Book

Interview with Wimar Witoelar

Jadi ceritanya tanggal 21 oktober kemarin saya dapet kesempatan buat taping interview sama Wimar Witoelar. Kebetulan beliau ada di Semarang untuk menghadiri sebuah acara di Undip dan membahas soal Global Warming disana, sekalian mampir ke studio untuk mempromosikan buku terbarunya, Sweet Nothings.

IMG_20141021_164932Ini adalah buku keempat dalam rangkaian serial Stories About Somethings and Nothings. Buku yang berisikan tulisan-tulisan Wimar yang sempat diterbitkan di beberapa media. Dan untuk buku keempat ini Pak WImar (dia nggak suka dipanggil Om kalau bukan sama keluarganya sendiri) beliau menyempatkan diri untuk melakukan sesi rekaman.

Saya sih agak deg-degan harus ngobrol dengan beliau, mengingat sosok Wimar Witoelar ini kan terkenal pinter. Jujur saja saya terintimidasi dengan beliau. Nggak percaya diri dan takut salah. Sempet ngajuin salah satu temen buat menginterview, tapi dia menolak dengan alasan yang sama. Ya sudah, karena saya tahu diri, sebagai produser program Buka Buka Buku, mau nggak mau saya harus memberanikan diri untuk maju.

Setelah mendapat naskah PDF bukunya dari pihak Wimar, saya meluangkan waktu untuk membaca buku ini, sambil bikin draft pertanyaan untuk interviewnya. Ternyata bukunya sendiri cukup ringan kok, isinya tentu saja tentang pemikiran Wimar Witoelar pada beberapa hal yang ringan dan dianggap basi oleh banyak orang, dan dihindari untuk dibahas karena sifatnya yang remeh.

Seperti misalnya tentang apalah arti sebuah nama, soal gegar budaya, bahkan sampai soal urusan mandi. Semuanya nggak luput dari perhatian seorang Wimar. Dan karena konten buku ini pula akhirnya saya nggak kesulitan untuk mencari pertanyaan seputar tema besar dari bukunya. Dan nyatanya, setelah ketemu, orangnya seru! Santai! dan sama sekali nggak “nuo”. Sosok Wimar Witoelar yang cair pun membuat saya santai dan bisa mengeksekusi dengan cukup baik interviewnya dari awal sampai selesai. Bahkan Pak Wimar mengaku senang dengan interview ini karena menganggap saya menguasai dengan baik materi tentang NOTHINGS ini. Saya pun tersanjung. Hehehe.

What an honor bisa ketemu sama salah satu orang yang acaranya suka saya tonton jaman saya masih SD dulu. Perspektif Wimar yang tayang di RCTI jadi salah satu tontonan saya, meskipun secara konten mungkin jaman segitu belum nyampe-nyampe banget. Tapi saya termasuk penggemar perspektif Wimar lho?

Lepas dari semua kontroversi yang pernah dia buat, satu yang saya pelajari adalah jangan takut untuk membicarakan hal-hal remeh dan kecil, yang dianggap tak berarti oleh banyak orang, karena dari hal kecil itu bisa jadi ada sesuatu yang bisa kita ambil hikmah dan nilainya.

Lagipula, bukankah hal besar selalu berasal dari yang kecil-kecil?

😉

#BukaBukaBuku edisi Sweet Nothings by Wimar Witoelar akan tayang tanggal 8 november 2014 jam 7 malam. Untuk mendengarkan silakan streaming web www.gajahmadafm.co.id

Radio announcer. Average in everything.

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: