Memilih Celana Cargo Yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuh

Buatku, memilih celana bukan urusan yang mudah. Mau celana panjang atau pendek, yang berbahan kain atau jeans, pasti ada aja masalahnya. Giliran udah nemu yang modelnya oke, nomernya nggak ada. Begitu nomernya ada, modelnya agak kurang sreg. Itulah kenapa kalau sudah ketemu yang modelnya bagus dan nomernya sesuai, rasanya seneng banget. Maklum, untuk aku yang punya bentuk tubuh besar dan nggak terlalu tinggi, memilih celana itu memang perkara yang tricky. 

Kebanyakan koleksi celana panjangku adalah celana jeans, meskipun untuk celana pendek aku lebih memilih yang berbahan lebih ringan. Belakangan, aku sedang tertarik dengan celana model cargo nih. Celana ini terbuat dari kain yang lebih ringan daripada jeans. Itulah salah satu yang jadi alasan kenapa aku tertarik untuk memilih celana model ini.

Memilih Celana Cargo Yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuh

Hanya saja untuk memilih celana model cargo seperti ini ada hal-hal yang harus kuperhatikan supaya “jatuh”nya enak di kaki. Berhubung aku emang nggak terlalu tinggi dan bagian kaki agak besar, aku punya aturan dalam memilih celana di antaranya :

  1. Bahannya nggak terlalu berat

Meskipun celana yang awalnya dipopulerkan oleh angkatan bersenjata di Inggris sejak tahun 1930-an ini emang terbuat dari bahan kain yang lebih ringan daripada jeans, tapi tetap saja aku cermat dalam memilih bahan kain yang tidak terlalu tebal. Tujuannya supaya bagian bawah tubuhku nggak terlihat lebih besar saat memakai celana.

2. Menyerap keringat

Memilih jenis kain bahan celana cargo juga harus memerhatikan daya serap terhadap keringat. Jangan salah, saat beraktifitas, tidak hanya tubuh bagian atas saja yang bisa berkeringat. Tubuh bagian bawah pun juga, terutama di area paha dan sekitarnya. Sehingga pemilihan bahan yang mampu menyerap keringat berlebih, sangat kuperhatikan supaya aktifitas tetap nyaman.

Memilih Celana Cargo Yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuh

3. Pilih model yang sesuai

Kalau kamu punya kaki yang ramping dan jenjang, pastinya nggak akan punya masalah dengan model celana cargo yang mana saja kan? Tapi buatku, kalau disuruh milih, aku prefer ke celana cargo pendek daripada panjang. Bukannya apa-apa, celana cargo pendek bisa membuat kakiku jadi terlihat lebih panjang dan ramping. Tentu saja beberapa hal seperti fit tidaknya si celana di kaki berpengaruh terhadap visual di bagian bawah tubuh. Itulah kenapa aku memilih celana cargo yang bisa pas di kaki tanpa harus terlihat terlalu longgar atau justru malah kesempitan.

4. Pilih kantong yang pas

Celana cargo terkenal karena modelnya yang berkantong di bagian belakang, kanan dan kiri. Ini pula yang menjadi pertimbangan dalam memilih celana cargo. Aku memilih kantong yang tidak terlalu besar dan menggembung, atau berjumlah cukup banyak di bagian kanan dan kiri. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesan yang terlalu berat di tubuh bagian bawah. Lagipula, bentuk dan jumlah kantong yang tidak proposional akan mengganggu visual dari si pemakai.

Merawat Celana Cargo

Sementara untuk urusan perawatan sendiri, celana kain model cargo ini memang cukup mudah kok, seperti misalnya :

  1. Jangan direndam terlalu lama dengan air sabun
  2. Tidak perlu juga disikat terlalu keras, apalagi kalau celana tersebut tidak terlalu kotor. Cukup dikucek di bagian-bagian yang dirasa berdebu seperti di bagian bawah kaki dan bagian belakang
  3. Usahakan untuk nggak pake mesin cuci supaya warnanya tetap awet dan tidak pudar
  4. Jemur di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung supaya warna tidak pudar
  5. Kalau bisa, jangan pake pewangi rendam. Cukup gunakan pelicin pakaian saat menyeterika. Usahakan suhu seterika tidak terlalu panas

Nah, itu dia sedikit tentang memilih celana cargo yang sesuai dengan bentuk tubuh dan gimana caranya merawat celana supaya warnanya tetap awet. Menurut kamu, apa sih yang menarik dari celana model cargo ini? Tulis di komen donk.

Related posts

2 Thoughts to “Memilih Celana Cargo Yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuh”

  1. Makasih banget tipsnya. Berguna banget nih.
    Memang untuk orang yang gak terlalu tinggi, celana kargo apalagi dengan kantong-kantongnya itu gak terlalu disarankan. Tapi ada sekali dua aku lihat celana kargo yang desainnya pas, jadi gak mengurangi estetika pemakainya.

    1. Betul kak Bart..kalo bahannya agak tipis dan kantongnya nggak nggembung, bagus dipakai buat yang bentuk bodynya cenderung “gempal”

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.