Foods

Beda Es Krim Dan Gelato

Gara-gara semalam nongkrong di sebuah outlet gelato, saya jadi kepikiran pengin nulis beda es krim dan gelato. Tapi saya tambahin juga nulis tentang apa itu sorbet dan frozen yoghurt alias froyo ya.

Keempat saudara dekat ini memang hampir mirip. Serupa tapi tak sama. Yang pertama saya mau bahas dulu tentang beda es krim dan gelato ya. Keduanya bisa dibedakan dari bahan dasar pembuatan dan penyajiannya.

Beda Es Krim dan Gelato

Es krim dibuat dari campuran 4 bahan dasar utama yaitu krim, susu, gula dan kuning telur. Es krim dengan French Style diklaim lebih “kaya rasa” dibanding yang American Style karena penggunaan kuning telur tadi. Tapi belakangan banyak es krim American Style yang mulai menggunakan kuning telur.Tekstur eskrim lebih “empuk dan berongga” karena adonan es krim dikocok dengan kecepatan tinggi sehingga udara terbentuk. Penyimpanan dan penyajiannya juga harus dingin. Tujuannya untuk mempertahankan teksturnya yang lembut, ringan, dan creamy.

beda es krim dan gelato

Oh iya, perbandingan krim dalam es krim lebih banyak dibandingkan susu ya.

Sementara gelato – yang sebenarnya juga berarti es krim dalam Bahasa Italia justru sebaliknya. Kandungan susunya lebih banyak daripada krim. Gelato menggunakan sedikit kuning telur atau tidak sama sekali.

Pengolahan adonan dasarnya pun ga sama. Adonan dikocok dalam kecepatan rendah sehingga udara yang terbentuk lebih sedikit dibanding es krim. Itulah kenapa tekstur gelato lebih padat. Penyimpanan dan penyajiannya pun dalam suhu yang lebih hangat untuk menjaga tekstur tetap lembut.

gelato Matteo – foto koleksi pribadi

Suhu Penyimpanan dan Penyajian

Suhu yang diperlukan untuk menjaga kualitas dan tekstur keduanya berbeda. Es krim harus disimpan dalam suhu dingin minimal kurang lebih -12 derajat celcius. Karena jika tidak es krim akan mencair dan kehilangan bentuknya. Sementara gelato justru harus disimpan dalam suhu yang lebih hangat yaitu kurang lebih -3 derajat celcius. Tujuannya supaya gelato tetap elastis dan tidak terlalu keras.

Soal rasa, es krim lebih kuat citarasa krimnya dibandingkan dengan bahan perasa utamanya. Sementara gelato karena kandungan lemak krim yang lebih sedikit, citarasa utamanya lah yang dominan dan lebih kuat. Misalnya gelato cokelat, ya rasa cokelatnya yang terasa banget.

Sorbet dan Frozen Yoghurt

Oke, dari bahasan mengenai beda es krim dan gelato kita berpindah ke saudara dekat mereka juga. Sorbet dan Frozen Yoghurt.

Sorbet adalah salah satu jenis makanan penutup yang bahan utamanya hanya buah dan gula. Buah yang sudah dihaluskan dicampur dengan gula dan diolah dengan menggunakan metode tertentu (bisa menggunakan mesin pembuat es krim atau dengan cara manual). Sorbet ini tidak mengandung lemak susu atau krim sama sekali sehingga rasanya lebih ringan.

Sorbet sering disajikan oleh resto fine dining yang menyajikan makan utama lebih dari 1 macam sebagai pembersih palate karena rasanya yang segar dan ringan. Tujuannya supaya penikmat sajian tidak merasakan citarasa yang bercampuraduk antara 1 makanan utama dengan yang lain.

mango sorbet DeMeat Steak – foto koleksi pribadi

Saudara kembar dari sorbet adalah sherbet. Tapi sherbet memiliki sedikit kandungan susu di dalamnya. Bahan utamanya tetap buah dan gula.

Nah kalau frozen yoghurt dibuat dengan cara dan bahan seperti es krim. Hanya saja susu dan krimnya diganti dengan yoghurt. Untuk teksturnya lebih mendekati es krim dibanding gelato.

Lebih Sehat Mana Antara Es krim, Gelato, Sorbet, dan Froyo?

Ada yang suka es krim ada yang suka gelato. Begitu juga mereka yang memilih sorbet maupun frozen yoghurt karena bermacam alasan. Kira-kira kalau dibandingkan, mana yang lebih baik?

Mungkin jawabannya tidak ada pakem yang menyebutkan bahwa yang satu lebih baik dari lainnya. Karena kembali ke masing-masing metode dan takaran bahan yang digunakan. Kalau merujuk dari berbagai sumber, penjelasan berikut ini mungkin bisa memberikan gambaran perbandingan antara keempatnya.

  • Kandungan lemak krim dalam gelato lebih sedikit dibanding es krim yang paling tidak harus mengandung minimal 10% lemak (bahkan merek premium menggunakan sekitar 14-17% lemak), sedangkan gelato antara 5-7%. Dan secara umum gelato menggunakan lebih sedikit kuning telur atau tidak sama sekali
  • Kandungan gula dalam gelato dikatakan lebih banyak dibanding es krim. Dalam ½ cup es krim rasa stroberi mengandung 20 gram gula sedangkan gelato sebesar 26 gram. Namun begitu dibanding keduanya, Sorbet produksi pabrik menggunakan lebih banyak gula untuk mengimbangi rasa buah dan menciptakan taste yang tidak didapat dari krim atau susu
  • Kalori antara es krim dan gelato berbeda. Gelato mengandung lebih sedikit dibanding es krim. Untuk lemak, es krim lebih banyak karena kandungan krim yang lebih dominan di dalamnya
  • Yoghurt mengandung bakteri baik yang bagus untuk kesehatan pencernaan, namun masalahnya tidak semua bakteri ini bertahan hidup dalam suhu yang terlalu dingin.

Jadi kesimpulannya, mana nih yang lebih sehat?

Soal mana yang lebih sehat memang tergantung dari sudut pandang masing-masing. Panduan dari nutrisionis berikut mungkin bisa jadi pegangan dalam memilih mana yang cocok dengan dirimu.

  • Kalau kamu punya masalah dengan inteleransi laktosa, sebaiknya hindari gelato karena mengandung susu yang lebih banyak dibanding es krim, sorbet, atau Froyo
  • Kalaupun ingin mencoba gelato, bisa pilih jenis-jenis tertentu yang tidak mengandung banyak susu. Gelato dengan citarasa buah mungkin bisa jadi pilihan
  • Bakteri baik yang diharapkan bisa didapat manfaatnya jika kita mengonsumsi froyo mungkin perlu dipikirkan kembali. Karena alasan beberapa jenis bakteri baik justru malah mati saat proses pembekuan, sebaiknya pilih jenis yoghurt yang regular (tidak dibekukan)
  • Sorbet buatan rumah mungkin lebih baik daripada buatan pabrik karena kita sendiri yang mengontrol kualitas dan takaran bahan seperti gula. Dan membuat sorbet di rumah ternyata gampang lho!
  • Perhatikan kandungan gula dalam jenis makanan-makanan tersebut di atas. Kalau ada produk yang “kurang gula” mungkin bisa jadi pilihan. Karena ternyata ahli nutrisi mengatakan gula tidak lebih baik dari lemak. Hehehe.
  • Pilih yang homemade dibandingkan yang produksi pabrik dengan alasan buatan rumah atau artisan biasanya tidak menggunakan bahan tambahan kimia, baik pewarna mau perasa.

Dan yang perlu diingat adalah tentang porsi makan. Para ahli menyarankan untuk tetap memerhatikan jumlah asupan keduanya karena bagaimanapun kandungan dalam kedua makanan penutup ini bisa jadi kurang oke untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Nah, sekarang udah tahu kan apa beda es krim dan gelato, plus sorbet dan froyo. Dari keempat jenis makanan penutup di atas, kamu, lebih suka mana? Es krim? Gelato? Sorbet? Atau Froyo? Komen ya.

Sumber :

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: