Blog Competition,  Personal

BALADA ANAK KOS YANG TIDUR TANPA KASUR

Sudah hampir 6 bulan ini saya memutuskan untuk mengeluarkan kasur dari kamar kos. Alasannya karena di kamar panas dan saya lebih memilih untuk tidur di lantai beralaskan tikar plastik dan bed cover.

Tapi yang tidak saya sampaikan ke ibu kos adalah karena pegas kasurnya sudah tidak representatif. Jadi, tiap kali bangun tidur badan terasa sakit terutama di bagian punggung. Hehehe.

Kepikiran mau beli kasur busa keras sendiri sih, tapi kok masih maju mundur karena ada rencana pengin pindah kos. Jadi yaaaa, sementara masih tidur di lantai saja dulu.

MANFAAT DAN BAHAYA TIDUR DENGAN ALAS KERAS

Eh, tapi selama saya tidur di kos tanpa kasur ternyata enggak terlalu buruk lho? Sejauh ini saya baik-baik saja. Keluhan punggung sakit sudah nggak terlalu kerasa dibanding ketika menggunakan kasur yang pegasnya sudah mulai rusak itu.

Mungkin manfaat tidur di lantai atau alas keras memang ada benarnya. Seperti yang saya baca di beberapa artikel, ada beberapa manfaat dari tidur di . Di antaranya :

  1. Memperbaiki postur tubuh
  2. Mengatasi insomnia
  3. Mengurangi panas

Meski begitu, tetap saja ada artikel lain yang menyebut kalau tidur di lantai juga punya dampak buruk, seperti misalnya :

  1. Bikin flu makin parah
  2. Iritasi kulit
  3. Memicu asam lambung
  4. Berpotensi menyebabkan Bell’s Palsy
  5. Masuk Angin

Beberapa bahaya yang di atas tadi biasanya berhubungan sama udara dingin sih. Itulah kenapa perlu dilakukan modifikasi supaya tidur di lantai nggak bikin kita malah sakit.

TERINSPIRASI DARI GAYA TIDUR ORANG JEPANG

Keputusan saya untuk tidur tanpa kasur sedikit banyak terinspirasi sama gaya tidur kebanyakan orang Jepang sih. Setidaknya itu yang saya lihat di tayangan-tayangan TV.

Mereka menggunakan TATAMI atau tikar Jepang sebagai alas tidurnya.

Sadar tidak ingin mengalami dampak buruk dari tidur di lantai, ada beberapa hal yang saya lakukan seperti :

  1. Tidak menggunakan kipas angin terlalu sering dan membiarkan udara yang melewati lubang angin dan pintu mendinginkan ruangan
  2. Memakai baju yang menyerap keringat dan tetap sejuk selama tidur
  3. Memberikan lapisan yang cukup tebal sebagai alas tidur. Selain tikar plastik, saya juga menggunakan bed cover tebal yang saya lipat menjadi 2 sehingga bisa mengurangi hawa dingin dari lantai.
  4. Menggunakan bantal yang nyaman sehingga kualitas tidur tidak berkurang

TIDUR DI TEMPAT KERJA

Kebiasaan tidur di lantai saat di kos cukup membantu saya saat harus nginep di studio saat kebagian tugas malam. Seringnya mau nggak mau saya memilih untuk tidur di kantor daripada pulang setelah siaran sampai jam 1 dinihari.

Di kantor pun saya tidur dengan cara yang sama. Karena di sini tidak ada kamar khusus yang disediakan sebagai mess, maka saya menggunakan ruangan yang bisa dipakai untuk ngumpul sebagai ruang tidur.

Caranya juga kurang lebih sama. Ada tikar yang cukup tebal, lalu bed cover yang dilipat jadi 2, dan juga bantal.

Cuma masalahnya, kalau tidur di kantor begini saya nggak bisa cuma pake boxer dan kaos kutung aja. Hehehe. Apalagi di ruangan ini biasanya ACnya nyala semalam suntuk.

AIR HANGAT DAN SARI JAHE

Salah satu “senjata” saya menghadapi situasi semacam ini adalah banyak minum air putih hangat. Tidur di lantai apalagi dengan keadaan AC menyala, biasanya bikin perut agak kurang nyaman.

Air putih hangat cukup membantu menjaga kondisi tubuh. Kadang-kadang kalau ada waktu, saya bikin sari jahe sendiri dengan cara merebus air hangat dan jahe merah yang dikupas dan dibersihkan.

Buat saya, minuman sari jahe seperti ini memberikan cukup banyak manfaat. Seperti misalnya :

  1. Menghangatkan tubuh
  2. Menyamankan perut
  3. Mencegah dan menyembuhkan masuk angin

Selain itu, air rebusan jahe juga bermanfaat membakar kalori lho. Itulah kenapa, minum rebusan jahe secara rutin dipercaya mampu melangsingkan tubuh karena membantu tubuh membakar kalori lebih banyak. Nah, saya juga sekaligus mencari manfaat ini dari minum air jahe sih.

HERBADRINK SARI JAHE, SOLUSI PRAKTIS MENJAGA KONDISI TUBUH

Kalau ditanya lebih suka minum air putih hangat atau rebusan jahe, saya sih lebih milih opsi yang kedua ya? Lebih mantap!

Tapi kadang suka ngerasa nggak ada waktu buat menyiapkan macam-macam kebutuhan untuk bikin minuman sari jahe. Dan mengupas jahe jadi salah satu hal ribet yang bikin saya jadi lebih sering minum air putih hangat.

Cumaaaan, sejak kenal sama HERBADRINK SARI JAHE saya ngerasa udah nggak perlu ribet lagi sih. Sebungkus HERBADRINK SARI JAHE sudah cukup untuk menghangatkan perut terutama di malam hari.

Rasa jahe aslinya kerasa mantap banget. Takarannya gulanya pun menurut saya pas. Buat yang kurang suka makanan dan minuman manis, sebungkus HERBADRINK SARI JAHE ini sudah cukup untuk bikin segelas minuman jahe hangat.

  • herbadrink sari jahe
  • herbadrink sari jahe
  • herbadrink sari jahe

Jadi, menjaga kondisi tubuh terutama mencegah masuk angin, ternyata bisa segampang itu. Dan tidur di lantai pun nggak jadi masalah.

Nah, kalau kamu sendiri, apa sih resep ampuh untuk mencegah masuk angin dan menjaga kondisi badan terutama saat dingin? Share ke aku yuk! Komen di bawah yaaa.

Radio announcer. Average in everything.

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: