Maerakaca dan Kenangan Masa Kecil

Di medio 90-an, ketika aku masih duduk di bangku Sekolah Dasar, keluargaku dan tetangga-tetangga dari desa Purwosari Comal berwisata ke Semarang. Ke tempat baru yang saat itu sedang happening. Ketika itu belum ada Instagram dan media sosial lainnya sehingga nama tempat wisata ini dikenal dari mulut ke mulut. Oh iya, wisata ini menjadi kegiatan rutin selama beberapa tahun kala itu dan dilaksanakan beberapa hari setelah lebaran.

Teknisnya, orang-orang yang mau ikut wisata dikoordinir dan membayar sejumlah uang untuk menyewa bis yang kebetulan supirnya adalah mendiang ayah. Biasanya sih rutenya nggak jauh-jauh. Paling banter juga ke kota Tegal. Nah, perjalanan ke Semarang pada waktu itu adalah yang terjauh yang pernah dilakukan oleh rombongan darmawisata kampungku.

Maerakaca

Puri Maerakaca Semarang

Read More

5 Negara Tujuan Wisata Dengan Promo Tiket Murah Air Asia

Jalan-jalan ke luar negeri mungkin jadi nakutin bagi sebagian orang, karena ngebayangin berapa banyak duit yang harus dikeluarin untuk perjalanan tersebut. Padahal maskapai penerbangan yang ada di Indonesia ini, termasuk Air Asia, sering ngasih harga promo ke rute tertentu, di waktu-waktu tertentu pula. Kamu nggak perlu khawatir harus merogoh kocek dalam-dalam kalau mereka udah ngeluarin tiket promo.

Buat mereka-mereka yang sabar nunggu, biasanya mereka bakal nentuin dulu mau berlibur ke negara mana sebelum nentuin tanggalnya. Artinya, kamu kudu rajin-rajin buka website resmi atau agen tour and travel untuk ngecek kalau-kalau ada tiket promo ke negara yang kamu pengen kunjungi. Dengan kemudahan fasilitas online, aktivitas seperti beli tiket Air Asia di Traveloka juga terhitung praktis banget. Read More

Tempat Makan Seru Di Kota Lama

Kalau di postingan sebelumnya aku udah nulis sedikit tentang beberapa tempat seru yang bisa kamu kunjungi di kawasan Kota Lama, sekarang aku mau nulis dikit soal kuliner Kota Lama. Karena nggak lengkap rasanya kalau main ke Kota Lama tanpa tahu tempat makan seru di Kota Lama.

Tempat Makan Seru Di Kota Lama

Buat pecinta kuliner, Kota Lama punya banyak tempat makan yang bisa dicoba. Jenisnya pun cukup beragam. Apa aja sih tempat makan yang bisa kamu datangi? Read More

Ada Apa Di Kota Lama Semarang?

“Ke Kota Lama yuk!”

“Mo Ngapain?”

“Ya jalan-jalan lah…”

“Ih, jalan-jalan kok ke Kota Lama. Sepi!”

Wah, kurang update kayaknya. Kota Lama Semarang saat ini bukan lagi kawasan yang membosankan dan kumuh. In fact beberapa tahun belakangan kawasan ini semakin “menor” karena dipercantik di sana-sini. Tidak hanya melulu berisi bangunan-bangunan tua yang tampak membosankan bagi sebagian orang, tapi area ini mulai berkembang menjadi salah satu tujuan wisata sejarah yang nggak cuma itu-itu aja.

Pemerintah Kota Semarang sendiri punya niatan untuk melakukan restorasi terhadap beberapa bangunan tua di wilayah ini. Perda no 14 no 2011 menjadi salah satu payung hukum yang digunakan untuk memperlancar proses ini. Restorasi dan renovasi ini ditujukan untuk mempercantik sekaligus menggiatkan kembali kegiatan niaga di sekitar wilayah tersebut. Jadi kawasan ini berpotensi menjadi pusat wisata dan niaga yang diharapkan menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Etapi tenang, restorasi dan renovasi ini nggak akan meubah total atau menghilangkan elemen penting dari bangunan yang bersangkutan atau wajah Kota Lama secara keseluruhan kok. Jadi Kota Lama akan dijaga orisinalitasnya tapi dengan sentuhan yang lebih moderen.

Ada Apa Di Kota Lama Semarang?

Read More

Melarikan Diri Sejenak Ke Petungkriyono

“Akhirnya!”, itulah yang terlintas dalam pikiran saya ketika Mbak Noorma dan Mbak Innayah mengajak saya untuk bergabung di sebuah trip ke Petungkriyono. Uhm, sebenarnya saya sih yang kegatelan pengen ikut, bukannya didatengin terus diajak. Hehehe. Bukan apa-apa, mengetahui kalo Blogger Pekalongan akan mengadakan trip ke Petungkriyono melalui twitter, saya tidak bisa menahan diri untuk tidak nyamber. Dan begitulah awal mula kisahnya.

Nama petungkriyono bukan nama yang asing bagi saya. Inilah alasan kenapa saya ingin sekali bergabung dengan trip tersebut. Karena selama ini saya hanya bisa mendengar keindahan Petungkriyono hanya melalui cerita dari teman2 yang sudah pernah ke sana.

Saya pernah beberapa kali mengajukan rencana kepada salah seorang teman yang berdomisili di kota Batang. Saya bilang kalo saya pengen sekali ke Petungkriyono. Tapi si teman ini agak sedikit keberatan. Kenapa? Karena menurut dia Petungkriyono itu jauuuh sekali. Jalur menuju ke area tersebut pun kurang menyenangkan, begitu katanya. Saya hanya bisa membayangkan, seperti apa sih sebenarnya Petungkriyono ini? Read More

Melatih Pose di Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Siapa yang belum pernah main ke area Kota Lama di Semarang? Wah, berati kamu nggak kekinian. *dikeplak*. Bukan apa-apa, belakangan kawasan Kota Lama kan memang lagi happening banget ceritanya. Keberadaannya sih sudah lama, tapi Kota Lama makin terkenal karena alih fungsinya menjadi salah satu tujuan wisata sejarah kota Semarang.

Kalau dulu paling cuma kenal Gereja Blenduk, Jembatan Mberok, atau gedung Marabunta, tapi sekarang ada banyak yang bisa dikunjungi dan dinikmati. Beberapa tempat makan akan menawarkan pengalaman wisata kuliner tak terlupakan. Kita juga bisa menikmati suasana santai dan sejuk di Taman Srigunting yang berada tepat di samping Gereja Blenduk. Sementara Pasar Klithikan Padangrani menjadi tujuan wisata baru bagi para pecinta barang antik. Belum lagi mulai ada banyak event yang digelar di Kota Lama. Jadi kurang meriah apa coba Kota Lama Semarang?

baca juga Pasar Klithikan Kota Lama Semarang

Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Salah satu yang paling baru di Kota Lama adalah 3D Trick Art Museum Old City Semarang. Terletak di Jalan Letjend Suprapto no. 26 Semarang, museum tipuan mata 3 dimensi ini menjadi tempat seru yang perlu dikunjungi, terutama untuk pecinta eksistensi. Lhoh kok begitu? Iya, soalnya museum ini menawarkan pengalaman berfoto seru yang instagram-able banget untuk pecinta narsis. 😀

Terhitung baru di Semarang, tapi museum serupa sebenarnya sudah terlebih dulu ada di beberapa kota besar di Indonesia. Konsep museum tipuan mata ini sudah terkenal di Jogja dan Surabaya. Dan kali ini warga Semarang nggak perlu jauh-jauh ke Jogja atau Surabaya untuk bisa ikut narsis dengan warga sosmed yang lain. Cukup datang ke Kota Lama Semarang dan kita bisa berpose di banyak latar belakang foto lalu unggah ke akun sosmed kita. Whoala! Kita sudah resmi jadi warga kekinian!

Berapa sih harga tiket masuknya?

Read More

Copyright Nuno Orange 2017
Tech Nerd theme designed by Siteturner