Apakah Penyakit Diabetes Bisa Sembuh?
Personal

Apakah Penyakit Diabetes Bisa Sembuh?

Pertanyaan di seperti judul di atas sering sekali diajukan oleh mereka yang divonis terkena diabetes, atau bahkan yang tidak terkena tapi cukup concern dengan kondisi yang satu ini. Apakah penyakit diabetes bisa sembuh? Bisakah sehat seperti semula? Well, kalau melihat banyak literatur sih sepertinya diabetes tak bisa total disembuhkan, kecuali sumbernya gangguannya diperbaiki.

Sumber yang mana nih?

Jadi, diabetes itu dipicu gangguan yang terjadi pada pankreas yang tidak bisa menghasilkan insulin yang seimbang dengan kadar gula darah dalam tubuh. Padahal insulin ini dibutuhkan untuk menyeimbangkan kadar gula darah yang mengalir menuju sel-sel tubuh. Bisa dibilang, insulin ini punya tugas membawa dan menyerap glukosa di dalam darah dan meubahnya menjadi energi.

Tipe-tipe diabetes

Apakah Penyakit Diabetes Bisa Sembuh?

Seperti artikel yang banyak ditemukan di internet, salah satunya dari web Pasarpolis.com , tipe-tipe diabetes bisa dibagi menjadi 2 :

  1. Diabetes tipe 1

Pada diabetes tipe ini, insulin tidak bisa bekerja secara sempurna sehingga insulin tidak bisa menghantarkan dan menyerap glukosa dalam darah. Bisa dibilang pankreasnya sudah tidak bisa berfungsi dengan baik.

  1. Diabetes tipe 2

Pada diabetes tipe ini insulin masih bisa bekerja menyeimbangkan kadar gulan darah dalam tubuh, tapi sering mengalami gangguan dalam menghantarkan dan meubah glukosa menjadi energi dalam tubuh. Itulah kenapa diabetes tipe ini sering membutuhkan suntikan insulin untuk membantu kondisi tubuhnya tetap baik.

Faktor yang memengaruhi terjadinya diabetes pada seseorang.

Wah, kalau ngomongin soal faktor pencetus, ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang terkena diabetes. Seperti misalnya :

  1. Genetik

Faktor ini memang tidak bisa diutak-atik. Itulah kenapa kita kudu waspada kalau ada sejarah dalam keluarga kita yang mengidap diabetes.

  1. Usia

Dengan bertambahnya usia seseorang, penurunan fungsi organ-organ tubuh pun terjadi. Dan jika terjadi pada pankreas, potensi untuk terjadinya gangguan pada produksi insulin pun rentan terjadi

  1. Berat badan

Bayi yang lahir dengan berat lebih dari 4000 gram atau kurang dari 2500 gram dikatakan berpotensi mengalami gangguan pada organ tubuh dan rentan terkena diabetes pada saat dewasa kelak.

  1. Obesitas, Merokok, Kurang Olah Raga, dan Tekanan Darah dan Kolesterol Tinggi juga menjadi faktor pemicu lainnya yang dapat meningkatkan potensi seseorang terkena diabetes.

Hanya saja, khusus untuk faktor-faktor nomor 3 & 4 masih bisa dimodifikasi. Artinya, supaya tidak terkena diabetes, seseorang harus menjaga berat badannya supaya tetap ideal, menghindari rokok dan minuman keras, rajin berolahraga, dan mengendalikan tekanan darah serta kolesterol. Dengan kata lain, gaya hidup yang kurang sehat masih bisa diubah menjadi lebih sehat untuk mencegah diabetes mellitus.

Gejala-gejala Diabetes Melitus

Ini nih yang kadang suka enggak disadari sama orang. Sebenarnya gejala diabetes sendiri cukup spesifik lho. Ada istilah 3 Poli yang masuk dalam kategori gejala diabetes. Di antaranya :

  1. Polidipsi atau gampang banget haus padahal enggak beraktifitas tinggi atau tidak dalam cuaca panas.
  2. Poliphagi atau gampang lapar, padahal makan juga udah dalam jumlah yang cukup, tapi lapar lagi dan lapar lagi.
  3. Poliuri atau sering buang air kecil padahal tidak banyak minum
  4. Gampang lemas, dan berat badan menurun drastis meski banyak makan dan banyak minum

Kenapa kita harus waspada dengan diabetes? Karena diabetes bisa menyebabkan banyak komplikasi penyakit yang bisa menyerang tubuh. Seperti misalnya :

  1. Gagal ginjal
  2. Kerusakan retina dan gangguan katarak pada mata yang menyebabkan pandangan menjadi kabur
  3. Potensi stroke karena diabetes juga menyerang syaraf dan bisa mengganggu peredaran darah
  4. Gangguan jantung, hati, dan paru-paru

Apakah Penyakit Diabetes Bisa Sembuh?

Lalu, apakah diabetes bisa sembuh total? Jawabannya adalah tidak. Tapi, diabetes bisa dicegah dan dikendalikan. Caranya?

  1. Mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh secara rutin dengan cara pemeriksaan kadar gula darah supaya terkontrol.
  2. Mengonsumsi obat-obatan diabetes atau memberikan injeksi insulin.
  3. Rajin berolahraga agar berat badan tetap ideal
  4. Menjaga pola makan, terutama asupan kalori harian
  5. Menjaga diri supaya bebas dari stres

Harapan kita sih tetap sehat sampai tua dan tidak terkena diabetes. Jangan sampai lah ya? Tapi untuk yang sudah terkena, jangan berkecil hati juga karena penyakit ini bisa dikendalikan. Kuncinya adalah pada disiplin diri dan mematuhi apa yang sudah diatur oleh dokter.

Nah, itu dia sedikit artikel tentang DM atau Diabetes Melitus yang ditulis sebagai salah satu catatan dalam rangka peringatan hari Diabetes Sedunia yang diperingati setiap tanggal 14 November.

Jadi kepo juga nih, apa sih usahamu untuk menjaga tubuh tetap sehat? Share donk…

Radio announcer. Average in everything.

2 Comments

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: