Book

Confession by John Grisham [Novel Review]

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, kalau sekarang saya punya cukup banyak waktu luang untuk membaca novel. Salah satu yang akhirnya saya selesaikan adalah buku karya John Grisham yang berjudul Confession.

IMG_2857Salah satu yang membuat saya tertarik dengan buku ini adalah sampulnya yang sangat sederhana. Simpel karena tidak banyak elemen disana. Berlatar belakang warna biru muda dan diisi hanya dengan font dan gambar bersiluet hitam dengan ukuran kecil.

Dari sampulnya terkesan ini adalah novel drama. Tapi melihat siapa John Grisham, pasti sudah ditebak kalau temanya pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya hukum.

Kisah novel ini berkutat pada kisah seorang Travis Boyette, penjahat seksual kambuhan yang didiagnosa menderita tumor di otaknya. Suatu hari, ketika dia menyadari hidupnya tak lama lagi, Boyette mendatangi gereja Evangelis yang dipimpin oleh pendeta Keith Schroeder dan istrinya Dana. Travis mengakui kalau dia telah memperkosa dan membunuh seorang gadis bernama Nicole Yarber atau yang biasa dipanggil Nicki. Kejadian itu berlangsung di tahun 98. Pengakuan ini didasarkan karena Boyette belakangan tahu kalau di daerah Slone, Texas, seorang pemuda kulit hitam bernama Donte Drumm akan segera dihukum mati karena didakwa membunuh Nicole.

Pendeta Keith mengalami dilema, mengingat pengakuan antara jemaat dan pendeta adalah sebuah rahasia yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Tapi disisi lain Keith mengetahui sebuah kebenaran yang jika tidak diungkap taruhannya adalah nyawa seorang pemuda yang tak bersalah.

Sementara itu di Slone Texas, Donte Drumm telah menjalani 10 tahun lebih hukuman penjara maksimal dan masih memperjuangkan keadilan bersama dengan pengacaranya Robbie Flak. Tapi semua usaha banding dan pencarian bukti-bukti menghantarkan pada hasil yang tidak menggembirakan. Semua saksi yang dihadirkan dipengadilan memberatkan Donte.

Hukuman mati semakin dekat, pendeta Keith memutuskan untuk melanggaran kerahasian antara jemaat dan pendeta karena Travis Boyette meminta Keith untuk membawanya ke Slone untuk mengaku dan membuktikan bahwa pengakuannya adalah benar. Satu hal yang kemudian menjadi masalah adalah Travis merupakan tahanan kota yang tidak boleh keluar negara bagian, tapi Keith bertekad melanggar peraturan tersebut dan berusaha menyelamatkan nyawa Donte Drumm.

Apakah usahanya akan berhasil? Anda harus baca buku ini.

The Confession adalah novel thriller karya John Grisham dengan latar belakang dunia hukum yang dirilis tahun 2010. Seperti beberapa novel John Grisham yang sudah pernah saya baca, kisahnya masih seputar pengadilan dan hukum yang kontroversial. Kalau dari beberapa novel koleksi John Grisham milik saya, Confession ini temanya hampir mirip dengan A Time To Kill, dimana seorang kulit hitam dituduh melakukan kejahatan seksual dengan korban gadis kulit putih, yang pada proses hukumnya menimbulkan kontroversi karena dikaitkan dengan isyu rasial.

Dan beberapa karakter yang selalu muncul adalah seorang pengacara tangguh yang memperjuangkan keadilan bagi kliennya. Dan seperti beberapa karakter pengacara dalam novelnya, mereka selalu digambarkan sebagai pengacara yang punya latar belakang kehidupan yang cukup kacau dimasa lalu, pejuang keadilan yang berjuang sendiri dengan hidupnya. Baik dengan kecanduannya pada alkohol atau kehidupan pernikahan yang kurang harmonis.

Kalau nggak berurusan sama mafia, pasti isu rasial. Itu 2 tema yang paling sering jadi latar belakang novel-novel John Grisham. Satu hal lain yang saya suka adalah gaya penceritaan John grisham yang tidak runut dari satu pace ke pace lainnya. Membaca novel-novelnya seperti sedang menonton sebuah film bertema hukum, dengan intensitas yang cukup terjaga dari awal hingga akhir. Namun pada akhirnya dari karya-karya John Grisham selalu bisa ditarik benang merah “bahwa di tengah carut marut dunia hukum dan pengadilan yang kotor , masih ada sosok yang bersih dan rela berjuang untuk tegaknya hukum yang bersih dan tidak pandang bulu.” Dan John Grisham selalu menyelipkan kritik itu dengan karakter-karakter pendukung cerita, seperti adanya seorang hakim yang tak adil, proses interograsi yang cacat dan dilakukan oleh aparat penegak hukum hanya demi mendapatkana tersangka, sampai pengacara kotor yang rela melakukan apa saja demi uang. Belum lagi sosok seperti gubernur yang hampir sering digambarkan sebagai seorang yang hanya mementingkan karir politiknya saja, mementingkan kepentingan kelompok pendukunya dan haus akan publikasi. Sebagai seorang mantan pengacara yang akrab dengan dunia hukum di amerika, sepertinya John Grisham melihat cukup banyak kecacatan dalam hukum yang kemudian menjadi bahan kritik melalui novel-novel yang ditulisnya.

Satu hal yang saya suka adalah saya bisa belajar tentang beberapa istilah hukum. Seperti apa itu Pro Bono, apa itu afidavit, dan sepertinya kalau saya cukup perhatian pada semua novel-novelnya, saya akan belajar cukup banyak tentang bagaimana prosedur hukum yang benar apabila kita dihadapkan pada suatu kasus, dan kita duduk di kursi tersangka. Apa saja hak dan kewajiban kita sebagai tersangka dan apa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika berurusan dengan aparat penegak hukum, sedikit banyak ada disitu.

Selamat membaca.

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: