Personal

Ayo ke Semarang dan Nyobain Soto Ayam Khas Semarang!

Namanya Soto Ayam Mbah Jo dan ini adalah menu sarapan saya dalam seminggu terakhir ini. Warung semi permanennya buka setiap pagi sampai siang. Selain lokasinya dekat dengan kantor, rasa sotonya cocok di lidah saya. | Soto Semarang

soto semarang

Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa soto ayam jadi menu sarapan? Tetangga saya di kampung juga begitu ketika saya ajak dia sarapan di sebuah warung soto. Maklum, di kampung saya soto hampir tidak pernah disajikan sebagai menu sarapan.

Tidak seperti di daerah asal saya yang biasa menikmati soto saat sore menjelang malam, di Semarang soto adalah salah satu jenis makanan yang tidak memandang waktu penyajian. Artinya bisa dinikmati kapan saja. Sebagai sarapan, makan siang, atau makan malam.

Tidak heran jika penjual Soto Ayam bejibun jumlahnya di sini yang buka mulai dari pagi sampai malam hari. Kebanyakan dari mereka menggunakan nama penjualnya sebagai merek dagang. Soto Pak Man, Soto Pak No, atau Soto Mbak Lien, misalnya.

5 Soto Ayam Favorit di Semarang

Dari sekian banyak warung soto yang tersebar di segala penjuru kota Semarang, saya akan menulis 5 warung soto ayam yang perlu kamu kunjungi jika ada waktu main ke Semarang.

Soto Bangkong

Soto yang satu ini sudah sangat terkenal di  kalangan pecinta kuliner, terutama Soto Ayam. Soto Bangkong adalah salah satu restoran soto yang cukup legendaris di Semarang. Saya sebut restoran karena tempat makannya yang lebih cocok disebut resto daripada warung.

Sama seperti soto ayam khas Semarang pada umumnya, kuah soto di sini bening kecokelatan dengan banyak taburan daun bawang dan bawang goreng. Disajikan bersama dengan sate ayam, sate kerang, tempe goreng dan perkedel. Yang unik menurut saya dibanding dengan soto yang lain, tempe goreng dan perkedelnya ditusuk menyerupai sate.

Seporsi soto ayam di Soto Bangkong dijual dengan harga 16 ribu rupiah.

Soto Pak Man

Soto Pak Man juga menjadi salah satu yang terkenal di Semarang. Cabangnya ada di beberapa area di Semarang, salah satunya di sekitaran jalan Kartini. Meskipun warung yang di jalan Kartini ini tidak terlalu besar tapi selalu ramai dikunjungi oleh penikmat soto ayam khas Semarang.

Soto Pak Wito

Menurut penuturan dari putri Pak Wito, warung soto ini sudah buka sejak tahun 80-an di sekitaran daerah pasar Dargo Semarang. Saat soto ayam Pak Wito bisa dikunjungi di sekitaran jalan Mataram Semarang, tepatnya di seberang sekolah Sedes Sapienteae.

Yang menarik dari soto Pak Wito ini adalah lauknya yang super lengkap. Tidak hanya menyediakan sate ayam atau sate kerang saja, tapi juga sate bakso, sate rempelo ati, dan berbagai macam gorengan. Jadi jangan heran jika pengunjung agak โ€œkalapโ€ makan disini.

Pak Wito menyediakan 2 porsi soto. Porsi regular dengan mangkok khas soto dan porsi jumbo yang menggunakan mangkok ayam jago. Harga soto regular adalah 10 ribu dan porsi jumbo 12 ribu rupiah. Warung soto ini buka mulai pagi hingga menjelang malam.

Soto Bokoran

Letak warung soto Bokoran ada di sekitar jalan Plampitan Semarang. Buka setiap pagi sampai siang, warung soto ini selalu dipadati pengunjung. Jadi kalau kamu mau makan di sini kamu harus ekstra sabar untuk menunggu kursi kosong.

Salah satu yang khas dari soto ini adalah kuah pindang hitam manis yang ditambahkan ke dalam soto. Sifatnya opsional sih. Kalau suka bisa ditambahkan, kalau tidak ya tidak jadi masalah.

Soto Kudus Mbak Lien

Yang satu ini berbeda dengan 4 soto di atas. Dari namanya sudah ketahuan kalau soto Mbak Lien adalah soto khas kudus. Perbedaan dari soto Semarang adalah dari kuahnya yang cenderung lebih putih dan pekat. Sedangkan kuah soto khas Semarang tergolong bening kecokelatan.

Soto Mbak Lien sudah sangat terkenal di Semarang. Tidak cukup 1 porsi kalau sudah menikmati soto yang satu ini. Seperti Pak Wito, Mbak Lien juga menyediakan aneka pilihan lauk pauk yang lebih beragam dibanding warung soto kebanyakan.

Kamu bisa mengunjungi soto Mbak Lien di 2 tempat. Satu di sekitar area stadion Diponegoro tepatnya di pusat kuliner Ventura, dan satu lagi di depan Rumah Sakit Telogorejo Semarang.

Cari Akomodasi Hotel di Semarang? Pakai PegiPegi aja!

Kalau kamu berencana ke Semarang, kamu harus menyusun itinerary untuk perjalanan wisatamu. Tidak hanya mengunjungi tempat-tempat seru disini, tapi wisata kulinernya juga harus dijabanin.

Beberapa warung soto yang sudah saya sebutkan di atas tadi termasuk warung yang letaknya sangat strategis dan mudah terjangkau. Salah satunya adalah Soto Bokoran yang dekat sekali dengan Hotel Quest.

Pokoknya apapun pilihan hotelmu untuk menginap, bisa banget mengakses resto soto tadi dengan transportasi umum.

Bicara soal akomodasi, ada banyak hotel murah dan berkualitas di Semarang. Lokasinya pun dekat dengan tempat-tempat atraktif. Dan cara mudah untuk menemukan hotel di Semarang adalah dengan menggunakan aplikasi PegiPegi dari telepon pintarmu.

Tinggal buka aplikasi PegiPegi dan cari hotel yang sesuai dengan tanggal kunjungan. Pilih hotel dan lakukan pembayaran. Semudah itu!

Dan menariknya lagi, sekarang harga hotel yang ditampilkan di PegiPegi sudah termasuk pajak lho! Jadi harga yang kamu lihat adalah harga yang harus dibayar. Nggak perlu ribet lagi ngitung-ngitung pajak dan lain sebagainya. Tinggal check out, lakukan payment, dan tunggu e-vouchernya dari PegiPegi. Bicara soal diskon juga, PegiPegi juga sering ngasih diskon hotel lho!

Jadi, kapan nih ke Semarang? Saya tunggu ya! Nanti kita makan soto bareng deh!

Radio announcer. Average in everything.

3 Comments

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: