Experience Personal

Cara Batalin Tiket Kereta Api

Kalau udah beli tiket kereta tapi ternyata nggak jadi pergi, bisa nggak sih dibatalin? Jawabannya bisa. Nah, masalahnya banyak juga yang ternyata belum tahu atau masih bingung dengan cara batalin tiket kereta api.

Sebenarnya cara batalin tiket kereta api itu gampang kok. Cuma ya itu, kalau belum pernah pasti bingung gimana alurnya. di postingan kali ini saya mau menuliskan tentang cara batalin tiket kereta dengan sesederhana mungkin ya.

Cara batalin tiket kereta api

Sebelum aku tulis langkah-langkahnya, yang harus kamu tahu adalah bahwa enggak semua stasiun bisa melayani pembatalan tiket. Hanya yang melakukan aktifitas penjualan tiket saja yang bisa melayani. Karena ada beberapa stasiun yang sifatnya cuma transit saja dan tidak melayani penjualan.

Oke, sekarang saya kasih tahu cara-caranya ya?

  • Datang ke stasiun kereta terdekat yang bisa melayani penjualan. Pembatalan bisa dilakukan stasiun mana saja, tidak terbatas pada stasiun tempat kamu membeli tiket. Misalnya, saya membeli tiket di stasiun Tawang Semarang, tapi saya melakukan pembatalan di stasiun Pekalongan, akan tetap dilayani.
  • Sebelum menuju ke konter tiket, kamu harus mengisi formulir pembatalan yang berwarna putih merah. Ada cap bertuliskan “BATAL” atau “PEMBATALAN”. PASTIKAN DATA YANG DITULISKAN SUDAH BENAR ya.

  • Setelah itu jangan lupa ambil nomer antrian. Biasanya ada 3 jenis nomer antrian yaitu “COSTUMER SERVICE”, “PENJUALAN”, dan “PEMBATALAN” Kamu harus mengambil nomer antrian sesuai dengan keperluan. Karena keperluan kamu mau batalin tiket kereta ya ambil yang “PEMBATALAN”
  • Setelah itu tunggu nomer antrian kamu dipanggil. Jangan sampai terlewat ya? Kamu juga bisa melihat jumlah antrian di layar LED yang tersedia di sekitar konter tiket
  • Kalau sudah dipanggil, kamu harus menuju LOKET PEMBATALAN untuk mengajukan batal tiket. Nanti kamu akan ditanya-tanya seputar data diri untuk dikonfirmasi. Pertanyaan seputar konfirmasi nomer rekening, nama pemilik rekening, dan nomer telepon aktif untuk SMS pemberitahuan dari pihak KAI.
  • Setelah dipastikan sesuai, petugas akan menyerahkan formulir berwarna merah sebagai tanda terima bahwa kamu telah melakukan pembatalan

  • Proses selesai, silakan tunggu “DANA REFUND” mu ditransfer

Hal-hal yang harus diperhatikan :

Cara batal tiket kereta api ini sebenarnya mudah. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ya? Diantaranya :

  • Jangan lupa untuk membawa tiket asli atau e ticket untuk melakukan pembatalan
  • Pembatalan bisa dilakukan sampai dengan maksimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Kalau sudah lewat dari itu otomatis hangus. Jadi perhatikan jadwal berangkat keretamu ya?
  • Kamu harus menyediakan foto kopi identitas diri yang masih berlaku. Kalau lupa, kamu akan diarahkan ke konter Costumer Service untuk mendapatkan bantuan memfoto kopi kartu identitasmu. Kartu identitas ini harus sesuai dengan jenis kartu yang dipakai saat pembelian ya. Kalau misalkan kamu melakukan mewakilkan pembatalan, kamu harus membawa surat kuasa bermaterai dan identitas yang bersangkutan.
  • Dana refund akan dikembalikan melalui 2 pilihan. Transfer dan diambil langsung. Cuma, keduanya punya tenggat waktu maksimal 45 hari sampai ditransfer. Kadang bisa kurang dari itu.
  • Kalau kamu memilih opsi transfer bank, pastikan nomer rekening dan nama pemilik rekening benar ya. Soalnya kadang kurang titik atau lebih saja bisa gagal transfer loh. Contoh, di KTP saya tertulis MOH AGUNG, tapi ternyata di buku tabungan saya hanya M. AGUNG, sehingga beberapa kali melakukan pembatalan tiket kereta semuanya dinyatakan gagal transfer.

cara batalin tiket kereta

  • Dana yang dikembalikan akan dipotong 25% dari harga tiket ya. Jadi jangan kaget kalau dana yang ditransfer kurang dari harga saat pembelian. Hal ini sudah dikonfirmasi dari awal oleh petugas ya, jadi tolong diperhatikan.
  • Tanda terima pembatalan tiket yang kamu terima dari petugas disimpan baik-baik ya? Jaga-jaga saja kalau terjadi GAGAL TRANSFER karena kamu diharuskan mengambil DANA REFUND secara tunai ke stasiun. Soalnya kalau hilang kamu pasti repot harus ke kantor polisi untuk membuat surat kehilangan. Males kan?
  • Di beberapa stasiun (seperti Tawang), loket untuk pembatalan buka 24 jam. Tapi kamu bisa cek terlebih dahulu melalui Customer Service.

Mudah kan?

Nah, itu dia cara batalin tiket kereta api seperti pengalaman saya. Mudah kan? Catat aja dulu langkah-langkahnya, jadi kamu nggak perlu bingung ketika sampai di stasiun.

Oiya, kalau kamu pengen tahu gimana caranya ngambil duit REFUND tiket yang gagal transfer, kamu bisa baca disini ya? 

No Responses

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: