Blog Competition Event Personal

ASUS Zenfone Max Pro M1 : Mengenang Masa Lalu dan Memproyeksikan Masa Depan

Suatu siang di pertengahan tahun 90an, Ayah mengajak saya menyusuri pertokoan di Pasar Johar Semarang. Waktu itu kami baru saja menyaksikan kirab dugderan yang biasanya diadakan menjelang puasa. Awalnya saya tidak tahu kenapa beliau mengajak saya masuk ke sebuah toko elektronik. | ASUS Zenfone Max Pro M1

Pasar Johar from www.situsbudaya.id

Usut punya usut, ternyata Ayah sedang memenuhi janjinya untuk membelikan saya sebuah alat permainan elektronik. Kita mengenalnya sebagai gimbot. Saya yang masih SD tentu senang sekali. Waktu itu alat permainan elektronik menjadi sebuah barang mewah yang hanya beberapa anak saja yang punya.

Janjinya agak meleset sih, karena seingat saya beliau menjanjikan saya sebuah perangkat game console seperti milik salah satu teman. Tapi setelah melihat harganya, ayah memutuskan untuk membeli sebuah alat permainan yang dikenal dengan nama Tetris.

Harganya 25 ribu rupiah, dan sudah tergolong mahal pada saat itu. Tapi saya cukup senang membawa pulang alat tersebut ke rumah. Dan sepanjang Ramadhan tahun itu, dia menjadi salah satu teman untuk melewatkan waktu menunggu bedug magrib.

Ketika dalam perjalanan pulang, ayah bilang “Besok kalo kamu sudah kerja dan bisa cari duit, kamu bisa beli sendiri yang mahal. Sekarang yang ini dulu aja ya?”

Memenuhi impian masa kecil

Dan benar saja, kata-kata ini terngiang sampai sekarang. Begitu lulus sekolah menengah atas, saya mulai bekerja di sebuah stasiun radio di Pekalongan. Gajinya tidak besar tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan membantu menambah setoran cicilan KPR.

Salah satu yang saya penuhi begitu bisa menghasilkan uang sendiri adalah impian untuk membeli barang yang dulu belum bisa terbeli. Di antaranya ya perangkat permainan elektronik idaman saya. Hanya saja saat itu harganya makin mahal dan masih belum terkejar dengan penghasilan sebagai penyiar. Hasilnya, saya hanya membeli sebuah perangkat permainan yang kualitas gambarnya masih 2 dimensi.

Dari sana saya naik tingkat lagi membeli game console keluaran merek ternama waktu itu, setelah saya berhasil menjual alat pertama saya ke tetangga. Yang kedua ini saya pakai sampai rusak dan entah dimana bangkainya sekarang berada.

Dan pemenuhan impian pun masih berlanjut

Pindah ke Semarang dan kerja di perusahaan yang lebih besar dengan gaji yang makin baik membuat saya berusaha mewujudkan mimpi memiliki barang yang dulu saya inginkan. Terdengar sangat bernafsu memang, tapi saya juga tidak tahu, keinginan untuk mewujudkan mimpi masa kecil sangatlah kuat.

Sampai akhirnya saya membeli sebuah game console portable di sebuah game store di Plaza Simpanglima. Saya akui inilah puncak kepuasan dalam memenuhi impian masa kecil. Dan barang itu saya pakai selama beberapa lama sampai kemudian dipindahtangankan ke keponakan.

Saya tidak ingin dia mengalami apa yang saya alami. Meski bukan orang tuanya, tapi saya ingin dia memiliki masa kecil yang indah seperti teman-temannya yang punya perangkat permainan elektronik.

Dan sekarang, dia malah lebih jago soal nge-game daripada saya!

Potensi pasar game di Indonesia

Bicara soal game, industri game saat ini nilainya nggak main-main lho? Pasarnya terbilang sangat potensial. Ketika tempo hari saya diundang untuk menghadiri blogger gathering yang diadakan oleh ASUS di hotel MG Suites Semarang, saya jadi tahu kalau makin tahun industri game makin mengalami peningkatan. Baik dari pengguna maupun dari potensi keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengembang.

Dengan penduduk sebanyak lebih dari 260 juta jiwa, Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial bagi pelaku industri gaming. Bahkan menurut riset yang dilakukan oleh NewZoo, sebuah firma riset game, Indonesia menjadi negara yang pertumbuhan pengguna mobile game nya terpesat dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara.

Angka pendapatan yang dicapai Indonesia di sektor ini tercatat sekitar lebih dari 800 juta US Dollar, melebihi Malaysia dan Singapura. Dan hasil ini menempatkan Indonesia di posisi 16 sebagai negara paling potensial dalam industri mobile game di dunia. [sumber Kumparan]

Kalau melihat angka tersebut di atas, mobile game bukan lagi hanya sekedar aplikasi iseng yang bisa digunakan sebagai pengusir sepi saja, tapi sudah menjadi bagian yang luar biasa dalam hidup kita. Ditambah lagi dengan naik pamornya permainan elektronik di dunia.

Banyak gamer sukses seperti PewDewPie atau Jess No Limit yang berpenghasilan milyaran dan meraup untung lewat kompetisi atau melalui kanal Youtube mereka, membuat mobile game jadi nggak lagi bisa dianggap remeh. Bahkan sudah masuk kategori e-sport juga lho!

Pengaruh smartphone

Meningkatnya angka pengguna mobile game di Indonesia ini dipengaruhi juga dengan makin kencangnya penetrasi perangkat telepon pintar di Indonesia. Seperti kita tahu bahwa smartphone tidak melulu hanya dipakai untuk berkomunikasi standar saja, tapi juga menjadi sarana hiburan all in one. Dan salah satu hiburan yang bisa didapatkan melalui smartphone adalah dengan bermain game.

Kalau kita lihat, perangkat permainan elektronik berkembang dari waktu ke waktu. Mulai yang layarnya hitam putih, sampai kemudian bisa dijalankan melalui game console yang dihubungkan ke televisi berwarna. Kenikmatan bermain pun jadi lebih maksimal. Hanya saja model yang seperti ini terasa sangat tidak fleksibel karena membutuhkan layar yang tidak bisa dibawa kemana saja.

Dari sana kita melihat perkembangan permainan elektronik di telepon seluler yang terbilang luar biasa. Kalau kamu masih ingat, dari telepon seluler yang berlayar hitam putih pun sudah disematkan aplikasi permainan yang tergolong sederhana tapi cukup menyenangkan untuk dijadikan sebagai teman saat bosan.

Lalu makin meningkat dengan adanya teknologi smartphone yang memungkinkan kita untuk menikmati permainan elektronik bahkan dalam bentuk 3 dimensi.

Asus Zenfone Max Pro M1 : Limitless Gaming

Untuk para gamer baik yang profesional atau yang kelasnya iseng seperti saya, spesifikasi smartphone menjadi sangat penting. Tidak jarang dalam sebuah diskusi bersama dengan teman muncul pertanyaan :

Kalo buat main Mobile Legend nge-lag nggak?”

Baterai Hape mu cepet abis nggak sih kalo main buat main PUBG?”

Dari pertanyaan ini tergambar bahwa spesifikasi smartphone yang handal untuk bermain mobile game adalah sebuah keharusan. Ibaratnya, kalau oke buat main game kelas berat, untuk menjalankan aplikasi lainnya pastinya tak ada masalah.

Menyadari bahwa aspek yang berkaitan dengan kemampuan bermain mobile game sangat penting, ASUS pun tak mau ketinggalan untuk ikut memanjakan pengguna dengan menghadirkan jajaran smartphone terbaru yang menjadi andalannya. Salah satunya adalah ASUS Zenfone Max Pro M1.

Bagi saya yang bermain game hanya sekedar rekreasional, atau untuk mereka yang berstatus professional gamer, ada 3 hal penting yang selalu diperhatikan saat menggunakan telepon pintar untuk bermain game. Diantaranya :

  1. Kekuatan prosesor
  2. Kualitas Layar
  3. Daya tahan baterai

Sebagai vendor asal Taiwan yang sudah berkecimpung lama dalam industri komputer ASUS memproduksi smartphone yang memenuhi 3 aspek penting tersebut.

Lewat Zenfone MAX pro M1, ASUS mengklaim bahwa seri ini akanmemanjakan pengguna yang sering bermain mobilegame.

Spesifikasi handal Zenfone Max Pro M1

Sebagai smartphone idaman para gamer, Zenfone Max Pro M1 ini punya “spek” yang nggak main-main. Nah. sekarang mari kita lihat spesifikasi utama dari gaming smartphone ini :

Prosesor

ASUS Zenfone MAX Pro M1 diperkuat dengan prosesor octa-core mutakhir yaitu Qualcomm Snapdragon 636 yang dikenal memiliki performa mumpuni. Prosesor seri ini dinilai lebih baik dibandingkan seri 625 sehingga mampu menjalankan aplikasi permainan, bahkan yang kelasnya berat sekalipun. Jadi kalo cuma buat main Candy Crush, enteng lah!

Dalam uji perbandingan melalui Antutu, prosesor 636 mendapatkan nilai 1,54x lebih tinggi dibandingkan seri 625. Nggak heran jika prosesor ini disebut-sebut sebagai chip dari kelas medium tier tapi punya fitur kelas premium dari generasi Snapdragon 800.

from asus file

Selain itu prosesor ini diklaim sangat efisien dalam penggunaan energi. Dengan Snapdragon 636 yang bertenaga namun efisien, para pengguna bisa menikmati waktunya saat bermain mobile game selama seharian tanpa takut cepat kehabisan daya.  Itulah kenapa jargon limitless gaming jadi terasa masuk akal.

Kualitas Layar

Selain performa prosesor, kualitas layar dari Zenfone max pro M1 pun diperhatikan oleh ASUS. Saat ini yang menjadi tren layar smartphone adalah infinity display. Kesan bezel less di layar Zenfone Max Pro M1 didapatkan dengan “ditariknya” ukuran layar pada body yang sebenarnya hanya 5,5 inchi.

Dan di seri ini ASUS sudah memasang layar Full HD+ dengan kerapatan pixel sebesar 2160 x 1080 yang membuat tampilan layar berasio 18 : 9 semakin tajam.

Full view displaynya membuat tampilan di layar smartphone jadi lebih nyaman dan maksimal. Bahkan dalam uji coba di blogger gathering pun saya menemukan bahwa layar ASUS Zenfone Max Pro M1 masih tajam dilihat dari berbagai sudut.

Daya Tahan baterai

Zenfone Max Pro M1 menyematkan baterai non removable berkapasitas 5000mAh yang sudah didukung dengan fitur quick charge 4.0. Fitur ini memungkinkan pengisian daya menjadi lebih cepat. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, ASUS mengklaim bahwa rata-rata durasi penggunaan bisa mencapai lebih dari 13 jam jika dipakai terus menerus. Sementara jika dalam posisi standby, smartphone ini bisa bertahan selama 2 hari.

Jika kamu adalah pengguna yang lebih banyak menggunakan aplikasi permainan dalam smartphone mu, ketiga faktor utama dari ASUS Zenfone Max pro M1 ini pastinya akan sangat mendukung aktifitasmu dalam bermain game dong ya?

Lalu bagaimana dengan fitur menarik lain yang saya suka?

Meskipun Zenfone Max Pro M1 ini disebut sebagai hape gaming, namun ASUS juga tidak lantas mengabaikan fitur lainnya seperti :

  • Kamera

Meski menyebut diri sebagai gaming smartphone, bukan berarti kualitas kamera menjadi tidak penting bagi Zenfone Max Pro M1. Buat yang suka selfie atau fotografi, tak perlu merasa dianaktirikan karena seri ini menghadirkan kamera yang pas untuk hobimu.

Masih dengan tren dual camera, Zenfone Max Pro M1 menyematkan kamera belakang beresolusi 16MP dengan aperture f2.0 pada kamera pertama, dan 5MP pada kamera kedua. Kamera ini memungkinkan kita mengambil foto dengan latar belakang bokeh yang cantik seperti kamera DSLR atau Mirrorless.

Beberapa contoh foto yang diambil dari Zenfone Max Pro M1 bisa dilihat di deretan gambar di bawah ini:

Oh iya, resolusi kamera depan dan belakang ini tergantung kapasitas RAM dari seri Zenfone Max pro M1 ya. Karena untuk RAM yang lebih rendah, resolusinya pun lebih rendah. Tapi tetep lah ya hasilnya oke.

Untuk urusan kamera ASUS melengkapinya dengan beragam fitur seperti Auto Mode, HDR, Potrait, macro, dan lainnya.

  • Fingerprint scanner & Face recognition

Salah satu yang juga menjadi tren adalah penggunaan fingerprint scanner & face recognition. Tujuannya tentu saja demi keamanan pengguna. Kita bisa menggunakan fitur ini untuk meningkatkan keamanan perangkat dari usilnya orang-orang di sekitar.

  • Android Oreo 8.1
from www.fossbytes.com

Tidak seperti seri sebelumnya yang menggunakan ZenUI, kali ini ASUS menerapkan sistem operasi murni Android pada Zenfone Max Pro M1. Dengan sistem operasi ini aplikasi yang ada dalam smartphone mampu berjalan dengan smooth tanpa hambatan.

Android Oreo 8.1 memiliki banyak fitur yang sangat membantu diantaranya : Background Limit yang akan membatasi aplikasi yang jarang digunakan sehingga bisa menghemat daya baterai.

Oreo 8.1 juga memungkinkan Zenfone Max Pro M1 melakukan booting dengan lebih cepat karena sistem operasi ini diklaim sistem yang bertenaga tapi efisien. Kecepatan bootingnya tercatat 2x lipat dibandingkan dengan OS yang sebelumnya.

Oh iya, Zenfone Max Pro M1 adalah smartphone dengan dual sim yang sudah mendukung teknologi 4G LTE, meskipun dalam penggunaannya hanya 1 sim card saja yang bisa terkoneksi dengan jaringan 4G LTE. Selain itu disediakan juga slot untuk SD Card yang bisa diupgrade sampai dengan 512gb tergantung dari besarnya RAM yang kamu pilih.

zenfone max pro m1

Kesimpulan

Dengan spesifikasi yang mumpuni dan fitur lengkap seperti di atas, sudah tidak ragu lagi kalo mencari hape yang garang buat ngegame. Zenfone Max Pro M1 udah langsung kepikiran begitu nyebut gaming smartphone. 

Saya senang bisa berkenalan dengan seri gaming smartphone ini. Karena kehadiran saya di acara blogger gathering bersama ASUS tempo hari bisa membawa saya pada kenangan di pertokoan pasar Johar Semarang sehari menjelang puasa. Ketika itu saya menenteng pulang sebuah game console sederhana yang kelak menemani saya di saat senggang.

Dan sekarang ASUS Zenfone Max Pro M1 seakan menjadi sebuah gambaran awal dari masa depan perangkat yang tidak hanya bisa memberikan kepuasan melalui sisi hiburannya saja, tapi juga maksimal dalam penggunaan fitur yang lain.

Bagi saya, kilasan masa lalu dan proyeksi masa depan terjadi siang itu dan rasanya sungguh luar biasa.

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba yang diselenggarakan oleh ASUS. #ZenfoneMaxProM1_ID #LimitlessGamingID

22 Comments

  1. Oline November 6, 2018
    • nunoorange November 6, 2018
  2. Syakir Achyar November 6, 2018
  3. Dinilint November 7, 2018
  4. Poetra Soekarni November 7, 2018
    • nunoorange November 7, 2018
  5. Zai Z November 7, 2018
    • nunoorange November 7, 2018
  6. jeci November 7, 2018
    • nunoorange November 7, 2018
      • Zai Z November 7, 2018
  7. Kornelius ginting November 13, 2018
    • nunoorange November 13, 2018
  8. Ika Puspita November 13, 2018
    • nunoorange November 14, 2018
    • nunoorange November 14, 2018
  9. Dzulfikar November 13, 2018
  10. Ranny November 15, 2018
    • nunoorange November 15, 2018
  11. Archa Bella November 15, 2018

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: