Blog Competition Personal

Asus Zenfone Max M2 : Tetap Prima Meski Tanpa Label PRO

asus zenfone max m2
Asus Zenfone max M2

Pernah nggak sih kamu menemukan frase seperti “dengan formula disempurnakan” atau “dengan formula baru” yang digunakan untuk mempromosikan sebuah produk? Barangnya sih sama, kemasannya saja yang berbeda. Lalu kamu menganggap bahwa produk yang lama enggak lebih baik dari yang baru. | ASUS Zenfone Max M2

Padahal ketika dikonsumsi atau dipakai, ya sama saja.

Kadang-kadang kita juga menemukan bahwa sebuah barang punya banyak seri dengan berbagai macam perbedaan antara satu dengan lainnya. Jenis yang sama dengan seri yang berbeda. Ada penambahan di sini dan di sana. Kemudian kita menganggap bahwa yang berharga lebih mahal adalah yang lebih baik.

Nggak salah juga sih. Kadang yang lebih mahal memang punya nilai lebih dibanding yang murah.

Tapi kembali lagi ke prinsip bahwa ketika kita hendak membeli sesuatu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

  1. Fungsi
  2. Kebutuhan
  3. Anggaran

Apalagi ketika kamu berencana membeli gawai.

Kita ini pengin beli gawai yang seperti apa? Kebutuhannya untuk apa? Bujetnya berapa?

Karena jangan sampai kita mengeluarkan uang untuk gawai yang mahal tapi penggunaannya hanya sebatas itu-itu saja. Padahal ada pilihan yang jauh lebih murah dan sesuai dengan fungsi atau kebutuhan penggunaan.

Untungnya beberapa vendor memberikan kemudahan bagi konsumen untuk menentukan pilihan. Salah satunya adalah ASUS. Brand asal Taiwan ini cukup memahami kebutuhan dan kesesuaian dana dari calon konsumennya.

Salah satu caranya adalah mengeluarkan varian produk yang memiliki fungsi sama namun dengan pilihan harga yang lebih murah.

[ baca juga : ASUS Zenfone Max Pro M1 ]

ASUS Zenfone Max M2 [ZB633KL)

Yang terbaru dan masih cukup hangat di pasaran adalah Asus Zenfone Max M2. Rilis hampir berbarengan dengan Zenfone Max Pro M2 pada Desember 2018, Zenfone Max M2 mungkin agak dipandang sebelah mata dibanding saudaranya.

Label Pro yang disematkan pada Zenfone Max Pro M2 seakan membuat Zenfone Max M2 terkesan inferior. Padahal jika disandingkan head to head, Zenfone Max M2 tidak terlalu buruk.

Bahkan ketika kita bicara soal fungsi dan kebutuhan, Zenfone Max M2 sudah cukup memenuhi kebutuhan para penggunanya, terutama bagi mereka yang konsen dengan gaming smartphone.

Untuk lebih jelasnya, kita bisa melihat tabel di bawah ini :

Perbadingan ASUS Zenfone Max M2

Dari kotak yang di-highlight saya berusaha untuk menunjukkan apa saja perbedaan dari kedua seri Zenfone Max terbaru ini.

Memang ada banyak perbedaan, namun dari beberapa hal tersebut tidaklah terlalu jadi masalah dan bisa dikompromikan dengan kebutuhan.

Apa aja sih bedanya?

ASUS Zenfone MAx M2
  • Layar

Zenfone Max M2 memang belum diproteksi dengan corning gorilla glass. Namun begitu ada banyak pilihan untuk melindungi layar dari kemungkinan lecet, dengan memasang tempered glass misalnya. Di luar dari hal itu layar dari Max M2 maupun Max Pro M2 sama spesifikasi dan kualitasnya.

  • NFC

Tidak disematkannya teknologi NFC dalam Zenfone Max M2 mungkin dianggap sebagai kekurangan. Tapi konsumen perlu memikirkan kembali apakah teknologi tersebut diperlukan untuk kegiatan sehari-hari atau hanya akan menjadi fitur yang tidak banyak digunakan?

Kalau memang begitu, nggak ada masalah kan pilih Zenfone Max M2?

  • Dapur pacu

Sementara itu meskipun dari segi dapur pacu Zenfone Max M2 berbeda dengan Max Pro M2, tapi spesifikasinya sudah cukup untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan terutama dalam hal gaming.

Chipset yang disematkan ke dalam Zenfone Max M2 adalah Qualcomm SDM632 Snapdragon 632. Menurut Vice President Product Management Qualcomm Technologies, Kendar Kondap, chipset seri 632 membawa banyak kemajuan teknologi premium ke gawai kelas bawah dah menengah.

ASUS Zenfone MAx M2

Chipset ini memberikan pengalaman yang dibutuhkan termasuk mainstream gaming, pengambilan video beresolusi 4K, Artificial Intelligence, dan konektifitas LTE berkecepatan tinggi dengan harga yang lebih terjangkau.

Menurut Kondap, seri 632 menawarkan peningkatan performa CPU hingga 40 persen dan peningkatan grafis hingga 10% dibanding seri sebelumnya. Itu artinya untuk penggunaan sebagai smartphone gaming sangatlah sesuai karena kecepatan dan grafis yang lebih baik.

ASUS Zenfone Max M2
Peningkatan-peningkatan semacam ini secara tidak langsung akan memengaruhi kinerja dari smartphone secara keseluruhan. Hemat daya dan tidak cepat panas jadi beberapa hal yang terasa cukup signifikan.

Ada harga ada rupa? Pikirkan lagi!

Mungkin sebagian orang masih kekeuh menganggap bahwa Zenfone Max pro M2 lebih baik. Anggapan seperti itu jelas saja tidak salah karena spesifikasinya pun cukup berbeda.

Namun jika melihat dari segi harga, Zenfone Max M2 tentu lebih terjangkau. Dan bisa dibilang seri ini sangat cocok untuk mereka yang mencari gaming smartphone dengan bujet yang tidak terlalu besar.

harga ASUS Zenfone Max M2

Dengan harga yang terpaut cukup lumayan, Zenfone Max M2 sudah memberikan apa yang dibutuhkan bagi konsumen yang mencari gawai untuk bermain (selain untuk komunikasi dasar tentunya).

  1. Chipset dengan performa lebih baik dibanding pendahulunya
  2. Layar selebar 6,3 inchi dengan 88% perbandingan layar dengan body. Dengan layar selebar ini pengalaman menonton video atau bermain gim menjadi lebih memuaskan
  3. Layar IPS Capacitive Touch 16 juta warna dan sudah HD+
  4. Dimensi yang ringkas dengan panjang dan tebal body ideal dalam genggaman
  5. Kamera pintar lengkap dengan beragam fitur menarik untuk hasil foto dan video terbaik
  6. Pure android 8.1 Oreo yang membuat operasional gawai menjadi lebih smooth
  7. Dan kapasitas baterai besar 4000mAh dengan penggunaan sampai 2 hari. Cocok sekali untuk para gamers yang seringkali menghabiskan banyak waktu untuk bermain gim favoritnya.

Jadi bisa dibilang seri Zenfone Max M2 adalah versi hemat dari Zenfone Max Pro M2 yang sangat sesuai bagi mereka yang memiliki bujet terbatas tapi menginginkan smartphone dengan spesifikasi gahar untuk bermain gim.

Dengan melihat kenyataan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Zenfone Max M2 adalah gawai yang layak dimiliki bagi mereka yang mencari gaming smartphone dengan bujet terbatas.

Dengan segala hal yang dimilikinya Zenfone Max M2 pun masih tetap prima meski tanpa label PRO di dalamnya.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba yang diselenggarakan oleh Oh Yahya. [Klik disini untuk informasi lebih lanjut]

ASUS Zenfone Max M2

One Response

  1. Maman Achman January 1, 2019

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: