Advertorial Event

Ini Dia Resep Pistuban Yang Mudah dan Enak!

Judulnya udah clickable belum? Hehehehe. Tapi asli, bikin Pistuban itu gampang kok. Nanti saya share resep pistuban yang mudah dan enak di bawah ya?

Sekarang saya mau cerita dulu nih soal kegiatan yang saya ikuti tadi siang. Kegiatan ini bertempat di Hotel Horison Semarang. Jadi ceritanya hotel Horison ini mengambil alih pengelolaan hotel NJ yang sebelumnya bernama New Jelita. Nah, pada awal-awal perpindahan manajemen dari NJ ke Horison, saya masih lihat ada embel-embel NJ Horison. Tapi lama-lama, nama NJ hilang dari branding dan berganti menjadi Hotel Horison Kota Lama.

Baca Juga : Hotel NJ [Review]

Selama beberapa waktu nama ini menjadi merek dagang dari hotel yang berlokasi di Jalan MT Haryono 32-38 Purwodinatan Semarang. Saat ini, Hotel Horison kembali melakukan re-branding merek menjadi Hotel Horison MT Haryono.

Kok jadi terkesan “mbulet” dan “mbingungi” sih dengan berganti-ganti nama? Enggak juga sebenarnya. Dalam bisnis, kegiatan rebranding bukan sesuatu yang aneh. Ya salah satu tujuannya adalah memperkenalkan kembali merek yang sudah lama ada, supaya konsumen juga makin ngeh sama produk atau nama jasa.

Dan rebranding yang dilakukan oleh Hotel Horison ini juga didasarkan atas permintaan konsumen juga, begitu kata Bapak Arifandi selaku General Manager Hotel Horison MT Haryono. Lebih lanjut beliau bercerita kalau pergantian nama ini juga karena masukan konsumen. Mereka menyarankan supaya Horison menggunakan nama MT Haryono dibanding Kota Lama karena letak hotel tersebut yang berada di jalan MT Haryono, bukan di Kota Lama.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh Corporate Director of Marketing Communication dari manajemen yang mengelola Hotel Horison yaitu Ibu Heni Juniarti SE, MBA. Beliau mengatakan bahwa brand awareness menjadi sangat penting bagi hotel Horison MT Haryono Semarang karena terkait dengan imej positif yang ingin ditampilkan oleh hotel ini. Dengan kemudahan yang didapatkan oleh calon tamu ketika mencari lokasi hotel, diharapkan mampu memberikan kesan yang baik bagi mereka.

Sedikit tentang Hotel Horison

Hotel Horison MT Haryono masih jadi bagian dari Metropolitan Golden Management yang memiliki banyak pengalaman dalam urusan manajemen hotel. Selama 15 tahun beroperasi, MGM sudah mengelola 49 hotel dengan lebih dari 5000 kamar. Diantara hotel yang berada di bawah manajemen ini adalah @HOM Hotel, Hotel Aziza, dan HOREX atau Horison Express.

Horison sendiri adalah brand hotel untuk bintang 3 diantara merek Horison lainnya seperti Horison Ultima (bintang 4), dan Grand Horison (bintang 5).

Rebranding, Luncheon & Cooking Class!

Perilisan nama baru Horison MT Haryono dilaksanakan di Santan Resto yang berada di lantai 2 dan bersebelahan dengan kolam renang. Acara ini dikemas dengan santai dan dihadiri oleh banyak media cetak dan elektronik, termasuk teman-teman bloger.

Santai karena ada sesi cooking class-nya juga. Chef Ari dari Hotel Horison MT Haryono berkesempatan membagikan 2 resep andalannya yaitu Soto Semarang dan Pistuban. Beberapa dari tamu undangan termasuk saya ikut serta dalam kegiatan ini.

Praktek Resep Pistuban Yang Mudah dan Enak & Soto Semarang Yang Terkenal

Nggak cuma nimbrung bareng di dapur dadakan yang sudah disiapkan oleh pihak hotel, tapi Chef Ari juga membagikan beberapa tips seputar memasak terutama tentang gimana caranya bikin kuah soto Semarang yang enak.

Pengen tahu tipsnya? Ini dia :

  • Biar enak, gunakan ayam pejantan yang diungkep lebih dulu supaya kuah soto nggak terlalu berlemak
  • Takaran bumbu harus pas biar rasanya seimbang. Misal : Bawang putih 5 siung, bawang merah 4 siung, kemiri 3 butir, kunyitnya 1 ruas
  • Ketika menumis bumbu, pastikan bumbu benar-benar masak dan harum supaya kuah tidak langu
  • Sesaat sebelum matang, tambahkan batang seledri sebagai penambah rasa. Jangan daun seledri ya, biar kuah enggak berwarna hijau

So easy, ya?

Dan by the way saya kebagian bikin Pistuban lho. Jadi, makanan yang termasuk dalam golongan dessert ini dikenal juga dengan nama Carang Gesing dan menjadi makanan khas Solo. Sekilas bentuknya mirip dengan Nagasari tapi Pistuban tidak memakai tepung beras seperti nagasari.

Bahan dasar pembuatan Pistuban adalah pisang. Saya baru tahu resep pistuban yang mudah dan enak dari Chef Ari. Selama ini saya nggak tahu gimana cara bikinnya. 😊 Cuma numpang makan doang! Tapi siang tadi saya jadi belajar gimana cara bikin pistuban.

Resepnya juga gampang. Cuma pakai pisang, santan, gula, garam, vanili, dan telor. Bahan-bahan tadi dicampur jadi 1 dan kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus. Udah gitu doang! Mudah bukan?

Tips Resep Pistuban Yang Mudah dan Enak

Chef Ari membagikan beberapa tips nih tentang gimana supaya pistuban yang kita bikin tuh enak.

  1. Pilih pisang yang sudah matang. Jenis pisang yang paling enak adalah pisang raja karena rasanya manis dan aromanya wangi. Tapi kalo mau pake kapok juga boleh.
  2. Karena ini kudapan atau makanan penutup, penggunaan garam jangan banyak-banyak. Hanya untuk memberi sedikit sentuhan rasa yang seimbang saja biar ga terlalu manis.
  3. Takaran vanili juga harus diperhatikan. Paling-paling sejumput saja karena kalo kebanyakan bisa jadi pahit
  4. Telor digunakan sebagai pengikat, dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan jumlah pisang yang akan dibuat jadi pistuban

Sederhana dan mudah ya? *Ibu Sisca Soewitomo style* Saking mudahnya saya jadi keidean nih buat bikin Pistuban di rumah. Sudah bahannya gampang didapatkan, cara membuatnya juga. Kamu tertarik? ^_^V

Suasana kumpul-kumpul media dalam rangka rebranding Hotel Horison MT Haryono memang dibuat santai. Karena selain kelas memasak, kami juga disuguhkan hidangan khas dari Hotel Horison MT Haryono sebagai sajian makan siang. Dan sesi foto bersama pun menutup acara tersebut.

resep pistuban yang mudah dan enak

Itulah resep pistuban yang mudah dan enak, nyempil di antara cerita serunya kumpul media di Horison MT Haryono Semarang.

Ayo dipraktekkan segera! 😀

Ingin mengunjungi Hotel Horison MT Haryono? Berikut alamatnya: 

Jalan MT Haryono 32-38 Purwodinatan Semarang

telepon 024-3519000

One Response

  1. Rahmi October 25, 2018

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: