Music

Beberapa Lagu Populer Dari Tahun 90-an

Senengnya kalo lagi nyusun playlist buat siaran besok itu…bisa nemu lagu-lagu jaman saya masih SD-SMP. Jaman-jaman masih nebeng di rumah nenek. Walau saya bukan generasi MTV atau Channel V, tapi saya tahu 2 channel musik itu via parabola yang dipasang Ayah. Dan tiba-tiba malam ini jadi pengen denger lagu-lagu tahun 90-an. Dan nggak hanya itu, saya niat juga lho nyari videonya di Youtube…hehehe..

Dan ini beberapa diantaranya :

ini adalah single dari band asal inggris yang dibentuk sama Mike Pickering. Itulah kenapa namanya M-People. Single ini dirilis sebagai salah satu single baru yang dimasukkan ke dalam album greatest hits mereka di tahun 98. Kabarnya, tahun lalu mereka masih keliling Inggris untuk menggelar tur The Greatest Hits mereka. Jadi artinya band ini masih awet sampai sekarang. Satu hal yang nggak bisa saya lupa dari band ini adalah suara Heather Small yang “gwede” kayak suara laki. Video klipnya juga bagus di mata saya saat itu. Nah, pas kerja di radio saya mati-matian nyari lagu ini dan nemu. Waktu itu di BSP lagu ini ada di kaset kompilasi. Dan di radio saya yang sekarang adalah materi yang saya minta dari radio saya yang dulu. Hehehe.

Teknisnya, ini bukan lagu tahun 90-an. Seinget saya single ini rilis awal tahun 2001. Kenal sama lagunya juga gara-gara iklan handphone nokia jaman dulu dimana Talkin’ Talk jadi lagu temanya. Band asal Oslo Norwegia ini juga masih aktif di jalur jazz, dan kalo nggak salah sempet juga tampil di Java Jazz beberapa tahun lalu.

ini lagu duet yang mendominasi chart MTV pada waktu itu. Bertahan berminggu-minggu bahkan di tangga lagu billboard. Masih inget waktu itu Casey Kaseem dan kemudian dilanjutkan sama anaknya Mike Kaseem yang jadi VO chart di MTV. Cowok yang jadi rebutan Brandy dan Monica di video klip itu adalah Mekhi Phifer, yang kelak jadi seorang aktor tenar, salah satunya bisa dilihat di film I Still Know What You Did Last Summer sebagai Tyrell, yang lucunya adalah pacar dari karakter yang dimaninin sama Brandy!

Waktu itu video klip ini menuai kontroversi karena mengangkat isu HIV-AIDS yang masih jadi topik tabu di salah satu scene-nya. Saya seneng nonton video klipnya karena durasinya yang lama. Jadi seperti nonton film. Sama seperti ketika saya menonton video klip milik Meatloaf untuk lagunya I Would Do Anything For Love. Beberapa single lain dari TLC yang saya suka adalah No Scrubs dan Unpretty dari album Fanmail.

Mungkin bagi banyak radio, musik mereka dibilang nggak banget. Istilahnya kalo jaman dulu, mereka masuk golongan disco house dhut. Tapi mau dibilang apa, single ini jadi salah satu yang sering banget muncul di Channel V. Tiap kali muncul saya pasti nyoba ikut nyanyi, dan bisa dibilang ini adalah salah satu lagu berbahasa inggris yang bisa saya nyanyikan dengan lirik dan pronounce dengan cukup baik.

Sebenarnya masih banyak lagu yang jadi kenangan tahun 90-an. Kalau mau disebutin satu-satu saya mungkin juga nggak begitu ingat. Belum lagi era boysband dan girlband yang lumayan mendominasi.

Ah, ini hanya sekedar nostalgia. Tapi boleh tahu juga kan apa single favoritmu di tahun 90-an?

One Response

  1. Sinung Hayati August 21, 2014

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: