Personal

Seru-Seruan Bareng di Lomba Masak Eplaza

Tanggal 28 Agustus lalu saya iseng ikut lomba masak yang diadain sama E Plaza. Sebenernya enggak iseng juga sih secara saya nanggepin undangan dari mereka juga pake acara serius dan mikir banget. Seminggu setelah dapat undagan, saya dan Kriska udah berdiskusi mau masak apa. Sempet sih berkali-kali punya rencana, tapi kemudian revisi lagi dan lagi.

Lomba Masak Eplaza

Oh iya, lomba masak ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 71 tahun. Kebetulan masih dalam suasana hari kemerdekaan, E plaza ngadain banyak lomba. Selain cooking war yang diikuti oleh temen-temen media cetak maupun elektronik, E plaza juga menggelar lomba fashion show dan menggambar untuk anak-anak.

Balik ke soal lomba masak nih, akhirnya saya dan Wulan memutuskan untuk memasak ayam panggang wajan saos teriyaki yang disajikan dengan nasi kuning. Karena temanya kemerdekaan, kami mikirnya harus ada yang Indonesia banget nih. Pilihan jatuh ke nasi kuning yang dihias dengan bendera merah putih di atas kuncupnya. Lauknya adalah ayam yang dimasak dengan saos teriyaki dan dipanggang di atas wajan.

Lomba Masak Eplaza

Kebetulan acara ini disponsori oleh Bumbu Instant Rempaku, jadi kami harus memakai salah satu atau beberapa kombinasi pilihan saus yang sudah disediakan. Sekedar info nih, kalau Rempaku ini adalah saus premium buatan UMKM asal Semarang lho! Saus instan yang digunakan untuk masak ini punya keunikan, yaitu sausnya sendiri sudah matang dan bisa digunakan sebagai saus cocolan. Berbeda dengan saus masak instan yang banyak beredar di pasaran, Rempaku ini enggak harus dimasak terlebih dulu dan bisa dijadikan sebagai siraman atau cocolan pada makanan. Praktis kan? Rempaku juga tidak menggunakan bahan pengawet kimiawi dan hanya menggunakan bahan yang diijinkan oleh BPOM sehingga aman dikonsumsi.

Siang itu saya memilih menggunakan bumbu teriyaki dari Rempaku. Saya lihat bumbu teriyaki ini berbeda dengan bumbu teriyaki botolan yang kebanyakan lebih kental. Saus teriyaki milik Rempaku ini bentuknya cair. Di pasaran ada sih saus teriyaki yang cair begini. Biasanya dikemas dalam botol.

Lomba Masak Eplaza

Kenapa saya masak ayam teriyaki? Karena bahannya relatif lebih gampang dan masaknya juga enggak lama. Kebetulan kami diberi waktu 30 menit untuk mengolah bahan masakan yang sudah disiapkan. Dasar emang suka nonton Masterchef ya, jadinya kebawa tegang sama suasana masak yang ada di acara tersebut. Kriska bilang saya tegang banget. Iya sih, soalnya ini adalah lomba masak pertama saya. Hahaha. Biasanya cuma uplek di dapur sendirian dan bisa leha-leha, sekarang dibatasin waktu. Padahal belakangan aturannya juga nggak sesaklek itu. Tim lain yang tampil setelah saya malah kelihatan santai banget, soalnya emang nggak diwaktu juga sih? 😀

Saat itu saya menggunakan dada ayam negeri yang dipotong jadi 2. Saya rendam dengan saus teriyaki yang dipanaskan di atas pan sampai meresap. Sempet deg-degan juga sih soal ayamnya. Selalu kepikiran ayamnya mateng nggak ya? Untungnya ayam adalah daging yang relatif cepat matengnya. Di ungkep dengan saus teriyaki pun sudah matang sampai ke dalam. Dan setelah saya ungkep, saya panggang di atas wajan Teflon sampai berwarna kecoklatan. Begitu mateng, saya potong-potong dan sajikan bersama nasi kuning dan sisa saos teriyakinya.

Enak sih, tapi ternyata tidak cukup memuaskan juri karena saya dan Kriska cuma dapat peringkat 2. Hihihi. Tapi lumayan lah ya bisa dapat juara. Walaupun tadinya ngincer juara 1 tapi yaaakh memang belum rejeki kali ya? Kami dapat hadiah uang tunai 750 ribu yang dibagi 2, voucher makan sama voucher menginap di hotel. Karena kebetulan voucher hotelnya di hotel yang saya belum pernah nginep, akhirnya voucher hotelnya saya minta, voucher makannya bagian Kriska. Hehehe. Masih ada trofi dan sertifikat juga merchandise dari panitia lomba.

Lomba Masak Eplaza

Lomba Masak Eplaza

Jadi kepikiran pengen ikut lomba masak lagi nih. Ternyata kalo masak dibatasi waktu itu emang memicu adrenalin banget ya? Jadi penasaran. Ada lagi nggak nih lomba masak yang bisa saya ikuti? Hehehe.

Oh iya, siang itu salah satu juri masaknya, Chef Onny dari Eplaza memeragakan 2 buah resep dengan menggunakan saus Rempaku yaitu Barbeque dan Black Pepper. Yang pertama adalah Beef Black Pepper dan kedua Tortilla Chicken barbeque. Ini nih hasilnya.

Lomba Masak Eplaza

Lomba Masak Eplaza

Oh iya, ini resep ayam teriyaki yang Minggu lalu saya masak. Gampang banget lah pokoknya, kamu juga pasti bisa bikin.

  • 250 dada ayam (mau difillet boleh, mau diglondongin juga gapapa) cuci bersih, sisihkan
  • Saos teriyaki (kurleb 5 sendok makan atau 10 sdt
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • ½ potong bawang Bombay, potong dadu
  • Minyak untuk menumis
  • Air 500 ml
  • Garam, gula jawa, kecap, merica, secukupnya
  • Wijen untuk taburan

Cara masaknya :

  • Tumis bawag putih dan Bombay sampai harum
  • Masukkan air
  • Masukkan ayam
  • Beri saus teriyaki, kecap, gula jawa, dan merica. Lakukan tes icip
  • Kalo ngerasa kurang asin boleh tambah garam.

Tapi biasanya sih saos teriyaki sih udah manis-manis asin ya.  Masak sampai matang dan kuah menyusut. Lalu beri sedikit minyak di wajan Teflon, panggang ayam yang sudah diungkep tadi sampai berwarna kecoklatan. Sajikan, siram dengan sisa saus teriyaki.

Ini mah resep ala saya, kalau resep kamu pasti lebih enak yes?

Selamat memasak!

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: