Bikin Bratwurst Pretzel dari So Good Smoked Bratwurst

Hai! ketemu lagi di postingan soal masak-masak. Masih dalam rangkaian kreasi resep Ramadhan & Lebaran So Good. Kali ini aku mau bikin 1 kreasi yang bisa dibilang gampang, tapi emang butuh sedikit waktu. Tapi percaya deh, hasilnya worth it kok. Hehehe. Nama kreasinya adalah Bratwurst Pretzel.

History of Pretzel

Pretzel atau yang dalam bahasa Jerman disebut Brezel, adalah salah satu produk panggang yang dibuat dari adonan roti yang biasanya dibentuk menjadi bentuk jalinan tali. Pretzel mulai terkenal di Eropa pada abad pertengahan di kalangan para biarawan. Pretzel dikenal dari bentuknya yang khas, tapi di abad moderen Pretzel bentuknya jadi lebih beragam.

Pada saat itu adonan Pretzel sangat sederhana, yaitu hanya menggunakan tepung dan air karena pada masa itu umat Nasrani dilarang makan telur dan berbagai produk olahan susu  menjelang perayaan Paskah. Sedangkan bentuk Pretzel yang khas konon kabarnya terinspirasi dari bentuk tangan umat Nasrani saat sedang berdoa. Selain itu ada juga yang mengatakan kalau bentuk tersebut merupakan perwakilan dari Trinitas Suci di kalangan umat Nasrani. Tapi seperti yang aku bilang kalau saat ini Pretzel bisa dibuat dalam bentuk apa saja, termasuk yang bakal aku buat ini.

Inspiration came from

Inspirasi membuat Bratwurst Pretzel ini datang ketika aku melihat sebuah postingan dari Tazty Food di Instagram. Kayaknya kok gampang banget ya bikin Pretzel? Bahannya pun nggak ribet dan mudah di dapat. Lalu kupraktikkan dengan menggunakan Smoked Bratwurst dari So Good.

Kalau di resep hanya menggunakan sosis biasa, aku memilih Smoked Bratwurst karena citarasanya yang khas yaitu ada aroma panggang yang cukup tajam namun sedap. Aroma So Good Smoked Bratwurst ini mengingatkanku pada ikan Pe panggang yang biasanya aku jumpai di pasar ikan dekat rumah. Kalau membuat roti isi sosis orisinil sudah biasa, aku membuatnya jadi agak nggak biasa dengan sosis asap.

Satu lagi, kamu nggak perlu mengupas kulit pembungkus Smoked Bratwurst dari So Good ini karena bukan terbuat dari plastik dan aman buat dimakan kok.

Bratwurst Pretzel

The Ingredients

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Pretzel sangat mudah. Meskipun di video Tazty Food disebutkan menggunakan adonan pizza, tapi aku sendiri membuatnya tanpa telur atau susu. Hanya menggunakan bahan seperti berikut :

  • 200 tepung terigu protein tinggi
  • 2 sdt ragi instan
  • 50 gram gula pasir kastor
  • sejumput garam
  • 200 ml air atau hingga adonan kalis
  • 1 sdm mentega
  • 1 kuning telur untuk olesan
  • keju cheddar parut & daun seledri cincang secukupnya untuk taburan

How to make : Step 1

Seperti yang aku bilang bahwa membuat resep yang satu ini cukup mudah, hanya saja butuh sedikit waktu persiapan terutama di bagian proofing dan pemanggangan. Tapi sekali lagi hasilnya cukup layak untuk disajikan bagi keluarga dan teman. Trust me. *wink wink*

Caranya adalah :

  • Campur tepung terigu, gula dan ragi hingga rata
  • Lalu tambahkan sejumput garam

Kenapa garam masuk belakangan? karena ragi bersahabat dengan gula, biarkan mereka menjalin kerjasama dulu demi pengembangan adonan yang sukses di masa depan. Hehehe. Sementara biarkan garam jadi the outsider dulu lah.

  • Kalau semua sudah tercampur, tambahkan air dan uleni adonan sampai kalis
  • Tambahkan mentega di akhir lalu uleni lagi
  • Letakkan dalam wadah yang ditutupi kain yang bersih dan lembab
  • Tunggu hingga mengembang kurang lebih 1 jam

How To Make : Step 2

  • Kalau adonan sudah mengembang 2 kali lipat dari ukuran semula, kempiskan adonan dan timbang kurang lebih 50-60 gram
  • Kemudian bentuk adonan menjadi panjang seperti tali di atas talenan
  • Lilitkan di atas So Good Smoked Bratwurst hingga tertutup, letakkan di atas loyang yang sudah ditaburi tepung terigu tipis-tipis
  • Tutup loyang yang berisi adonan dengan cling wrapped atau lap bersih yang sudah dibasahi, lalu proofing lagi selama 30 menit
  • Olesi masing-masing Pretzel dengan kuning telur, lalu taburi dengan keju cheddar & seledri
  • Panggang dalam oven selama kurang lebih 30 – 40 menit

Karena aku nggak punya oven gas yang lengkap dengan pengatur suhu dan hanya punya oven tangkring, aku perkirakan panasnya dengan menggunakan api sedang.

Jangan lupa untuk menyiapkan oven terlebih dulu ya. Adonan tahap 2 jangan langsung masuk oven yang baru ditaruh di atas api, karena adonan nggak akan mengembang. Jadi pastikan oven sudah dikondisikan kurang lebih 15 sebelum proses pemanggangan dilakukan.

baca juga : 3 olahan resep So Good Ayam Potong

The Result

Alhamdulillah hasilnya mengembang sempurna mengingat tekstur Pretzel memang tidak seempuk roti, aku anggap resep kali ini berhasil. Keep in mind, aku nggak menggunakan telur dan susu dalam adonan ini, sehingga tekstur Pretzel memang tidak selembut roti atau bahkan donat. Tapi tetap empuk kok.

Bratwurst Pretzel
So Good Smoked Bratwurst Pretzel

Sayang banget ya aku nggak punya foto step by step nya karena emang aku bikin ini malam hari dan nggak sempet motret proses pembuatan adonan sampai pemanggangannya. Hanya hasil jadinya saja dan itupun dengan cahaya seadanya. 😀

Tertarik nyoba bikin ini nggak?

Oh iya, kamu nggak harus pake Smoked Bratwurst kok. So Good punya banyak varian sosis siap masak yang bisa diolah menjadi banyak jenis masakan. Jadi pilihannya tergantung kamu. Yang pasti kamu masih punya kesempatan buat ikutan lomba kreasi resep yang diadain sama So Good dan Blogger Perempuan Network. Deadline-nya sampai tanggal 23 Juli ini dan hadiahnya menarik banget. Ada kamera mirrorless dan banyak gadget keren. Siapa tahu kamu beruntung jadi pemenangnya. Juri yang akan memilih resepmu adalah Chef Ari Galih lho, jadi tunggu apa lagi? Tunjukin kreasi resep So Good kamu sekarang juga!

#BPNXSoGood #RamadhanSoGoodSiapMasak

Author: nunoorange

Radio announcer. Average in everything.

5 Replies to “Bikin Bratwurst Pretzel dari So Good Smoked Bratwurst”

  1. Belum pernah bikin beginian karena belum punya oven huhuhu *nabung receh demi receh *halah
    Tapi, asli ini kalo baca step by step, mudah! Kucatat resep ini. Malam2 bw jd lapar deh 🙁

    1. Eh…ini pake oven tangkring lho..hahaha…buka oven yg harganya jutaan itu. Cuma 250 rebu kok harganya. Ayo coba bikin 😀 Terima kasih sudah mampir baca. Next aku kunjungi balik blognya ya Mbak.

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

%d bloggers like this: