Experience Personal

Cara Refund Tiket Di Stasiun

Pernah nggak sih ngebatalin tiket kereta? Kalau pernah pasti tahu lah ya gimana caranya? Kalau belum, boleh baca di sini deh. Nah, masih terkait dengan postingan sebelumnya, kali ini saya mau menuliskan pengalaman tentang gimana cara refund tiket di stasiun secara tunai akibat gagal transfer.

Refund ini adalah dana pembatalan tiket yang dilakukan oleh konsumen. Setelah mengisi data-data dengan benar, nantinya PT KAI akan mengembalikan dana pembelian tiket setelah dipotong bea 25%.

Pengembalian refund ini ada 2 :

  1. Melalui transfer
  2. Melalui pengambilan tunai

Perlu diketahui bahwa baik transfer ke rekening atau diambil tunai, dana memiliki tenggat waktu antara 30 hingga 45 hari sejak pembatalan dilakukan. Jadi kamu kudu sabar ya?

Di postingan kali ini saya hanya akan membahas mengenai cara refund tiket di stasiun alias secara tunai. 

Pengembalian refund secara tunai ini bisa disebabkan karena :

  1. Konsumen memilih pengembalian tunai
  2. Gagal transfer

Gagal transfer biasanya disebabkan karena data yang diberikan oleh konsumen tidak sama dengan data yang dimiliki oleh bank. Bahkan kurang atau lebih titik saja bisa menyebabkan gagal transfer.

Karena urusan duit itu memang riskan bin ribet, jadi bisa dimengerti kenapa PT KAI sangat detil soal beginian. Termasuk jika ada pertanyaan “kenapa sih pembatalan tiket kereta nggak bisa dilakukan online?”

Jawabannya karena terkait dengan urusan uang seseorang yang jumlahnya bisa besar. Dan tidak semua orang cukup paham dengan prosedur melalui online. 

Cara refund tiket di stasiun

Bagaimana sih kalau kamu mengalami gagal transfer? Apa yang harus dilakukan? Kali ini saya mau cerita pengalaman sekaligus menuliskan cara refund tiket di stasiun secara tunai.

Apabila PT KAI mengalami GAGAL TRANSFER dana refund tiket, biasanya kamu akan menerima SMS yang berisikan tentang pengembalian uang yang mengalami kegagalan. Kurang lebih isinya seperti ini :

cara refund tiket di stasiun

Yang harus kamu lakukan adalah datang ke stasiun dan melakukan langkah-langkah berikut :

  • Pastikan formulir tanda terima pembatalan kamu TIDAK HILANG. Jika hilang kamu harus mengurus surat kehilangan ke kantor polisi terlebih dahulu
  • Datang ke stasiun. Kemudian mengambil nomer antrian ke CUSTOMER SERVICE, BUKAN ke LOKET PEMBATALAN. Lalu antri sampai nomer kamu dipanggil.
  • Di CUSTOMER SERVICE kamu bisa infokan ke petugas mengenai keperluan mengambil dana secara tunai. Serahkan formulir tanda terima dan tunjukan SMS yang kamu terima ke petugas CS
  • Sabar nunggu dulu sebentar karena petugas CS akan mengonfirmasi ke pusat soal permintaan ambil tunai kamu
  • Setelah dipastikan selesai dan sesuai, petugas akan mengembalikan formulir tanda terima ke kamu dan kamu akan diarahkan untuk menuju LOKET PENJUALAN LANGSUNG atau GO SHOW
  • Kamu nggak perlu ngambil nomer antrian lagi karena di loket GO SHOW ini kamu hanya cukup mengantri (sambil berdiri) saja
  • Setelah sampai di depan loket, serahkan formulir tanda terima dan petugas akan mengembalikan dana sesuai dengan yang tertera di formulir
  • Selesai

Mudah kan?

Menurut saya proses mengambil refund tiket secara tunai ini lebih sederhana sih dibanding melakukan pembatalan. Hehehe. Sayanya aja yang kadang masih suka bingung kudu ke loket mana nih? Padahal sebenarnya simple.

Semoga tulisan ini cukup membantu ya?

No Responses

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: