Foods

De Klaar Koffie Tembalang

Tembalang sebagai salah satu bagian dari Kota Semarang semakin rame. Apalagi sejak kampus undip pindah ke daerah atas. Yang tadinya rame jadi tambah rame. Jujur saja, saya juga jarang-jarang ke Tembalang. Mau apa? Kuliah juga tidak. Mau kulineran juga sudah cukup menikmati apa yang ada di sekitaran kos. Hehehe.

Tapi sebenarnya menarik juga ngelihat gimana beragamnya kuliner Tembalang. Boleh dikata semua ada. Dari yang kaki lima sampai yang konsepnya Resto. Tapi tentu saja semua berani pasang label “Harga Mahasiswa” alias murah. Ya memang harus begitu. Kalau nggak ya bisa sepi.

Satu lagi tempat  nongkrong yang mungkin bisa disambangi disini adalah De Klaar Koffie. Coffee Shop baru yang berkonsep minimalis ini hadir di tengah “rimba belantara” kuliner kawasan kampus Undip Tembalang. Kebetulan semalem itu dapet undangan dari temen untuk datang ke Grand Openingnya. Acaranya sendiri dilaksanakan selama 2 hari. Dan saya kebagian hari keduanya.

De Klaar Koffie sendiri menempati sebuah bangunan yang dulunya adalah digunakan untuk jualan mie ayam bakso. Setelah Mie Ayamnya tutup dan pindah entah kemana, dibelilah tempat ini oleh si pemilik Kafe dan kongsinya. Dan setelah mengalami renovasi selama beberapa bulan akhirnya De Klaar dirasa siap untuk beroperasi.

Picture 111

Tempatnya sih nggak terlalu besar. Memanjang dengan 2 lantai. De Klaar bisa menampung sampai kurang lebih 40 orang. Dalam waktu dekat semua fasilitas akan dipenuhi termasuk wifi dan kebutuhan bersosialisasi lainnya.

Saat grand opening semalem tamu undangan disuguhi cukup banyak variasi menu andalan dari De Klaar dan semuanya gratis. (nyesel nggak nambah) bahaha. Ada chicken crispy lengkap dengan nasi, spaghetti, pisang kremes, pan cake dengan 2 pilihan rasa – durian dan kopi dan beberapa minuman seperti drip coffee, dan beberapa pilihan teh dan minuman ringan.

Kebetulan saya punya rencana makan di tempat lain, jadi saya menghindari makan Chicken Crispy. Akhirnya jatuhlah pilihan saya pada PanCake rasa durian. sementara temen saya memilih Chicken Crispynya. Jadi saya bisa sedikit icip-icip punya dia. hehehe.

Picture 105

Jujur saya ini bukan pecinta Pan Cake, tapi penasaran juga dengan rasa Pan Cake di Kafe ini. Yang saya pesen malam tadi adalah yang rasa durian. Buat yang suka durian, mungkin agak ngerasa “kurang” sama taste duriannya. Tapi buat yang nggak suka, tenang, Pan Cake ini nggak kuat-kuat banget kok taste duriannya. Jadi memang buat saya, ada di tengah-tengah. Dan bagusnya adalah Pan Cake sendiri cenderung gampang bikin eneg, kalau terlalu kuat duriannya juga mungkin akan tambah enegnya. Menurut saya siiih….Dan bagusnya lagi, Pan Cakenya nggak berasa tepung. Beberapa kali makan Pan Cake, baik yang beli atau  nyoba bikin sendiri, kadang rasa tepung mentahnya masih kerasa, tapi Pan Cake yang ini nggak tuh. Mungkin pecinta Pan Cake lebih tahu? Silakan coba…

Picture 104

Kalau yang ini Chicken Crispy with Rice. Saya sih sedikit “nyuil” punya temen. Daging ayamnya beneran lembut lho. Tepungnya juga crispy. Tastenya lumayan lah…masih enak buat dinikmati saat perut laper tapi juga nggak pengen yang berat-berat banget.

Picture 108

Kalau minuman, saya pilih Three Way Alay. Ini adalah jus mix antara apel dan strawberry sama satu lagi saya nggak begitu denger penjelasan dari pelayannya semalem. Tapi buat ukuran jus memang tidak sekental jus buah segar. Sepertinya ini essence. Tapi lumayan sih, buat yang nggak suka manis seperti saya, minuman ini nggak bikin eneg. Secara kalo terlalu manis juga kadang malah tambah bikin haus.

sempet nyicip juga minuman Lime Squash yang dipesen sama temen saya. Sayang nggak pake poto. Rasanya…hehehehe….soda banget, geli di tenggorokan. Tapi yang ini juga nggak manis-manis banget lho. Limenya kerasa, sodanya juga, pas lah.

Berhubung semalem itu masih gratis dan saya juga nggak nanya-nanya soal harga, makanya saya nggak bisa nyantumin harganya disini. Tapi saya sih yakin kalo harganya bersahabat.

Picture 110

De Klaar Koffie yang mengusung tagline “Coffee Madness For Coffee Lovers” tentu saja mengusung menu minuman kopi sebagai andalan. Disana pengunjung bisa menikmati kopi yang digrind langsung dari biji menjadi bubuk dan bisa memilih bagaimana nanti diolah. Selain itu ada juga Kopi Bawuk yang didatangkan dari Temanggung. Drip Coffee yang disajikan bersama susu. Drip coffee ini menggunakan alat yang berisi bubuk kopi yang dituang air panas ke dalamnya. Dan campuran kopi ini akan jatuh ke dalam gelas yang berisi susu dan menghasilkan minuman yang benar-benar tanpa ampas.

Di De Klaar pengunjung juga bisa melihat para barista-nya beraksi. Ada juga pertunjukan teh tarik kalo memang mau pesan teh tarik. Boleh lho?

Oh ya, disini juga berlaku sistem membership lho? jadi kalau mau jadi member bisa minta tolong ke pelayannya untuk memberikan kamu lembaran form yang bisa diisi dan nantinya kamu akan dapat kartu member yang bisa digunakan untuk mendapatkan diskon makanan dan minuman yang ada disini. Seru kan?

Jadi, pada Grand Opening yang semalam, memang masih terbatas sajiannya. Tapi pastinya saya akan senang sekali datang di kesempatan berikutnya untuk mencoba lebih banyak menu yang ditawarkan.

Update : De Klaar Tembalang sudah tutup dan tidak beroperasi lagi.

5 Comments

  1. Goiq March 11, 2013
    • poetrasoekardi March 12, 2013
  2. elafiq March 25, 2013
    • poetrasoekardi April 1, 2013
      • elafiq April 3, 2013

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: