Pasar Sehat Semarang Mendukung Gaya Hidup Sehat

Sebenarnya mau bilang kalo postingan ini #latepost karena event-nya udah dari kapan Minggu. Tapi dipikir-pikir enggak juga. Kenapa? Baca sampai akhir ya? Hahaha. Saya mau cerita soal event Pasar Sehat Semarang yang dilaksanakan tanggal 13 Mei 2018 lalu. Memang Pasar Sehat Semarang bukan event gede-gedean sih. Tapi layak buat disebarluaskan.

Apa itu Pasar Sehat?

Pasar Sehat, mungkin bukan nama yang asing terutama bagi para penggila gaya hidup sehat. Anda pernah dengar istilah ini sebelumnya? kalau belum, mungkin pernah kenal dengan nama Wied Harry? Nah, mulai ngeh ya? Jadi Wied Harry ini adalah praktisi gaya hidup sehat yang sebagian besar memang fokus ke makanan. Buat pelaku food combining pastinya sudah akrab dengan sosok beliau.

Dan kalau bicara soal sosok Wied Harry dan Pasar Sehat tentunya berhubungan cukup erat karena kegiatan ini juga digagas oleh beliau. Pasar Sehat Ciheuleut Bogor, skalanya mungkin tidak begitu besar tapi kegiatan ini cukup sukses dikenal masyarakat terutama pelaku gaya hidup sehat. Di sini mereka bisa mendapatkan bahan makanan yang mendukung gaya hidup mereka.

Pasar Sehat Semarang

Sama seperti Pasar Sehat yang digagas oleh Wied Harry, konsep yang diusung oleh Pasar Sehat Semarang juga serupa, yaitu menjadi tempat berkumpul para pegiat healthy life style untuk menjual dan membeli bahan makanan yang sesuai standar kesehatan.

Menurut penggagas Pasar Sehat Semarang, Mbak Arum Sukma Kinasih, keberadaan Pasar Sehat Semarang memang terinspirasi dari apa yang sudah dilakukan oleh Wied Harry. Beberapa tahun yang lalu Mbak Arum sempat menderita TB tulang. Dan sebagai mantan penderita, Mbak Arum menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Berawal dari kejadian itu mau tidak mau dia harus menerapkan gaya hidup sehat. Mulai dari menjaga makan sampai kemudian tertarik untuk mempelajari yoga.

Perkenalannya dengan Wied Harry yang dianggap sebagai gurunya ini diakui cukup meubah gaya hidupnya saat ini. Dan Mbak Arum juga cukup aktif mengajak orang-orang di sekitarnya untuk ikut serta mendukung gaya hidup sehat. Termasuk mengumpulkan orang-orang yang satu visi untuk kemudian mendirikan Pasar Sehat Semarang.

Pernah dilaksanakan selama beberapa lama di tahun lalu, saat ini Pasar Sehat Semarang mulai diaktifkan lagi dengan banyak hal baru, terutama di bagian manajemen operasional dari Pasar Sehat itu sendiri. Event di tanggal 13 Mei lalu adalah yang perdana dimana saya juga cukup senang bisa menjadi bagian dari launching kegiatan Pasar Sehat Semarang 2018.

Mereka yang terlibat dalam Pasar Sehat Semarang

Bertempat di halaman Basilia Cafe di Jalan Menteri Soepeno, Pasar Sehat Semarang dihelat dengan cukup sederhana. Tercatat ada sekitar 8 tenant yang turut serta dalam acara tersebut. Di antaranya adalah :

  • Ibu Organik dengan komoditas sayur mayur organik. Selain itu booth yang satu ini juga menjual aneka camilan sehat yang pastinya jadi incaran.
  • Naturalia yang menjual home bread tanpa pengawet dan bahan tambahan lainnya. Yang menarik, pagi itu Naturalia yang juga bagian dari Basilia Cafe juga menjual pecel dari bahan-bahan organik. Mulai dari bumbu hingga sayurannya semuanya organik.
  • Eliza Organik. booth yang dikelola oleh mantan wartawati ini menjual bahan-bahan pangan organik termasuk beras, minyak kelapa, dan juga garam volkanik.
  • Raja Pempek. Sesuai dengan namanya kita bisa menemukan makanan khas Palembang yang satu ini. Beda dari yang biasanya, Raja Pempek membuat Pempeknya dengan tepung organik bebas gluten dan tanpa msg juga pengawet. Saya sempat mencicipi produknya dan rasanya tidak kalah dengan Pempek yang dijual di pasaran lho.

Pasar Sehat Semarang

Ada lagi?

Tentu saja ada. Selain 4 di atas, lapak yang ini juga nggak kalah seru untuk dikunjungi.

  • Princess Annie. Booth yang satu ini menjual kue kering atau cookies dari bahan-bahan terbaik dan organik. Bahan seperti tepung bebas gluten, rendah gula dan tanpa pemanis buatan, diolah menjadi makanan yang sering diasosiasikan dengan penyebab kegemukan terselubung.
  • Sayur Organik Merbabu. Hampir sama seperti Ibu Organik, booth yang ini juga berjualan sayur organik. Uniknya, mereka tidak menyediakan kantong plastik untuk tempat belanjaan. Jadi pembeli harus membawa kantong sendiri dari rumah, atau ditenteng begitu saja saat pulang 😀
  • House of 129. Ini adalah salah satu booth favorit saya karena di sini kita bisa menikmati cold press juice yang buah dan sayur organik yang diolah tanpa penambahan gula dan air. Saya sempat mencicipi jus buah naga dan semangka produksi House of 129 dan saya jatuh cinta dengan minuman ini. Oh iya, almond milk-nya juga enak banget!
  • Little Organic Kitchen. Booth yang dikelola oleh pelaku gaya hidup sehat yang juga seorang bloger bernama Mbak Nia Nurdiansyah ini menyajikan minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa pemanis buatan. Salah satu yang paling terkenal adalah minuman Bunga Telang. Di sini saya juga sempat mencicipi sate jamur yang diolah tanpa pengawet dan MSG buatan Mbak Nia dan saya bisa bilang sate jamurnya JUARA!

Untuk saat ini memang baru 8 lapak ini yang tersedia, namun tidak menutup kemungkinan untuk menerima pelapak baru yang sesuai dengan standar Pasar Sehat tentunya. Saat ini Pasar Sehat Semarang memang masih diadakan sebulan sekali. Tapi ke depannya, akan ada rencana bahwa Pasar sehat Semarang akan digelar sebanyak 2 kali dalam sebuah.

Kenapa postingan ini bukan #LatePost?

Dan seperti yang sudah saya bilang tadi kalau postingan ini bukan #LatePost karena rencananya Pasar Sehat Semarang akan diadakan kembali pada tanggal 3 juni 2018 mendatang. Hanya saja jam pelaksanaannya diubah ke sore karena bertepatan dengan pelaksanaan puasa. Rencananya Pasar Sehat Semarang akan digelar mulai jam 3 sore sampai menjelang berbuka puasa.

Jadi tunggu apa lagi? Agendakan sekarang deh, terutama untuk yang ingin memulai gaya hidup sehat atau paling tidak ingin mencicipi seperti apa rasa bahan makanan yang organik, tanpa pengawet, tanpa bahan tambahan kimia, tanpa MSG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan follow instagram dari Pasar Sehat Semarang seperti yang ada pada gambar di bawah ini. Sampai ketemu di event Pasar Sehat Semarang ya!

Tulisan Lainnya :

9 Thoughts to “Pasar Sehat Semarang Mendukung Gaya Hidup Sehat”

  1. Kemaren ketinggalan ikutan pasar sehat ini ih. Saking magernya abis lembur. Tapi lain kali kudu dateng ah pengen beli sayur organik

    1. Haruslaaah..tanggal 3 sore jangan sampai ketinggalan yaaa

  2. Hastira

    wah keren juga inovasinya ya, jd mau belanja bahan yg sehat sdh ada sarananya

    1. Iyaaa..skrg emang masih sebulan sekali. Tapi bs dtg trus minta kontak yg jual jadi kalo sewaktu2 butuh bisa tinggal menghubungi.

  3. Mau dateng ah yang volume 2. Pengen makan pempek yang gluten free yang nggak pake digoreng itu.

    1. Aku juga pengen dateeeng..kangen sama sate jamurnya Mbak niaaaa..dan pengen beli almond milknya house of 129

  4. kemaren datengnya telat pas bubaran.. semoga besok bisa ikutan lagi

    1. Pokoknya besok jangan sampai telat ya Mbandah 😀

  5. […] Baca tulisan saya juga tentang Pasar Sehat Semarang […]

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.