Event

Festival Kota Lama 2014

Horeeeee..Festival Kota Lama datang lagi. Acara yang ditujukan untuk menjadikan kawasan kota lama sebagai landscape yang menjadi tempat wisata sejarah ini diselenggarakan dari tanggal 19-21. Seinget saya, terakhir kali datang ke Festival ini saya datang sama Thia Nong Nong. Jalan-jalan, makan-makan, dan foto-foto. Eh sekarang udah ada lagi…

kotalama1

Seperti biasa, di festival ini kita bisa ngelihat banyak hal yang berbau sejarah. Nggak cuma ngomongin soal sejarah yang selalu berhubungan dengan perang, tapi sesuatu yang terjadi atau pernah ada di masa lampau, pasti punya sejarah. Tidak hanya soal peristiwa, kita bisa melihat banyak bersejarah. Barang antik. Yang tampilannya emang udah jadul, tapi nilai historis dan ekonomisnya tinggi. Banyak pedagang di seksi pasar klitikhan yang menjual barang-barang kuno.

kotalama3

 

Selain itu kita bisa menikmati wisata kuliner dari banyak tempat makan di semarang yang buka booth disini. Bayarnya juga pake uang “kuno”. INi macam uang mainan yang bisa didapat dengan menukarkan uang yang sah, sejumlah tertentu. Jumlahnya terserah kita, yang pasti untuk 1 rupiah uang kuno setara dengan 1000 rupiah.

kotalama2

 

Pelaksanaan festival kota lama tahun ini menurut saya lebih meriah, dengan beberapa improvisasi dibandingkan beberapa tahun lalu. Pengaturan spot seperti adanya seksi Kampoeng Belanda, Kampoeng Jawa, dan beberapa spot hiburan menarik yang tersebar di berbagai titik di Kota Lama, adalah salah satu perbedaan acara ini dibandingkan yang sudah-sudah.

IMG_2891

Selain itu pengaturan panggungnya juga cukup memengaruhi tata letak ruangan di acara ini. Panggung utama ditempatkan di sisi timur sehingga bagian tengah hingga barat cukup lapang sebagai tempat untuk berjalan-jalan. Tidak hanya panggung utama saja, tapi ada 2 panggung lainnya, masing-masing di Kampoeng Belanda dan Kampoeng Jawa. Sebuah panggung dengan ukuran yang lebih kecil untuk penampil dari band-band lokal Semarang.

IMG_2889

Yang pasti acara ini lebih meriah dibanding tahun lalu, mungkin akan jadi lebih baik di tahun mendatang seandainya mendapatkan dukungan penuh dari berbagai elemen. Konon kabarnya sih, panitia agak kurang akur sama beberapa komunitas yang seharusnya bisa menjadi pendukung di acara ini. Tapi entahlah…

Oya, satu lagi. Masalah sampah masih jadi isyu, hanya saja panitia sudah cukup baik mengatasi masalah ini dengan menerjunkan tenaga sapu bersih yang siap memungut sampah yang dibuang begitu saja oleh pengunjung. Semoga makin kesini, pengunjung makin sadar ya? Kalau menikmati Festival ini juga berarti bertanggung jawab dengan menjaga area tetap nyaman dengan tidak buang sampah sembarangan.

Sampai jumpa lagi di Festival Kota Lama tahun depan!

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: