Ciptaloka : Pengalaman Bikin Kaos Desain Sendiri

Saya adalah pecinta T-Shirt. Kebanyakan koleksi baju saya adalah kaos tanpa kerah dan polo shirt. Hanya sedikit hem berkerah yang saya punya. Buat saya kaos memang jadi baju sehari-hari yang nyaman dipakai. Dulu saya bahkan belanja kaos paling tidak 3 buah dalam sebulan. Meskipun sekarang sudah agak berkurang, tapi t-shirt tetap menjadi pilihan utama. Beberapa hari lalu saya juga belanja kaos kustom di sebuah toko online. Websitenya di www.ciptaloka.com. Terdorong rasa penasaran karena iklannya muncul di sidebarnya Yahoo! Saya pun mencoba melongok ada apa sih di Ciptaloka?

ciptaloka

Ciptaloka

ciptaloka

Ternyata toko online ini tidak hanya menjual jasa pembuatan t-shirt swa-desain, tapi juga desain untuk produk lain seperti casing handphone dan desain cetak di batu sebagai hiasan. Untuk cetak mug dan canvas masih berstatus coming soon. Tapi karena saya tertarik untuk membuat desain t-shirt sendiri, maka saya hanya fokus pada tab pembuatan cetak kaos.

ciptaloka

Oh ya, Ciptaloka ini berbasis di Bandung lho? Bandung sendiri terkenal dengan industri fashion berkualitas dengan harga yang terjangkau. Layanan toko online nya pun cukup memuaskan. Beberapa kali saya melakukan pembelian barang-barang dengan penjual yang ada di Bandung dan sejauh ini cukup memuaskan.

Mulai Desain di Ciptaloka

Menurut saya tampilan website ciptaloka.com cukup sederhana dan navigasi untuk beberapa produknya juga cukup jelas dan mudah diikuti. Di halaman depan ada beberapa petunjuk produk yang bisa dipilih. Untuk produk t-shirt ada pilihan untuk pria dan wanita dengan beberapa tipe seperti soft cotton combed, two tone cotton, v-necks. Dan tipe untuk kaos wanita ada v-necks, gildan premium cotton, long sleeves, & cotton slub.

Setelah saya memilih salah satu tipe (yaitu two tone cotton) saya pun klik tab “Mulai Desain”. Dan dari sini saya mulai berkreasi dengan desain rancangan saya. Oh ya, kalau misal ingin mengganti warna t-shirtnya, kamu bisa pilih beberapa pilihan warna yang ada di sana. Begitu juga dengan pilihan ukuran yang tersedia dari S hingga 4XL!

ciptaloka

Ada 4 tab yang ada di bagian atas yaitu ‘Ganti Produk’ yang bisa digunakan untuk mengganti tipe t-shirt yang diinginkan. Kemudian ada ‘ULPOAD’ yang digunakan untuk mengunggah gambar koleksi kita sendiri. Lalu ‘TEKS’ dan ‘CLIPART’ yang digunakan untuk menambahkan “tulisan-terserah-kita” dan gambar templates yang sudah disediakan oleh Ciptaloka.

ciptaloka

Dan setelah lihat sana-sini, akhirnya inilah desain jadi dari t-shirt saya. Sederhana sih, tapi yang penting ada identitas website saya di bagian belakang t-shirt. Ya, saya memang membuat desain bolak-balik – depan dan belakang. Oh ya, untuk desain 1 muka dengan 2 muka berbeda harganya ya. Untuk t-shirt desain ini saya dikenakan biaya 125 ribu rupiah.

Kalau sudah selesai membuat desain dan sudah cukup puas dengan hasilnya, jangan lupa untuk mengatur jumlah pesanan. Karena saya hanya pesan 1 buah, maka jumlahnya saya set ke angka 1 saja. Iya, boleh kok kalau cuma beli 1 saja! 😀 Jangan lupa juga memilih ukuran yang pas untuk ukuran tubuh kamu ya? Jangan sampai salah pencet ya? Untuk panduan soal size kamu bisa lihat di bagian bawah. Di situ ada table ukuran lingkar dada dan panjang kaos.

ciptaloka

Setelah klik keranjang belanja, kamu akan dibawa ke halaman konfirmasi apakah pesanan sudah sesuai dengan keinginan kita atau belum. Di sana juga ada harga barangnya. Dan setelah dipastikan semuanya benar, kamu bisa menuju ke halaman selanjutnya dengan nge-klik tab ‘SELESAI BELANJA’.

Di bagian ini ada data standar yang perlu diisi seperti nama lengkap penerima dan alamat lengkap. Ada beberapa pilihan ekspedisi yang tentu saja berbeda besaran biayanya. Kalau sudah selesai, kamu tinggal transfer dananya ke rekening milik ciptaloka.com. Dan menurut saya di bagian ini ciptaloka memberikan rentang waktu yang lebih lama dan cukup fleksibel. Pembayaran bisa dilakukan maksimal 3 hari setelah pemesanan. Biasanya sih cuma sehari, dan waktu yang fleksibel ini cukup membantu karena tidak membuat saya terburu-buru untuk menuju ke ATM (karena kebetulan saya enggak pake fasilitas SMS/i-Banking dari bank).

ciptaloka

ciptaloka

ciptaloka

Kalau urusan transfer sudah selesai, kita akan menerima email dan sms notifikasi dari Ciptaloka yang memberitahukan bahwa pembayaran untuk order tertentu (kodenya akan diberikan di bagian pembayaran) sudah berhasil. Dan selanjutnya tinggal tunggu saja barangnya datang. Dan serunya lagi apabila barang sudah dipaketkan, kita juga akan menerima pemberitahuan lewat sms dan email sehingga kita tahu kalau barang pesanan kita sudah siap meluncur ke alamat penerima.

Dan barang saya diantar melalui YES-JNE sehingga sampai dalam sehari. Dan beginilah penampakan paketnya. Packing nya rapih dan barangnya juga cukup bagus. T-shirtnya nyaman dipakai dan sesuai dengan ekspektasi.

ciptaloka

ciptaloka

ciptaloka

Di ciptaloka.com kamu bisa berkreasi sesuai keinginan. Kalau tidak ingin membuat desain sendiri, ada produk yang sudah ready stock dan tinggal dipilih, lalu lanjutkan proses seperti biasanya sampai ke bagian pembayaran. Oh iya, kamu juga enggak perlu membuat akun khusus kalau ingin membeli produk di ciptaloka.com lho.

Sejauh ini sih ada beberapa kemudahan yang saya rasakan dalam berbelanja di Ciptaloka. Beberapa di antaranya adalah :

  1. Website nya sederhana dengan navigasi yang mudah
  2. Aksesnya cukup cepat dan tidak begitu berat
  3. Desain clip art nya cukup banyak dan beragam
  4. Ada opsi untuk mengunggah gambar koleksi sendiri
  5. Pilihan fonts untuk pembuatan teks nya juga cukup banyak
  6. Respon cepat dengan notifikasi SMS/Email
  7. Harga barang cukup terjangkau

Saran saya sih mungkin perlu juga ditambah produk t-shirt untuk anak-anak dengan beragam gambar desain yang seru.

ciptaloka

Penasaran sama serunya mendesain print kaos di ciptaloka? Segera aja klik ke www.ciptaloka.com deh untuk menemukan desain favoritmu! [adv]

Tulisan Lainnya :

8 Thoughts to “Ciptaloka : Pengalaman Bikin Kaos Desain Sendiri”

  1. Saya penasaran sama pesen mugnya. Tapi masih coming soon ya Mas. Huehehehe. Kalo kaos ini jarang pake. Karena sehari-hari ngantornya masih pake hem. Hehehe.

    1. Yang cetak batu kayaknya keren tuh Mas. 😀

  2. ciptaloka memang mantab banget 😀

  3. Rencananya saya mau ndesain kaos di ciptaloka untuk di jual. Hohohoho

    Manfaatin marketplace-nya. Moga aja laku, laku keras. 😀

  4. keren sekali desainnya ya mas

  5. Sasha

    Ko warnanya yang anda design dengan yang dikirim beda jauh ya? Yang dipilih abu-abu datengnya baby blue?

  6. Lagi nyari-nyari perbandingan Tees.co.id sama Ciptaloka, eh, muncul halaman ini di Google. Aku sekali pesen kaos di Ciptaloka, desain sendiri, dan sangat puas sekali dengan hasilnya. Dapat voucher potongan harga, cuma nggak kepake karena keburu hangus. Hiks. Btw, sekarang sudah komplit banget nih layanan Ciptaloka, termasuk kita bisa jadi dropship. Jadi kalau mau jualan kaos tanpa modal bisa pake banget.

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.