Experience Personal

Operasi Tahi Lalat Di Erha Clinic

Permisi, saya mau numpang cerita soal operasi tahi lalat di erha clinic Semarang ya.

Alkisah, setelah lama menahan diri dan bertanya-tanya, sembari menabung sedikit demi sedikit, akhirnya saya memberanikan diri untuk mengambil keputusan : Tahi Lalat ini harus dioperasi!

Cukup lama juga sih nyari infonya, nanya sana sini, googling sana dan sini. Jadi kalau dibilang hanya didasari pada keputusan emosional, tidak sepenuhnya benar.

Tahi lalat yang tampak pada gambar di bawah ini adalah tahi lalat yang sudah ada sejak kelas 6 SD. Masih ingat waktu itu hanya serupa titik kecil di garis senyum. Lalu lama-lama kok gede. Kata orang itu tahi lalat tumbuh. Makin lama makin item, numpuk dan melebar. Sering ditanya, gatel nggak? Nggak tuh, tapi berambut di sekitarnya iya. Makanya agak kawatir juga. Daaan..sedikit mengganggu penampilan sih? Hihihi.

 

operasi tahi lalat di erha

Dan tanggal 5 Mei siang saya memutuskan untuk menghubungi Erha Clinic yang ada di kampung kali Semarang. Setelah nyoba dari jam 9, telepon baru diangkat jam setengah 11-an. Diterima dengan baik sih sama Mbak Operatornya. Ramah banget. Pertama nanya, disana ada nggak prosedur laser untuk menghilangkan Melanoma? Dijawab iya. Dan jam 3 meluncurlah saya ke sana.

Di Erha saya harus daftar dulu untuk konsultasi. Ditawarin sama Mbak Resepsionisnya. Mau konsul sama siapa? Mau dokter X (lupa namanya) atau Dokter Winda? Saya balik nanya, siapa yang paling dikit antriannya? Dijawab dokter winda, ya udah saya jawab sama dia aja. Lagian, dokter Winda baru mulai jam jaganya, kalo si dokter X udah dari pagi. Duh! tentu saja saya milih dokter yang masih fresh dong ya dibanding yang udah tugas dari pagi. Salah-salah nanti konsul sambil ngantuk. Hehehe.

Ngantri 3 nomer antrian, saya pun ketemu sama dokter Winda. Dokternya asyik. Seru. Tampilannya rock n roll deh. Rambutnya dipotong jabrik gitu. Tapi ngomongnya lemah lembut. Ketawa-ketawa juga sama dia. Secara sini juga penyiar gitu ya, jadi berasa lagi toksow.

Saya ditanya, tahi lalatnya suka berdarah nggak kalo kesenggol? Tentu saja tidak. Terus diperiksa pake alat dengan kaca pembesar. Abis gitu ngobrol seputar prosedurnya. Dokter Winda bilang bisa dilakukan saat itu juga. Saya agak deg-degan, soalnya belum pernah sama sekali. Wajah tiba-tiba ngilu denger penjelasan dokter Winda apa yang nanti akan dilakukan. Apalagi membayangkan durasi tindakan yang katanya makan waktu sampai setengah jam. Buset! 30 menit pasti lama banget.

And then…

Setelah membulatkan tekad dan nanya-nanya soal biaya, akhirnya dilakukan tindakan laser pada 2 tahi lalat di wajah saya.

Setelah masuk ruang operasi, saya diminta berbaring. Abis gitu, dokter nyuntikin anestesi lokal di sekitar tahi lalat yang mau dilaser. Sakit sih..dikit..bentar doang. Cuma sekali injeksi. Tadinya mau 2 tapi kata dokter Winda sekali aja cukup.

Lalu dokter nyalain alat lasernya. Dan dimulailah tindakan yang mendebarkan hati itu. Itu mesin memang mengintimidasi dengan suaranya “NGGGGGGGEEEENGGGGG!!” tiap kali alatnya diarahkan ke si tahi lalat. Dan pelan-pelan terciumlah aroma barbeque tahi lalat. Agak gosong-gosong gimanaaa gitu. Dan ternyata, prosedurnya nggak lama kok! 2 tahi lalat cuma butuh kurang lebih 10 menit!

Dan prosedurpun selesai dengan sukses tanpa rasa sakit. Beneran nggak sakit pas dilaser. Cuma pas di tahi lalat yang lebih kecil, agak clekit-clekit gitu, kata dokternya mungkin dosis anestesinya terlalu sedikit makanya sakit, tapi untungnya masih tahan sih.

 

After procedure…

Sebelum diperban, saya sempet ditunjukin hasilnya. Di tahi lalat yang gede, keliatan agak jegong dalem gitu sih. Dijelasin ama dokter Winda, bentuknya emang agak gede dan dalem, makanya agak jegong gitu. Kan dilaser sampe akarnya. Dan setelah dilihat, lukanya pun diperban.

Kata dokter Winda, lukanya harus ditutup dan nggak boleh kena air selama 24 jam. Kalau mau mandi muka jangan diguyur, kalo mau wudhu bisa pake cara tayamum, kan darurat. Hehehe. Tapi tetep sih, wudhunya pake basuh pelan-pelan kalo pas di daerah muka.

Saya dikasih salep khusus untuk prosedur pasca laser. Terus dikasih antibiotik Meact produksi Meiji yang sebutir harganya 24 ribu! 10 biji pula…bayangin tuh berapa. Terus dikasih Skin Core 10 biji, dan setablet gedenya harganya 6 ribu. Disuruh minum sampai habis selama 5 hari. Dan nyatanya, walo dokter Winda bilang perban boleh dilepas selama sehari, tapi 5 hari lukanya masih saya plester dengan Nexcare waterproof. Takut aja sih kalo kena debu.

Dan setelah 5 hari akhirnya saya beranikan diri untuk melepas plester. Dan alhamdulillah lukanya juga udah agak kering. Salep masih saya olesin kadang-kadang. Luka juga udah kena air dan sabun muka. Alhamdulillah nggak ada masalah. Nggak gitu gatel juga sih. Katanya kan kalo luka udah mau sembuh bakalan gatel, tapi alhamdulilah nggak gatel-gatel banget. Pesen dokter Winda sih kalo ntar kering, korengnya jangan dikopek, biar lepas sendiri.

Hasilnya

Daaaaan…beginilah hasilnya..

operasi tahi lalat di erha

before (itu lho chocochips yang dioperasi)

operasi tahi lalat di erha

After (dan sekarang udah ilang.)

Rincian biaya

Terus berapa duit harus dihabiskan untuk operasi laser ini?

Sebenarnya sih tiap tempat berbeda ya? Tapi untuk tindakan di Erha clinic, jauh lebih murah dibandingkan tindakan di Rumah Sakit! Sebelumnya saya udah nanya di RS Elisabeth Semarang, masak iya biayanya sampe 6-8 juta!?! Dan musti nginep segala? Yasalaaaam. Udah gitu tindakannya pake sayat, nggak pake laser. Hiiiiy..takut ah.

Di Erha saya habis 1,3 jutaan. Dengan rincian :

1 juta 10 ribu untuk laser 2 tahi lalat.

120 ribu untuk 5 antibiotik (karena stok habis, saya cuma dapet 5 dan sisanya beli diluar)

10 kaplet Skin Core 60 ribu

Biaya konsultasi dokter 100 ribu

administrasi 15 ribu

Salep 15 ribu

(kalo nggak salah rincian nya begitu)

Dan rincian biaya tadi emang tergantung dari besar kecilnya tahi lalat dan jumlah titik yang mau dioperasi sih. Soalnya 1 juta itu juga karena saya ada 2 titik. Kalo 1 biayanya 750 ribu.

Dan cuma butuh 2 jam dari mulai ngantri konsultasi, sampai ngantri obat. Alhamdulillah, banyak yang bilang muka jadi tambah bersih.

Sebenarnya bukan cuma masalah estetika, atau nggak mensyukuri pemberian Tuhan ya, tapi kalo soal tahi lalat, kudu agak waspada juga. Dan saya ngambil tindakan juga bukan ujug-ujug, pake nanya dan konsultasi segala. Jadi selain buat estetika, prosedur ini juga demi antisipasi. Soalnya, tahi lalatnya tumbuh.

Jadi begitulah. Cerita soal operasi tahi lalat di Erha Clinic.

Kalo mau tanya-tanya soal prosedur yang sama, boleh telepon Erha Clinic Semarang di Kampung Kali 024-8447799.

230 Comments

  1. anuari July 18, 2014
    • poetrasoekardi July 19, 2014
  2. Awan Anshori July 23, 2014
    • poetrasoekardi July 23, 2014
      • Alim Murwanto May 18, 2018
        • nunoorange May 23, 2018
  3. anastasia larasati July 30, 2014
    • poetrasoekardi July 30, 2014
  4. Dian August 20, 2014
    • poetrasoekardi August 20, 2014
  5. amel October 29, 2014
    • poetrasoekardi October 29, 2014
  6. Beje November 6, 2014
  7. Winda Hapsoro November 26, 2014
  8. yulisa December 2, 2014
    • poetrasoekardi December 2, 2014
  9. frestiana December 11, 2014
    • poetrasoekardi December 22, 2014
  10. noona December 17, 2014
    • poetrasoekardi December 22, 2014
  11. andre December 20, 2014
    • poetrasoekardi December 22, 2014
  12. iws December 26, 2014
    • poetrasoekardi January 3, 2015
  13. frestiana January 8, 2015
    • Reza January 10, 2015
    • Rudini October 26, 2017
  14. ismail January 16, 2015
  15. chs January 18, 2015
    • poetrasoekardi January 18, 2015
  16. chs January 22, 2015
    • poetrasoekardi January 22, 2015
  17. chs January 23, 2015
    • poetrasoekardi January 23, 2015
  18. bal January 23, 2015
    • poetrasoekardi January 23, 2015
  19. bal January 23, 2015
    • poetrasoekardi January 23, 2015
  20. bal January 23, 2015
    • poetrasoekardi January 23, 2015
  21. bal January 23, 2015
    • poetrasoekardi January 23, 2015
  22. gyul January 25, 2015
    • poetrasoekardi January 25, 2015
  23. Fauzi February 1, 2015
    • poetrasoekardi February 1, 2015
  24. poetrasoekardi February 3, 2015
  25. Cyndi Hapsari February 4, 2015
    • poetrasoekardi February 4, 2015
  26. Orang Ganteng February 8, 2015
    • poetrasoekardi February 8, 2015
  27. Yunita Tyas February 19, 2015
    • poetrasoekardi March 3, 2015
  28. imeh February 20, 2015
    • poetrasoekardi March 3, 2015
  29. gyul February 24, 2015
  30. DTIK March 3, 2015
    • poetrasoekardi March 3, 2015
  31. imeh March 10, 2015
    • poetrasoekardi March 10, 2015
  32. imeh March 11, 2015
    • poetrasoekardi March 12, 2015
  33. imeh March 12, 2015
    • mutiya March 31, 2015
      • poetrasoekardi March 31, 2015
  34. Rachel March 20, 2015
    • poetrasoekardi March 23, 2015
  35. chgyul March 23, 2015
  36. mutiya March 31, 2015
    • poetrasoekardi March 31, 2015
      • mutiya March 31, 2015
        • poetrasoekardi March 31, 2015
  37. mutiya March 31, 2015
  38. mutiya April 2, 2015
    • poetrasoekardi April 2, 2015
  39. Tegar April 13, 2015
    • poetrasoekardi April 13, 2015
      • mutiya April 16, 2015
        • poetrasoekardi April 16, 2015
  40. Aguss April 17, 2015
  41. Aguss April 17, 2015
    • poetrasoekardi April 17, 2015
  42. Aguss April 17, 2015
  43. Aguss April 22, 2015
    • poetrasoekardi April 22, 2015
  44. Aguss April 22, 2015
  45. Aguss April 23, 2015
    • poetrasoekardi April 23, 2015
  46. dede April 24, 2015
    • poetrasoekardi April 27, 2015
  47. Aguss May 2, 2015
    • poetrasoekardi May 3, 2015
  48. Stephani Susilo May 3, 2015
    • poetrasoekardi May 3, 2015
  49. Aguss May 3, 2015
  50. Aguss May 5, 2015
    • poetrasoekardi May 6, 2015
  51. chgyul May 29, 2015
    • poetrasoekardi May 29, 2015
  52. Leo June 28, 2015
    • poetrasoekardi June 28, 2015
  53. Ali Wardana July 21, 2015
    • poetrasoekardi July 21, 2015
  54. Angga Putra July 26, 2015
    • poetrasoekardi July 26, 2015
  55. yoantika exellen July 28, 2015
    • poetrasoekardi July 28, 2015
  56. Ida hidayah August 12, 2015
    • poetrasoekardi August 12, 2015
  57. zahra September 1, 2015
  58. meme September 20, 2015
    • poetrasoekardi September 20, 2015
  59. poetrasoekardi September 21, 2015
  60. poetrasoekardi September 22, 2015
  61. vinka October 5, 2015
  62. nindy October 14, 2015
    • poetrasoekardi October 14, 2015
  63. nindy October 17, 2015
    • poetrasoekardi October 19, 2015
  64. meme November 1, 2015
  65. Anonymous November 2, 2015
  66. Anonymous November 2, 2015
  67. Ilham November 26, 2015
    • poetrasoekardi November 26, 2015
  68. imelia December 5, 2015
    • poetrasoekardi December 6, 2015
  69. Bluma December 5, 2015
    • poetrasoekardi December 6, 2015
  70. fajar December 8, 2015
    • poetrasoekardi December 8, 2015
  71. Vin December 11, 2015
    • poetrasoekardi December 11, 2015
  72. Sashy December 15, 2015
    • nunoorange December 15, 2015
  73. Bluma December 18, 2015
    • nunoorange December 18, 2015
  74. Bubulus February 1, 2016
    • nunoorange February 1, 2016
  75. Bubulus February 1, 2016
  76. Ica May 16, 2016
    • nunoorange May 16, 2016
  77. Sari May 16, 2016
    • nunoorange May 16, 2016
  78. cerry June 1, 2016
    • nunoorange June 1, 2016
  79. Alnilam Alnitak June 15, 2016
    • nunoorange June 15, 2016
      • Alnilam Alnitak June 22, 2016
        • nunoorange June 23, 2016
  80. arieana June 20, 2016
  81. cerry June 21, 2016
    • nunoorange June 23, 2016
  82. Citra Fitri Ananda July 1, 2016
    • nunoorange July 4, 2016
      • chitet July 13, 2016
        • nunoorange July 14, 2016
  83. xin July 18, 2016
    • nunoorange July 18, 2016
      • ciao July 22, 2016
        • nunoorange July 22, 2016
        • Citra Fitri Ananda July 23, 2016
          • nunoorange July 24, 2016
  84. Nayy July 21, 2016
    • nunoorange July 22, 2016
  85. Vita Pusvitasari September 5, 2016
    • nunoorange September 5, 2016
  86. missy September 15, 2016
    • nunoorange September 15, 2016
      • missy September 15, 2016
        • nunoorange September 15, 2016
  87. zani October 1, 2016
    • nunoorange October 3, 2016
      • Anggun October 24, 2016
        • nunoorange October 24, 2016
  88. Andriestha November 4, 2016
  89. shenny November 20, 2016
    • nunoorange November 21, 2016
      • shenny November 26, 2016
        • nunoorange November 27, 2016
  90. Fira November 24, 2016
    • nunoorange November 25, 2016
  91. dedi purnomo January 5, 2017
    • nunoorange January 6, 2017
  92. syahil January 8, 2017
    • nunoorange January 8, 2017
  93. Ria January 25, 2017
    • nunoorange February 1, 2017
  94. Riri January 30, 2017
    • nunoorange February 1, 2017
  95. Armita Fibriyanti February 14, 2017
    • Riri April 23, 2017
  96. ukkasyah March 20, 2017
    • nunoorange March 20, 2017
  97. dudududu June 30, 2017
    • nunoorange July 12, 2017
  98. redcandybar September 13, 2017
  99. Rara November 20, 2017
    • nunoorange November 22, 2017
  100. Lina December 11, 2017
    • nunoorange December 12, 2017
      • Lina December 18, 2017
  101. Kirana January 31, 2018
    • nunoorange February 12, 2018
  102. Dina Kirana January 31, 2018
  103. Nina March 5, 2018
    • nunoorange March 9, 2018
  104. rena April 18, 2018
    • nunoorange April 23, 2018
      • Intan May 14, 2018
  105. tanaya May 28, 2018
    • nunoorange May 28, 2018
  106. Rahmawati Rasya June 10, 2018
    • nunoorange June 13, 2018
      • Febri June 25, 2018
        • nunoorange June 26, 2018
  107. Hendi Setiyanto November 11, 2018
    • nunoorange November 11, 2018
      • Hendi Setiyanto November 11, 2018
        • nunoorange November 11, 2018
  108. Bambang Irwanto November 15, 2018

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: