Foods

#BlogerIcip [part 1] : Rinjani View, Resto Nyaman Dengan Bonus Pemandangan

Sudah … sudah, kita sudahi kontroversi postingan saya yang sebelumnya. Mari kita buka lembaran baru. Halah! Kali ini saya mau cerita-cerita nih soal Tur Ke 3 Restoran Di Semarang. Masih bareng sama temen-temen dari Gandjel Rel dan bloger Semarang, saya berkesempatan untuk bersilaturahmi [halah bahasanya!] dengan makanan-makanan yang dihidangkan di restoran tersebut.

Resto pertama yang kami datangi adalah sebuah restoran yang sedikit saya singgung di postingan sebelumnya tentang Hotel Candi View. [baca postingannya di sini]. Restoran Rinjani View namanya. Resto ini adalah bagian yang tak terpisahkan dari Hotel Candi View yang dulu bernama Hotel Rinjani View. Karena bersebelahan dengan hotel yang bernama hampir mirip, akhirnya manajemen meubah nama supaya tidak menyebabkan kebingungan. Meski begitu nama yang lama masih dipakai untuk restonya.

Tapi nama Rinjani View sendiri sudah sangat melegenda. Bisa dibilang resto yang bergaya semi pub ini memang sangat terkenal di jamannya hingga saat ini. Mengandalkan suasana temaram malam kota Semarang bagian bawah, resto ini siap memanjakan pengunjungnya yang ingin menikmati hidangan atau hanya sekedar santai ngopi bareng teman.

Berlokasi di lantai 1 , Rinjani View dilengkapi dengan bar di sudut utamanya. Pada malam-malam tertentu [Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu], sering diadakan pertunjukan live music untuk menghibur para tamu. Saya bisa bilang kalau resto ini masih mempertahankan old school style-nya dengan melihat dari furniture yang ada di dalamnya. Penuh dengan sofa yang cukup nyaman untuk duduk-duduk sambil ngobrolin bisnis atau hanya sekedar bergosip seru.

Rinjani View

Suasana resto yang homy banget emang bikin betah berlama-lama. Apalagi kalau duduk-duduk di sofa bagian luar. Kalau siang hawanya adem semilir, kalau malam jadi syahdu ngelihat Semarang bawah yang diterangi oleh banyak lampu.

Siang itu saya dan teman-teman berkesempatan mencicipi menu-menu andalan yang disajikan di restoran Rinjani View. Beberapa hasil racikan dari Chef Huda Zaman dihidangkan kepada kami. Varian makanannya cukup banyak. Mari kita intip satu persatu.

Udang Lempit

Rinjani View

Hidangan pertama yang kami coba adalah Udang Lempit. Sajian yang lebih ke jenis makanan pembuka ini terbuat dari roti tawar yang dipugas dengan adonan udang giling, lalu digoreng. Tekstur roti tawar yang renyah tapi tetap lembut, pas banget dengan udang yang manis dan gurih. Saya suka sama “kudapan” yang satu ini. Sayangnya menurut keterangan dari bagian resto, saat ini udang lempit masih belum masuk ke dalam menu reguler yang bisa dipesan di resto. Menu ini termasuk dalam hidangan paketan untuk buffet. Tapi jangan kawatir, dalam waktu dekat kamu bisa memesan menu Udang Lempit di Rinjani View.

By the way untuk yang alergi seafood, disarankan untuk memperhatikan kudapan yang satu ini ya?

Chicken Kungpao

Rinjani View

Menu yang satu ini juga termasuk menu buffet untuk acara-acara khusus yang diadakan di Restoran Rinjani View. Ayam yang dimasak dengan bumbu oriental kung pao dengan citarasa manis asem dengan aroma tauco. Ada bawang Bombay, paprika, dan yang paling khas dari menu kung pao adalah bahan lainnya yaitu kacang mete. Tekstur ayam yang empuk, berpadu dengan renyahnya kacang, lengkap! Ada manis, ada asem, ada gurih, pokoknya pas dinikmati dengan sepiring nasi putih yang panasnya ngebul.

Meatball with Potatoes and Tomato Sauce

Rinjani View

Menu lainnya yang menarik perhatian adalah Bola Bola daging yang biasa disebut bakso. Bakso yang ini bukan bakso yang sering kita temui di pinggir-pinggir jalan. Bakso yang ini dibuat dari daging sapi giling yang dibumbui dengan rosemary dan oregano. Ya…kayak swedish meatballs gitu deh ya. Yang menarik adalah adonan daging sapinya ini juga diuleni dengan keju. Jadi ketika digigit, kamu akan menemukan citarasa susu dalam bola-bola dagingnya. Disajikan dengan saus tomat buatan sendiri, dan salad sayur juga kentang sebagai pendampingnya, Bola Daging ala Rinjani View ini bisa kamu tebus dengan harga 37 ribu rupiah. Murah banget kan? Harga tadi belum termasuk pajak dan servis 15%.

Creamy Broccoli with Grated Cheese

Rinjani View

Saya suka brokoli. Saya suka saus krim. Dan saya juga suka keju. Jadi mau bilang apa lagi? Ini adalah menu yang paling saya suka. Brokoli yang disajikan dengan saus krim dan parutan keju ini gurih-gurih manis! Tekstur brokolinya masih renyah setelah diolah, dengan saus krim yang gurih banget! Belum lagi parutan kejunya yang bikin hidangan ini luar biasa ngeju abis! Can’t get enough of this lah pokoknya. Harga seporsi Brokoli Saus Krim keju ini cukup murah, yaitu 25 ribu rupiah, belum termasuk pajak dan servis 15%. Gimana? Tertarik nggak?

Iga Bakar Madu

Rinjani View

Yang terbayang ketika mendengar nama ini adalah sebuah iga sapi yang gwede, dibumbui dengan baik, lalu dibakar dengan olesan saus madu. The meat on the ribs is so tender, with the taste of charcoal, and the honey sauce? Oh it’s HEAVEN! Tangan yang belepotan saat makan iga bakar adalah cerminan dari kenikmatan yang tiada 2 nya. Gurih, manis, dengan sedikit citarasa gosong, Iga bakar madu ini bisa dibayar dengan harga 82.500 ribu rupiah. Tentu saja masih belum termasuk pajak dan servis 15%.

Dari tadi makanan melulu yang diomongin? Lalu gimana dengan minumannya?

Tenang, Rinjani View menyediakan banyak minuman. Dari mulai air putih sama wine ada di sini. Tapi yang siang itu disajikan adalah 3 macam jus buah.

Rinjani View Juice

Rinjani View

Minuman ini adalah salah satu signaturenya Rinjani View. Jus buah segar yang terbuat dari Sirsak dan terong belanda. Udah kebayang gimana rasanya? Manis asem udah pasti jadi citarasa jus yang satu ini. Sirsak mengandung banyak vitamin C. Buah yang satu ini kaya akan antioksidan. Sirsak dipercaya mampu menangkal dan mengobati kanker, selain banyak manfaat lainnya tentu saja. Sementara Terong Belanda atau Tamarillo juga banyak manfaatnya. Sebagai buah yang kaya antioksidan tamarillo juga baik untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menyegarkan badan. Jus ini bisa ditebus dengan 35 ribu rupiah saja.

Green Juice Rinjani

Rinjani View

Kalau kamu termasuk suka jus yang terbuat dari sayuran, minuman yang satu ini bisa jadi pilihan. Terbuat dari brokoli, sawi hijau, seledri, dan perasan jeruk nipis, Green Juice Rinjani tidak hanya menyegarkan, tapi juga bisa memberikan manfaat sayur dan buah untuk tubuh kamu. Jus ini bisa dibuat tanpa menggunakan gula lho, just in case kamu enggak suka manis dan prefer ke taste asli dari jus sari buah dan sayur. Harga Green Juice Rinjani ini adalah 25 ribu rupiah.

Body Cleanser Juice

Rinjani View

Saat kamu banyak makan dan kadang ngerasa agak kurang nyaman di pencernaan, Body Cleanser Juice ini boleh kamu jadikan pilihan untuk minuman yang lebih sehat. Terbuat dari buah Semangka dan Nanas yang pastinya sudah sangat dikenal sebagai buah yang ramah pencernaan karena mengandung banyak air dan serat, Body Cleanser Juice akan membantu kamu menghilangkan rasa bersalah setelah makan iga bakar atau Meatball with Tomato Sauce. Hahaha.

Yak! Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang menjadi hidangan makan siang kami. Untuk detail menu-menu lainnya, kamu bisa hubungi nomer telepon 024-8508541/42/43.

Buka setiap hari mulai pukul 7 pagi [melayani sarapan untuk tamu Candi View] hingga last order jam 11 malam. Restoran ini menyediakan electrical socket apabila kamu ingin makan dan minum sambil kerja dengan laptop. Tersedia jaringan WiFi untuk kamu yang pengen berselancar di dunia maya. Tapi pastikan kamu memiliki UC browser di laptop atau di HP kamu ya untuk koneksi yang lebih mudah. Untuk kamu yang muslim, Rinjani View menyediakan musholla yang cukup representatif di bagian basement.

Menerima pembayaran dengan cash dan kartu debit/kredit. So, gimana? Tertarik buat nyoba nongkrong di Rinjani View sambil menikmati hidangan-hidangan ala mereka? Silakan datang ke Jalan Rinjani no 12 Semarang.

Oke! Selesai icip di Rinjani View, kami pun melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya. Kemana ya kira-kira? Tunggu postingan berikutnya ya?

Radio announcer. Average in everything.

12 Comments

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: