Advertorial

Manfaat Baik Bawa Bekal Ke Kantor

Masih sering ogah bawa bekal ke kantor? Masih malas menyiapkan bekal atau mungkin malu karena takut diledek sama temen karena bawa bekal identik dengan anak sekolah? Wah, kamu nggak perlu malu sih. Bawa bekal itu baik dan punya banyak manfaat.

Awalnya sih nggak kepikiran untuk membawa hasil masakan sendiri sebagai bekal. Hanya sekedar menyalurkan hobi masak, saya mulai mengatur menu apa saja yang akan saya masak besok. Tapi lama kelamaan saya jadi punya ide, kenapa nggak mulai memasak untuk bekal ke kantor saja setiap hari? Daripada terus-terusan jajan di luar karena menu yang disediakan di kantor sering nggak cocok. Ya kan? πŸ˜€

Lalu saya mulai iseng mengatur menu bekal untuk sebulan. Mostly sih menu yang gampang dan sederhana, walau sekali waktu agak sedikit mewah dan makan waktu banyak ketika memasak. Tapi memang, meracik menu makanan sendiri lebih memuaskan dibanding hanya sekedar beli di warung.

Kenapa bawa bekal itu baik? Inilah alasan-alasannya:

  1. Jadi media berlatih untuk memasak

Jaman sekarang yang namanya cowok masak bukan hal yang tabu lagi. Malahan makin banyak yang memandang cowok yang masak itu seksi. Hahaha. Tapi bukan itu juga sih tujuannya. Punya hobi masak jadi percuma kalau tidak dipraktikkan. Dengan mengatur menu setiap hari, saya jadi rajin browsing sana-sini untuk mencari resep yang mudah diaplikasikan. Kadang-kadang saya juga beli majalah atau tabloid yang banyak berisi resep masakan harian lho.

  1. Rajin bangun pagi

Sejak rajin masak, saya jadi bangun lebih pagi dan jarang tidur lagi setelah ibadah pagi. Berhubung nggak punya lemari es, sekitar jam 5 pagi saya sudah jalan kaki ke pasar yang tidak jauh dari tempat kos untuk belanja keperluan masak hari itu. Dengan bangun lebih pagi, saya jadi bisa menyiapkan bekal tanpa takut terlambat ke kantor.

  1. Mengatur menu lebih variatif

Dibandingkan beli makanan di warung, saya lebih bisa mengatur jenis menu yang akan dimasak setiap hari supaya nggak bosan. Kadang-kadang bakal ketemu mentoknya juga sih, tapi di sinilah kreativitas diuji. Saya jadi harus putar otak untuk mencari menu apa lagi ya yang bisa dimasak? Atau apakah saya bisa memodifikasi 1 bahan menjadi banyak menu? Itulah menariknya!

  1. Lebih hemat

Seorang teman pernah bertanya pada saya β€œbukannya malah boros ya kalau masak sendiri?” Hmmm… Sepanjang pengalaman saya sih justru lebih hemat. Saya pernah menantang diri sendiri dengan proyek masak 20 ribu sehari. Dan berhasil! Saya membuat menu masakan yang hanya menghabiskan uang 20 ribu rupiah (bahkan kurang!) untuk membuat makanan yang bisa dimakan 2 kali. Ya! 2 kali! 1 untuk dibawa ke kantor sebagai bekal, dan sisanya bisa dimakan lagi ketika saya pulang dari tempat kerja. Dan hampir selama itu juga jajan makanan di luar jadi berkurang. Bukankah lebih hemat?

  1. Bawa bekal sendiri lebih sehat

Kadang-kadang kita nggak tahu bagaimana tingkat kebersihan dan pengolahan makanan yang kita beli di warung. Dengan masak sendiri atau membawa bekal dari rumah, saya jadi bisa mengatur proses pengolahan makanan. Mulai dari memilih bahan sampai memasaknya, semuanya sudah sesuai dengan aturan seperti yang pernah saya baca di banyak artikel. Apalagi soal penambahan bahan-bahan tertentu seperti penyedap rasa dan garam misalnya. Kalau masak sendiri kan bisa kita atur porsinya supaya tidak terlalu banyak.

  1. Saya jadi punya koleksi tempat makan lucu

Semenjak bawa bekal, saya jadi suka melihat tempat makan yang lucu-lucu. Sampai tertarik untuk mengoleksinya. Salah satu yang saya punya adalah tempat makan dari Tupperware. Saya punya beberapa koleksi tempat makan produk dari Tupperware. Mulai dari kotak makan sampai tempat minum. Salah satu yang paling saya suka adalah tempat makan seri Cool N’ Chic. Isinya adalah tempat makan 3 sekat berwarna hijau lengkap dengan sendok dan garpu. Yang lebih seru lagi, tempat makan ini punya tas kanvas tebal yang kuat dengan name tag yang bisa diberi nama. Saya suka dengan seri ini karena selain bahannya tebal, tempat makan Cool N’ Chic ini punya semacam tutup khusus yang berbentuk klep dan bisa diatur untuk mengeluarkan uap panas dari masakan. Jadi nggak perlu nunggu dingin terlebih dahulu, tapi bisa langsung dimasukkan ke dalam kotak makan, kemudian klep pengatur uapnya dibuka sehingga uap bisa keluar. Atau kalau mau dibiarkan saja supaya makanan tetap hangat juga bisa lho.

Bawa Bekal Itu Baik

Seri Cool N’ Chic Tupperware

Nah, banyak juga manfaat yang bisa dirasakan ketika membawa bekal ya? Dan ternyata makin kesini makin banyak juga pekerja seperti saya yang senang bawa bekal sendiri ke kantor. Kalau dulu masih malu bawa bekal karena dianggap seperti anak-anak, sekarang nggak perlu malu donk ya, karena bawa bekal ke kantor itu sudah merupakan bagian dari gaya hidup. Nggak cuma karena tren kekinian saja, tapi bawa bekal juga salah satu aktivitas menyenangkan. Apalagi tempat makan yang sekarang banyak dijual di pasaran tidak hanya bertema anak-anak, tapi juga diperuntukkan untuk pengguna dewasa dengan desain yang sophisticated dan elegan. Tupperware banyak tuh yang serinya cocok digunakan untuk para pekerja atau kamu yang kuliah.

Oh ya, kamu nggak harus memasak sendiri untuk bawa bekal ke kantor kok. Bisa juga beli susu, buah, atau membuat oatmeal dari rumah dan dimasukkan ke dalam tempat bekal (yang keren seperti punya Tupperware tentunya), lalu bisa dibawa ke kantor atau sekolah.

Karena bawa bekal sendiri itu baik!

37 Comments

  1. titantitin March 11, 2016
    • nunoorange March 11, 2016
      • titantitin March 11, 2016
        • nunoorange March 11, 2016
          • titantitin March 11, 2016
          • nunoorange March 11, 2016
  2. Lia Harahap March 11, 2016
    • nunoorange March 30, 2016
  3. jeci March 11, 2016
    • nunoorange March 11, 2016
      • jeci March 11, 2016
        • wisnukunt March 12, 2016
          • jeci March 12, 2016
  4. Fakhruddin March 11, 2016
  5. Hastira March 12, 2016
  6. rahmiaziza March 12, 2016
  7. irfan fauzi March 14, 2016
  8. Inung Djuwari March 14, 2016
    • nunoorange March 30, 2016
  9. handdriati March 14, 2016
    • nunoorange March 30, 2016
  10. adelinatampubolon March 18, 2016
  11. Febriyan Lukito March 18, 2016
    • nunoorange March 30, 2016
  12. Inayah March 20, 2016
    • nunoorange March 30, 2016
  13. Prima Hapsari March 22, 2016
    • nunoorange March 30, 2016
  14. elafiq March 22, 2016
    • nunoorange March 30, 2016
      • elafiq April 3, 2016

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: