aja.

Untuk kompor saya memilih Blue Gaz. Kebetulan di rumah juga pake. Alasannya sih karena relatif lebih aman ya? walaupun secara harga lebih mahal dibandingin elpiji Pertamina. Starter Pack nya aja 640 ribu. Ini adalah paket paling murah, yang isinya tabung 5,5 dan kompor tangkring.

Path_20141201015809694begitu tuh penampakannya….Tadinya sih pengen pake kompor yang pake selang aja, tapi agennya bilang nggak bisa kalo cuma beli tabung aja, soalnya udah sepaket. Ya udah, mau nggak mau. Tapi bisa diganti pake kompor gas lain kok, cuma ya harus pake selang dan regulator dari Blue Gaz, soalnya tabung blue gaz ini emang beda dengan tabung gas dari pertamina. Bentuknya ulir, bukan tekan. Sehingga bisa meminimalisir kebocoran gas akibat pemasangan regulator yang kurang benar.

Masih berhitung berapa lama gas 5,5 habis kalo untuk masak (hampir) tiap hari. Kalau kata Mami di rumah – yang juga hidup sendiri, gas setabung bisa sebulan lebih. Malah pernah 2 bulan karena cuma buat masak air. Tapi nggak tahu juga sih ya? Sementara masih dipantau. Semoga bisa irit lah ya?

Selama beberapa hari masak di kosan, sudah beberapa masakan dihasilkan. Memang bukan jenis masakan yang susah dibuat. Masakan praktis khas anak kos.

6tag-31442587-864262188035502172_31442587

yang ini capcay ati ayam

6tag-31442587-864275106626040604_31442587

yang ini bakwan sayur

6tag-31442587-865104712056730522_31442587

nah kalo yang ini semur tahu telor kentang

gampang kan ya?

Namanya juga anak kos, ya masaknya juga nggak mau yang riweuh.

Etapi ada yang bilang, kenapa nggak beli mateng aja sih? repot2 masak sendiri?

Iya sih, tapi goalnya emang pengen tahu, kalo masak sendiri itu lebih ngabisin banyak uang atau bisa lebih ngirit dibanding makan di luar?

Bisa jadi relatif sih? Tergantung apa yang dimasak, tergantung apa jajannya. Tapi lebih dari perhitungan soal duit, kepuasan bisa masak sendiri dan dimakan sendiri untuk makan pagi siang dan malam emang nggak bisa dituker sama apapun. Hihihi.

Dan sekarang kamar kos isinya bumbu2 dapur. Sama sekali nggak menarik, apalagi romantis. Tapi nggak apa-apa lah, selama hobi masih bisa disalurkan.

5 Comments

  1. rayyahidayat December 1, 2014
  2. elafiq January 7, 2015
  3. Hendi Setiyanto January 10, 2017

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: