Cari Duit Lewat Ngeblog
Event

Membuat Konten Blog Yang Menarik

Duh maaf ya, kalau postingan soal Fun Blogging ini baru ditulis jauh-jauh hari setelah event. Hehehe. Maklum lah, lagi agak (sok) sibuk. #eh Untungnya nggak ada deadline. Makanya mumpung lagi selo kali ini saya mau merangkum kelas Fun Blogging tempo hari. Dan untuk bahasannya adalah tentang membuat konten blog yang menarik.

By the way acara Fun Blogging ini diadakan oleh komunitas bloggers dengan nama yang sama. Komunitas dan kegiatan digagas oleh Mbak Haya Aliya Zaki, Mbak Shintaries, dan Mbak Ani Berta. Ini adalah sesi pelatihan singkat yang berisi sharing pengalaman dan bagi-bagi rahasia tentang bagaimana menjadi blogger yang sukses. Sukses di sini bukan selalu berhubungan dengan materi saja ya, tapi bagaimana seseorang bisa membuat blognya menjadi sebuah media online yang bisa berguna untuk orang lain.

Membuat Konten Blog Yang Menarik

Di postingan kali ini saya mau berbagi materi yang disampaikan oleh Mbak Haya. Jadi, untuk menjadi blogger yang bisa memberikan “sesuatu” pada pembacanya, kita harus berusaha untuk menulis content yang menarik dan informatif.

Selama ini saya berpendapat kalau aktivitas ngeblog seharusnya santai dan tidak memberikan beban apa-apa. Blog buat saya masih menjadi media curhat yang lebih menyenangkan dibanding media sosial yang lain. Tetapi lama-lama, kalau saya pikir, semua curhatan ini kok self center ya? 😀 Enggak salah sih sebenarnya, karena bagaimanapun ngeblog itu juga soal pilihan. Mau diisi soal apa keputusan selalu ada di tangan kita.

Tapi akan lebih baik jika isi blog kita juga bisa memberikan informasi kepada orang lain. Meskipun konteksnya curhat, tapi ada added value yang bisa berguna bagi mereka yang membacanya. Emang bisa? Bisa kok. Malah nantinya kita bisa merasakan keuntungan dari serius ngurusin konten yang ada di blog kita. Keuntungannya bisa bermacam-macam, dari mulai diundang untuk ikut banyak kegiatan sampai menerima pekerjaan berbayar dari banyak pihak. Itulah kenapa kita bisa menyebut blogging ini sebagai kegiatan yang menghasilkan.

Memangnya boleh ya mencari penghasilan dari blog? Kalau kamu mengajukan pertanyaan ini pada Mbak Haya, pasti beliau akan menjawab : BOLEH BANGET! Tapi pasti ada syarat dan ketentuan berlakunya ya? Sama seperti ketika kita mencari kerja, kita harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya supaya kita termasuk dalam kategori qualified alias sesuai dengan kriteria yang dicari oleh perusahaan.

Begitu juga dalam dunia blogging, kita harus menyiapkan blog kita untuk dijadikan sebagai media penambah penghasilan. Lalu bagaimana caranya? Salah satunya adalah melalui pengaturan konten di dalamnya.

Membuat Konten Blog Yang Menarik Membuat Konten Blog Yang Menarik

Membuat Konten Blog Yang Menarik

Mengatur konten di sini bukan berarti hanya sekedar memilih-milih jenis postingan yang akan dipublikasikan, tapi juga berusaha supaya tulisan enak dibaca dan memberikan impact yang baik pada si pembaca. Oleh karena itu kita perlu mengasah kemampuan untuk membuat tulisan yang bertenaga. Lah? Apa lagi ini?

Nah, berikut ini adalah tips dari Mbak Haya tentang bagaimana membuat tulisan yang bertenaga di blog kita.

  1. Jujur

Buat tulisan yang jujur dan tidak dibuat-buat. Berceritalah apa adanya tanpa berlebihan. Jujur di sini juga berhubungan dengan jenis postingan. Contoh : Kalau kita bukan seorang pecinta kucing, misalnya, sebaiknya kita tidak udah membahas tentang makanan kucing atau menulis tentang tips merawat kucing. Sebaiknya hindari untuk membuat postingan yang “enggak kita banget”.

  1. Temukan Ide Unik

Mbak Haya mendorong peserta Fun Blogging untuk selalu mencari ide-ide unik tentang suatu hal. Jika kita hendak membuat review sebuah produk, ada baiknya kita menuliskannya dari sudut pandang yang berbeda sehingga ada keunikan dari tulisan kita.

  1. Riset

Nggak ada salahnya lho kita meluangkan waktu untuk melakukan riset. Apalagi kalau kita hendak memasukkan opini kita tentang sesuatu. Tujuannya supaya tulisan kita juga punya dasar yang kuat sehingga tidak terkesan asal.

  1. Ingat pesan kunci

Ketika kita menerima job review dari produsen, sebaiknya kita memerhatikan pesan kunci yang diminta oleh mereka. Pelajari dengan baik brief yang diberikan oleh agensi. Karena biasanya di sana ada rules tertentu, termasuk mengenai pesan kunci yang ingin disampaikan oleh pihak produsen.

Beberapa hal lainnya seperti hindari kalimat klise, gunakan kalimat aktif, gunakan kalimat pendek dan sederhana. Selain itu jangan lupa juga untuk mencintai EYD, memperhatikan logika, memperkaya diksi, melatih panca indera, dan lakukan swa sunting (self editing) sebelum memposting tulisan.

Mencintai EYD

Nah, ngomong-ngomong soal EYD, saya dulu tidak begitu memerhatikan pentingnya hal ini. Ya emang sih, kadang-kadang EYD bikin kalimat jadi agak kaku. Tapi bukan berarti kemudian nggak dipakai sama sekali kan? Beberapa contoh EYD yang harus diperhatikan dalam membuat tulisan di blog adalah :

  1. Tanda baca

Kenapa tanda baca penting? Karena tanda baca seperti titik, koma, tanda seru, atau tanda tanya, bisa memberikan arti ekspresi yang berbeda. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini dan silakan disimpulkan sendiri ya?

Membuat Konten Blog Yang Menarik

Membuat Konten Blog Yang Menarik Membuat Konten Blog Yang Menarik Membuat Konten Blog Yang Menarik

  1. Elipsis

Apa itu elipsis? Elipsis ini adalah kalimat menggantung yang sering ditandai dengan “tanda titik yang banyak”. Mbak Haya menjelaskan, apabila tidak diperlukan untuk mengekspresikan kalimat menggantung, sebaiknya menghindari penggunaan elipsis karena memberikan kesan yang membingungkan. Contoh bisa dilihat pada gambar berikut.

Membuat Konten Blog Yang Menarik
Membuat Konten Blog Yang Menarik
  1. Penggunaan huruf kapital

Aturan penggunaan huruf kapital sudah sering dipelajari di sekolah. Tapi saya sendiri mengaku masih sering salah dalam penggunaannya. Mbak Haya memberikan contoh penggunaan huruf kapital dalam kalimat. Di antaranya pada penulisan judul, awal kata dari nama orang, awal kalimat, sebutan untuk kata ganti orang, jabatan, gelar, dan referensi . Contohnya bisa dilihat pada gambar berikut :

Membuat Konten Blog Yang Menarik

  1. Kata depan atau imbuhan

Nah, ini nih, yang sampai sekarang masih sering bikin bingung orang, termasuk saya. 😀 Padahal penggunaan “di” dan “ke” sebagai kata depan atau imbuhan ini sudah jadi pelajaran yang basic banget di Sekolah Dasar. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat gambar berikut :

membuat konten blog yang menarik

Membuat Konten Blog Yang Menarik
Membuat Konten Blog Yang Menarik

Gimana? Sudah cukup jelas kan? Nah, kalau sudah, berarti kamu sudah siap dong bikin tulisan yang bertenaga dan sesuai dengan EYD? Ya nggak harus saklek banget kok pake bahasa yang super duper resmi. Mau dibuat santai sesuai dengan gaya kita juga boleh. Yang penting nggak TYPO! Ya! Nggak TYPO!

Apa sih TYPO? Pasti udah banyak yang tahu dong ya? Gampangnya sih ini adalah kesalahan penulisan pada kata sehingga kadang-kadang memberikan arti yang berbeda. Bahkan pada beberapa kasus, typo ini termasuk cukup fatal lho? Masih ingat kasus cuitan seorang ustad yang menulis AMAL tapi jadinya ANAL? Emang nggak dibahas sampai segitunya sih, tapi ini contoh kasus yang memberikan peringatan kalo typo harus dihindari.

Itulah kenapa Mbak Haya menekankan tentang swa sunting sebagai salah satu langkah untuk menghasilkan tulisan yang bertenaga sekaligus menghindari typo. Kenapa seorang blogger tidak boleh melakukan typo? Karena jika kesalahan ini dianggap sebagai sesuatu yang biasa saja dan dimaklumi lagi dan lagi, maka blogger tersebut seperti sedang menyatakan diri sebagai blogger yang TIDAK SERIUS, CEROBOH, dan TIDAK PROFESIONAL.

Membuat Konten Blog Yang Menarik
Membuat Konten Blog Yang Menarik

Seperti halnya sebuah portofolio dalam dunia kerja, tulisan yang dibuat dengan serius adalah sebuah portofolio yang baik. Dan typo yang dibiarkan terus menerus terjadi akan mengurangi bobot dari tulisan tersebut. Dan bisa jadi pihak yang akan memberikan pekerjaan pada kita melalui job review akan mempertimbangkan lagi apakah kita termasuk blogger yang kompeten atau tidak melalui tulisan kita.

Hore! Sudah lengkap deh ilmunya! Mulai sekarang saya harus membuat tulisan yang bertenaga seperti kata Mbak Haya. Oh iya, kalau sudah mulai terima job review dari agensi, jangan lupa untuk menerapkan prinsip soft selling ya? Ini dia tips dari Mbak Haya tentang bagaimana menjual secara halus seperti yang sering diminta oleh pada agensi pemberi job review.

Membuat Konten Blog Yang Menarik

Membuat Konten Blog Yang Menarik

Demikian rangkuman dari sesi Fun Blogging yang disampaikan oleh Mbak Haya Aliya Zaki. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat ya? Di postingan selanjutnya ada rangkuman materi lain dari Mbak Shintaries dan Mbak Ani Berta.

Gambar diambil dari file pdf milik Mbak Haya Aliya Zaki yang dibagikan kepada peserta Fun Blogging 9 melalui email.

Radio announcer. Average in everything.

8 Comments

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: