9 Ciri Orang Sensitif

Ciri Orang Sensitif
taken from www.murraythenut.com

Orang-orang sensitif memang mendapatkan cap yang kurang baik di masyarakat. Padahal menurut sebuah penelitian, ada gen yang bertanggung jawab pada sekitar 15-20 persen populasi orang-orang yang masuk dalam kategori sangat sensitif. Psikolog bernama Elaine Aron mempelajari fenomena ini dan menggunakan mesin MRI pada mereka yang masuk dalam kategori “bersensivitas tinggi”. Dia memindai otak orang-orang ini dan menemukan bahwa subyek penelitian lebih peka terhadap suara, perasaan, bahkan kehadiran orang lain di sekitar mereka dibandingkan dengan orang kebanyakan.

Sejak dulu saya menemukan bahwa diri saya adalah pribadi yang cukup sensitif. Dan orang selalu menghubung-hubungkan sensitifitas dengan sifat pemarah dan mudah tersinggung. Saya sendiri mungkin bisa saja marah dan tersinggung, tapi kalau boleh dibilang, saya malah jauh dari pemarah dan gampang tersinggung. Faktanya, saya malah bisa menyembunyikan kemarahan dan sikap saya ketika tersinggung dengan cukup baik.

Sensitivitas dan Kecerdasan Emosional

Kecerdasan Emotional atau Emotional Intelligence adalah kemampuan kita untuk mengenali dan memahami emosi diri sendiri dan orang lain serta kemampuan dalam menggunakan awareness ini untuk mengatur tingkah laku dan perilaku hubungan kita dengan orang lain. Dan kabar baiknya adalah orang-orang yang bersensitivitas tinggi, nilai kecerdasan emosionalnya tidak lebih baik atau lebih buruk dibandingkan lainnya.

Hanya saja mereka merasakan pengalaman yang cukup intens terhadap beberapa hal. Kekuatan emosi yang mereka miliki seringkali memudahkan mereka untuk mengindentifikasi orang-orang di sekitarnya dan menggunakannya demi keuntungan pribadi. Dan keuntungan ini juga membantu mereka untuk berkomunikasi secara efektif, karena mereka tidak hanya mendengar kata-kata yang diucapkan oleh lawan bicaranya tapi juga mampu menangkap gerak tubuh dan nada bicara dari orang lain.

Tapi menjadi orang yang sangat sensitif kadang cukup menyusahkan dan bisa berakibat buruk karena orang dengan sensitivitas tinggi hanya bisa menggunakan kelebihannya ini jika mereka menyadarinya. Jika tidak, hal ini justru akan menyusahkan. Dan kesadaran inilah yang bisa memastikan apakah seseorang dengan sensitivitas tinggi akan mendapatkan keuntungan dari kemampuannya atau justru malah sebaliknya.

Ciri Orang Sensitif

Mungkin kamu ingin tahu apakah dirimu atau orang-orang di sekitarmu adalah sosok yang tingkat sensitivitasnya cukup tinggi? Berikut ini beberapa hal yang sering dijumpai pada mereka-mereka yang “terlalu sensi”

  1. Terlalu pemikir

Ketika menjumpai masalah dalam kehidupan, orang-orang yang “terlalu sensi” akan menarik masalah itu ke dalam diri mereka dan memikirkannya terus menerus. Berpikir adalah salah satu aspek yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk melakukan sesuatu. Bahkan hal-hal kecil saja yang sebenarnya remeh menurut persepsi kebanyakan orang, akan menjadi sesuatu yang besar dan penting bagi mereka yang over sensitive.

  1. Berorientasi pada detil

Orang yang over sensitive selalu senang akan detil. Mereka bahkan bisa melihat detil yang terlewatkan oleh orang lain dan tidak akan puas sampai semua kesalahan diperbaiki. Pada jenis pekerjaan tertentu yang membutuhkan ketelitian, kemampuan ini sebenarnya bisa sangat membantu.

  1. Butuh waktu lama untuk memutuskan sesuatu

Orang-orang yang over sensitive memang senang untuk menggali lebih dalam tentang sebuah masalah dan tidak jarang butuh waktu lama untuk membuat keputusan. Bagi mereka hal-hal seperti ini sudah menjadi sebuah kebiasaan. Tetapi kadang membuat mereka lupa bahwa keputusan harus segera diambil karena waktu terus berjalan.

  1. Merasa gagal dengan keputusan yang salah

Ketika orang yang over sensitive akhirnya mengambil keputusan dan ternyata salah, mereka pasti akan sangat menyesal. Dan pengalaman ini akan membuat mereka semakin lambat dalam mengambil keputusan, didasarkan pada rasa takut akibat kesalahan yang pernah dilakukan.

  1. Reaktif secara emosional

Orang dengan sensitivitas tinggi sering dianggap berlebihan secara emosional. Mereka bahkan bisa bereaksi terhadap masalah yang sedang dihadapi oleh orang lain. Bereaksi secara berlebihan seperti ini kadang mendatangkan efek yang kurang baik karena perilaku kita jadi tidak terkendali.

  1. Menerima kritik dengan kasar

Tingginya sensitivitas seseorang seringkali membuat mereka tidak bisa menerima kritik dengan baik. Tidak hanya cenderung anti kritik, orang yang over sensitive sering memikirkan kritik yang diberikan oleh orang lain terlalu dalam. Walaupun pada akhirnya mereka akan menelaah lagi lebih jauh pada kritik yang disampaikan dan berusaha menerimanya demi sebuah perubahan.

  1. Bekerja dengan baik dalam tim

Sensitivitas  berlebih bukannya tidak bisa memberikan keuntungan, bahkan bisa dibilang ini adalah sebuah kelebihan yang unik. Kemampuan untuk mendalami perasaan orang lain, memahami keputusan-keputusan yang berbeda dalam sebuah kelompok, dan ketelitian dalam memperhatikan setiap detil adalah sebuah keunggulan yang sangat berharga dalam pola kerja berkelompok. Tentu saja ini bisa jadi masalah apabila tugas untuk mengambil keputusan diserahkan pada orang dengan sensitivitas tinggi. Peran mereka akan lebih baik jika menjadi penganalisa dan pemberi masukan dibanding harus menjadi si pengambil keputusan.

  1. Punya tata krama yang baik

Kelebihan seseorang yang over sensitive adalah mampu melihat reaksi terdalam dari orang lain melalui gerak tubuh mereka. Dan sering kali reaksi itu muncul akibat dari perilaku kita. Untuk itulah orang yang over sensitive merasa perlu untuk menjaga sikap dengan tujuan orang lain akan menunjukkan reaksi yang baik seperti yang diharapkan. Dan orang sensi juga seringkali merasa terganggu ketika orang lain bersikap kasar padanya.

  1. Bekerja di luar ruangan bisa membuat si sensi “gila”

Ini bukan lingkungan kerja yang nyaman untuk si over sensi karena kebanyakan dari mereka tidak menyukai lingkungan yang bising dan banyak orang. Dan jika dipaksakan, hasil kerja mereka tidak akan memuaskan. Itulah kenapa orang dengan sensitivitas tinggi sebaiknya bekerja di dalam ruangan, atau bekerja di rumah.

Memang, menjadi seseorang dengan sensitivitas perasaan yang tinggi bisa menguntungkan atau merugikan. Bagaikan pisau bermata dua yang mampu menjadi alat yang berguna atau justru melukai. Over sensitive could be a blessing or curse, dan berdamai dengan perasaan sendiri adalah kunci supaya kita bisa mengendalikan perilaku kita di tengah masyarakat.

Apakah kamu termasuk orang yang super sensi atau kamu kenal orang dengan tipe seperti itu? Silakan berkomentar di kolom komentar ya?

Artikel ini diterjemahkan secara bebas oleh Nuno Orange dari postingan di www.huffingtonpost.com dan berikut link artikel aslinya 

Author: nunoorange

Radio announcer. Average in everything.

25 Replies to “9 Ciri Orang Sensitif”

  1. sensitiv di sini apa termasuk juga gampang tersinggung???? aku kadang suka hati2 sama orang yang sensitif dalam artian mudah tersinggung

  2. gan orang punya ingatan kuat termasuk sensivitas tinggi ga ya ?, ane kadang sering tuh kalau dengar suara pasti bisa ikuti itu suara… atau kalau suara lagi rame, kadang bisa ane fokusin ke satu suara yg ane pingin dengar…
    terus kalau baca2 sesuatu pasti keikut emosional yang dibaca, terutama fb tuh sering panas, jadi mikir kok bisa begini dan begitu.. akhirnya yang prioritas kehidupan nyata jadi lupa, tadi mau apa eh lupa haha

  3. Aku gak tau apakah diriku termasuk kategori super sensi. Dibalik sifaatku yg mudah mengasiani tapi aku sangat mudah marah. Hal sepele bisa jadi rumit.
    Aku sering merasa sangat marah jika kata-kataku tidak ditanggapi ketika berbicara meski dengan atasan atau bawahan. Sering tersinggung tapi kadang masa bodo.
    Kadang dalam hati yg dalam aku tidak mau marah-marah, karna setelah usai marah aku sering menyesali kemarahanku

  4. Aq banget ni, super sensitif trnyata.
    Kt yg sensitif susah dimengerti orang lain, dan sering disalah artikan.
    Perasaan kt lebih peka dan sangat mudah trrpengaruh perasaan/ atmosfir di sekitar kt

  5. Dulu gw orgnya sensitif bgt men tapi semenjak gw sering meditasi, emosi2 negatif dlm diri gw hilang.. Karna gw ‘Memilih’ “Menjadi” seorang pemimpin maka emosi negatif dlm diri gw jg ikut hilang.

  6. saya juga gitu… saya pernah ngebentak orang padahal dia cuma bercanda doang ke saya. saya juga pernah ngebentak orang cuma karena nada bicara dia ga bersahabat. ada obatnya ngga sih, mas? saya suka ngga sadar pas marah marahin mereka, rasanya kaya udah refleks aja gitu. iyasih di lingkungan saya jadi gaada yg berani usil ke saya tapi saya malah takut mereka ngerasa saya songong dan bossy

  7. Kayak nya aku orang yang sensitif tinggi,aku selalu hati hati dlm memilih teman, jika ada kata kata orang lain yg menyinggung atau kasar, aku mudah tersinggung,aku juga gak terlalu suka banyak orang yg gak dikenal,aku juga tipe pemikir,setiap ada masalah pasti itu itu saja yg aku ungkit,jd sulit untuk move on,kadang agak sedikit stres memikirkan masalah tersebut,jadi itu yg membuat aku sulit untuk bangkit.
    Bagaimana ya caranya merubah diri agar punya hidup yg optimis?

  8. mas,aku banget..
    Pemikir (Part ini nyiksa lohh), kdng drmh atau tmpt sepi otak otomatis mutar kejadian sebelum, misal cara bicara teman yg mnurut sy agak kasar pdhl dia ngelucu, tpi kdng sulit sy terima. misal dibalas ngelucu, malah dalam bgt kalimat sy… sy sring gagal berteman krn sensi tdi… gmn ya, sy ingin sekali berubah… sy benci sikap saya yg pemikir….

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

%d bloggers like this: