Blog Competition Event

Rame-Rame Terpukau Dengan Seksi & Tangguhnya Asus Zenbook Pro UX580

Saya mau cerita tentang sebuah kegiatan kumpul-kumpul yang berfaedah ya… | ASUS Zenbook Pro UX580

Ketika mbak Uniek membuka kesempatan untuk ikut serta dalam acara kumpul blogger akhir tahun yang diselenggarakan oleh ASUS, saya masih ragu apakah akan ikut atau tidak. Soalnya, dihari itu saya sudah beli tiket untuk pulang kampung. Kebetulan keponakan libur panjang sampai akhir tahun dan pengin menghabiskan waktu liburnya bareng sama Uthi-nya.

Tapi begitu tahu jam pelaksanaannya ternyata cocok saya nggak mikir dua kali buat ikutan. Acaranya pagi sampai siang, sementara keberangkatan kereta baru jam 5 sorenya.

Senangnya bisa ikut kumpul bareng teman-teman bloger. Apalagi kali ini yang ikut lumayan banyak, sampai 40-an orang. Jujur saja saya jarang bisa ikutan ngumpul bareng macam begini. Kalau nggak acaranya pas jam kerja (dan kebetulan lagi nggak bisa ditinggal), ya pas jadwal saya pulang kampung nengok Ibu di rumah.

ASUS Year End Blogger Gathering

Bertempat di Gets Hotel Semarang, agenda ngumpul kali ini adalah ngebahas soal produk terbaru ASUS yaitu laptop ASUS Zenbook Pro UX580. Sebelum hari H, saya sudah sempat kepo dulu mengenai produk ini. Kayak gimana sih bentuknya?

ASUS Zenbook pro UX580

Ketika “menyelidiki” produk apa yang akan dipamerkan di acara Asus Year End Blogger Gathering tempo hari, saya sudah dibuat terngaga dengan spesifikasi laptop ini. Selain harganya yang jaw dropping, spesifikasi laptopnya sendiri BENERAN BIKIN NGILER!

Ya gimana enggak ngiler, coba? Tampilannya CANTIK BANGET!

Dengan body yang terbuat dari metal solid, tampilan ASUS Zenbook Pro UX580 beneran SEKSI ABIS! Apalagi ketebalannya hanya 18,9mm dan berat hanya 1,88 kilogram saja. LANGSING!

Etapi jangan salah, dengan body seseksi itu, Asus Zenbook Pro UX580 TANGGUH dan BERTENAGA lho. Laptop yang sudah diinstall Windows 10 Pro ini membenamkan Intel Core i9. Kebayang kan gimana lincahnya laptop ini kalau dipakai buat kerja? Intel Core i7 aja udah segitu cepatnya, nah ini udah core i9 aja!

Sementara itu dari sisi RAM, ASUS Zenbook Pro UX580 berkapasitas 16gb dengan penyimpanan sampai 1 TB (terabyte)!

Bagaimana tidak ternganga?

Layar 4K UHD

Dari segi tampilan layar, ASUS Zenbook Pro UX580 benar-benar memanjakan penggunanya. Melihat spesifikasinya, pas banget buat mereka yang memanfaatkan laptop ini untuk keperluan desain grafis dan olah video. Dengan layar 4K Ultra HD yang sudah dilengkapi dengan teknologi Adobe RGB yang membuat tampilan layar menjadi lebih tajam dengan warna yang lebih cerah dan nyata sehingga pas bagi para profesional.

Ketika Om Yahya Kurniawan – narasumber yang dihadirkan untuk memperkenalkan produk ASUS Zenbook Pro UX580, memamerkan produk tersebut di depan teman-teman bloger, saya bisa memahami ekspresi kagum mereka semua.

Saat lebih dekat mengamati ASUS Zenbook Pro UX580, saya melihat tampilan layarnya memang lebih tajam dengan warna yang lebih nyata dan kuat.

Screenpad yang multifungsi

Dari sekian banyak fitur yang ada di ASUS Zenbook Pro UX580, yang paling jadi pusat perhatian adalah bagian TOUCHPAD-nya.

Bagian yang sejujurnya kurang saya sukai dari sebuah laptop ini menjadi berbeda di tangan ASUS. Zenbook Pro UX580 menghadirkan tampilan TOUCHPAD yang berbeda. Touchpad ASUS Zenbook Pro UX580 bisa juga berfungsi sebagai layar kedua! Itulah kenapa ASUS menyebutnya sebagai SCREENPAD.

Screenpad pintar memiliki banyak fungsi yang bisa disesuaikan dengan keperluan penggunanya. Lebih cocok apabila kita ingin melakukan banyak pekerjaan dalam 1 waktu. Fitur pintar ini sangat mengakomodir kepentingan multitasking.

Dan serunya lagi, cara mengoperasikan screenpad ini pun sangat mudah, tinggal tekan f6 tanpa perlu menekan Fn + hot key sehingga lebih efisien.

Saya yang tadinya nggak terbiasa memerhatikan touchpad pun jadi terkesima. Kalau saya punya laptop ini, mungkin saya tidak lagi terlalu sering pake tetikus! 😊

Baterai & Fitur Lainnya

Seperti halnya laptop ASUS lainnya, Zenbook Pro UX580 ini dilengkapi dengan berbagai slot yang disesuaikan dengan kebutuhan seperti HDMI, USB Port generasi terbaru, Audio Jack, Micro SD Card dan DC-Jack.

Baterainya pun mampu bertahan sampai 9 jam dengan teknologi Fast Charging yang membuat pengisian baterai menjadi lebih cepat yaitu 60% hanya dalam waktu 49 menit saja.

Dan jangan lupa, ASUS Zenbook Pro UX580 juga tergolong sudah menerapkan teknologi Military Grade dimana laptop ini sudah lolos uji daya tahan berstandar militer seperti Altitude Test (Uji tekanan dalam ketinggian), High & Low Temperature Test (Uji daya tahan terhadap suhu ekstrim).

ASUS Zenbook Pro UX580

Jadi, bagian mana yang nggak bikin kamu kagum?

Sayangnya, saya cuma kebagian megang saja tanpa bisa membawa pulang. Tapi tak apa, setidaknya kalau kelak ditanya orang, saya bisa bilang “saya pernah kok megang ASUS Zenbook Pro UX580!” Hahaha!

Ga Bawa Pulang ASUS Zenbook ProUX580, Bawa Pulang Ilmu Baru pun Jadi

Tapi nggak apa-apa juga sih kalau nggak bisa bawa pulang ASUS Zenbook pro UX580. Karena dari gathering itu pun saya bisa bawa pulang ilmu baru. Soalnya, selain Om Yahya Kurniawan, ASUS Year End Blogger Gathering juga menghadirkan narasumber lain.

Nama Gus Wahid mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan kuli tinta di Semarang. Wartawan yang punya tampilan kasual luar biasa ini sudah sekian tahun malang melintang di dunia jurnalistik. Nggak heran kalau materi yang disampaikan siang itu juga berhubungan dengan kegiatan tulis menulis.

Mulai dari penjelasan tentang bedanya jadi bloger dan wartawan, sampai cerita bagaimana perjuangan bisa dapat berita yang menarik, semua disampaikan dalam suasana yang santai.

Meskipun kadang suaranya pelaaaaan, tapi saya cukup menikmati materi yang disampaikan oleh Gus Wahid. Terutama bagian tentang bagaimana menciptakan sebuah tulisan yang menarik.

Wartawan atau Bloger?

Jadi wartawan atau bloger, kegiatannya sama yaitu menulis dan menyampaikan berita. Tapi mungkin, gaya bahasa yang digunakan bloger bisa terkesan lebih santai. Itulah kenapa Gus Wahid juga tertarik menggeluti dunia blogging. Alasannya, agak bosan berbahasa baku terus! :))

Meskipun begitu, jika dilihat dari keduanya, kita tetap bisa menarik kesimpulan. Mau jadi wartawan atau bloger, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Menulislah dengan jujur.
  2. Perhatikan tanda baca dan kaidah berbahasa yang baik
  3. Catat materi dengan detil dan cermat. Rekam pernyataan dari nara sumber dan jangan mengandalkan ingatan semata
  4. Tulis dalam kalimat yang jelas,lengkap dan jernih. (saya sedang menerapkannya melalui tulisan ini) Hehehe
  5. Fokus pada topik, dan jangan melebar kesana-kemari. (Yang ini pun!)
  6. Tulis dengan proposional dan jangan berlebihan
  7. Periksa kalimat kutipan, pernyataan off the record, konfirmasi dan “ucapan di kedai kopi” alias informasi yang beredar di sekitar kita
  8. Patuhi kode etik jurnalistik. Jangan melakukan plagiarisme.
  9. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Batasi penggunaan kata serapan dari bahasa asing. Khusus untuk yang ini kadang yang masih mengalami kesulitan sih.
  10. Mulai belajar mengenai Search Engine Optimization atau SEO

Kurang lebih sih seperti itu.

Belajar materi ini dari Gus Wahid memang butuh waktu bagi saya karena sampai sekarang pun saya masih belum bisa menulis dengan baik dan benar.

Apalagi kalau ingat saya ini bloger yang kadang butuh menulis dengan gaya bahasa yang santai. Tapi sekali lagi, bukan berarti bisa sembarangan. Karena bagaimanapun ada sebuah kebutuhan untuk semakin memperbaiki diri, terutama dalam hal kualitas tulisan.

Jadi memang, menjaga untuk tidak typo saja tidak cukup. Harus belajar lebih banyak lagi.

Nah kan? Ternyata ASUS Year End Blogger Gathering tempo hari memberikan banyak manfaat. Selain bisa ketemu langsung sama laptop seharga 35 juta yang canggih abis dari ASUS, saya juga bisa dapat ilmu gratis langsung dari pakarnya.

Saya suka ngumpul-ngumpul model begini. Banyak faedahnya.

2 Comments

  1. Nyi Penengah December 23, 2018
    • nunoorange December 23, 2018

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: