Event

Genius Idea : CoWorking Space Untuk Kerja Kreatif Yang Lebih Seru

Istilah coworking space cukup populer belakangan ini. Kalau mendengar kata CoWorking Space yang terbayang adalah sebuah tempat dimana kita bisa ngumpul sambil kerja bareng-bareng. Tidak harus di dalam ruangan tertutup sih, karena bekerja di ruang terbuka seperti taman pun bisa.

Tapi tentu saja kita butuh suasana kerja dan lokasi yang cukup nyaman juga untuk mengerjakan tugas. Inilah yang kemudian dilihat oleh pemilik properti untuk membuka lahan baru bagi bisnis penyewaan tempat kerja bersama.

Beberapa tahun belakangan ini saya melihat pertumbuhan ruang kerja bersama cukup pesat di kota Semarang. Ada sejumlah coworking space yang dibuka sebagai tempat berkumpulnya para pekerja kreatif menuangkan ide dan berbagi tugas dengan rekan seprofesi.

Beberapa tempat kerja ini bahkan terintegrasi dengan kafe yang membuat suasana coworking space ini jadi lebih “cair” dan terlihat menyenangkan. Namun bukan berarti coworking space yang tidak mengadaptasi model seperti itu lantas tidak menarik.

Genius Idea CoWorking Space

Saya sempat berkunjung ke sebuah tempat kerja bersama yang baru semingguan ini dibuka. Lokasinya di jalan Sultan Agung nomer 90 Semarang. Tepatnya di gedung Candi Plaza, menempati bangunan yang dulu digunakan oleh kantor bisnis investasi.

Nama Genius Idea mungkin bukan nama yang asing terutama bagi pekerja kreatif yang cukup sering menggunakan tempat kerja bersama. Bermula dari Jogjakarta, Genius Idea melirik Semarang dan 1 kota lainnya yaitu Surakarta untuk mengembangkan bisnisnya.

Berbeda dengan konsep CoWorking Space yang sebelumnya sudah hadir di Semarang, Genius Idea menawarkan konsep murni tempat kerja bersama. Tidak ada kafe atau tempat makan di sini.

Berdasarkan keterangan dari perwakilan Genius Idea, Mas Anto dan Pak Simon, Genius Idea memang memiliki konsep yang berbeda. Selain menyewakan ruang untuk para pekerja kreatif lepas, Genius Idea juga menyewakan ruangan yang bisa digunakan untuk kantor.

 

Pak Simon – Genius Idea

Mas Anto – Genius Idea

Gambarannya, jika ada sebuah perusahaan yang ingin membuka sebuah kantor cabang untuk tim yang jumlah anggotanya tidak terlalu banyak, mereka bisa menyewa ruang di Genius Idea. Secara ekonomis, sistem sewa ruang kantor seperti ini akan lebih menguntungkan karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan menyewa gedung untuk kantor. Selain itu harga yang dipatok juga sudah all in alias termasuk fasilitas lengkap yang bisa digunakan seperti wifi, listrik, dan air.

coworking space

Harga Sewa Ruang di Genius Idea

Untuk harga sewa ruang di Genius Idea memang bervariasi. Untuk pekerja lepas perorangan yang ingin menyewa ruang kerja di sini akan dikenakan biaya 75 ribu rupiah per hari dengan fasilitas lengkap termasuk makanan ringan dan minuman yang disediakan gratis.

Sementara untuk harga sewa kantor di Genius Idea mulai dari 4 hingga 6 juta rupiah dengan lama sewa minimal 1 bulan dan maksimal 6 bulan. Kontrak sewa bisa diperbarui di bulan berikutnya. Ketika saya tanya kenapa tidak menerapkan sewa minimal 1 tahun, Mas Anto dari Genius Idea memberikan keterangan kalau harga memang bisa sewaktu-waktu berubah mengikuti harga properti saat itu. Tetapi bukan berarti setiap 6 bulan harga akan naik drastis sih ya. Untuk hal ini bisa dikomunikasikan antara penyewa dan Genius Idea.

Selain ruang kerja personal dan kantor untuk tim, Genius Idea juga menyediakan ruang rapat yang bisa digunakan dengan tarif 200 ribu per jam sudah termasuk minuman gratis untuk para peserta rapat. Ruangan rapat ini mampu menampung hingga 10 orang.

Tidak hanya itu, Genius Idea juga membuka kesempatan untuk mereka yang ingin menggelar event dengan scope yang relatif kecil dengan asumsi peserta antara 40-60 orang. Beberapa fasilitas yang didapatkan antara lain sambungan wifi gratis, LED Proyektor, audio equipment, dan minuman gratis.

Kehadiran Genius Idea di pasar penyewaan ruang Semarang memberikan pilihan untuk mereka yang membutuhkan ruang kerja representatif. Jika Anda tertarik untuk menyewa ruangan di Genius Idea, silakan kunjungi kantor Genius Idea Semarang di Jalan Sultan Agung no 90 Semarang. Telepon : 082221575784.

2 Comments

  1. mbandah August 1, 2018
    • nunoorange August 1, 2018

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: