Ada Apa Di Kota Lama Semarang?

“Ke Kota Lama yuk!”

“Mo Ngapain?”

“Ya jalan-jalan lah…”

“Ih, jalan-jalan kok ke Kota Lama. Sepi!”

Wah, kurang update kayaknya. Kota Lama Semarang saat ini bukan lagi kawasan yang membosankan dan kumuh. In fact beberapa tahun belakangan kawasan ini semakin “menor” karena dipercantik di sana-sini. Tidak hanya melulu berisi bangunan-bangunan tua yang tampak membosankan bagi sebagian orang, tapi area ini mulai berkembang menjadi salah satu tujuan wisata sejarah yang nggak cuma itu-itu aja.

Pemerintah Kota Semarang sendiri punya niatan untuk melakukan restorasi terhadap beberapa bangunan tua di wilayah ini. Perda no 14 no 2011 menjadi salah satu payung hukum yang digunakan untuk memperlancar proses ini. Restorasi dan renovasi ini ditujukan untuk mempercantik sekaligus menggiatkan kembali kegiatan niaga di sekitar wilayah tersebut. Jadi kawasan ini berpotensi menjadi pusat wisata dan niaga yang diharapkan menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Etapi tenang, restorasi dan renovasi ini nggak akan meubah total atau menghilangkan elemen penting dari bangunan yang bersangkutan atau wajah Kota Lama secara keseluruhan kok. Jadi Kota Lama akan dijaga orisinalitasnya tapi dengan sentuhan yang lebih moderen.

Ada Apa Di Kota Lama Semarang?

Ada macem-macem! Makanya, kamu nggak perlu bingung dan bertanya-tanya, “ngapain ke Kota Lama?”. Karena Kota Lama juga bisa jadi tempat jalan-jalan yang seru. Nggak percaya? Yuk kita tengok apa saja yang bisa kamu nikmati di kawasan ini :

  1. Gereja Blenduk

    Ada Apa Di Kota Lama Semarang?

Salah satu ikon terkenal di area ini adalah sebuah gereja yang udah nggak asing lagi. Gereja Protestan Indonesia Barat Immanuel atau yang dikenal dengan nama Gereja Blenduk adalah gereja protestan tertua di Jawa Tengah. Dibangun pada 1753 gereja ini terkenal karena bentuk kubahnya yang kalau dalam bahasa Jawa disebut mBlenduk. Bentuknya octagonal dan hingga sekarang masih rutin digunakan untuk pelaksanaan ibadah. Kamu bisa kok masuk ke dalamnya untuk melihat desain arsitektur gereja yang juga terkenal dengan kaca mozaiknya yang indah. Kalau nggak ada kegiatan ibadah, pengunjung diperbolehkan masuk untuk sekedar berfoto dan mengagumi desain interior dari gereja yang pernah ngedapetin penghargaan dari Perkumpulan Arsitektur Seluruh Indonesia. Nggak ada biaya masuknya lho alias gratis. Sepanjang nggak ada acara ibadah, pintu Gereja Blenduk terbuka setiap Senin sampai Sabtu mulai jam 9 pagi hingga 3 sore.

  1. Taman Srigunting

    Ada Apa Di Kota Lama Semarang?

Dulu taman ini nggak begitu menarik. Tapi beberapa tahun belakangan Taman Srigunting makin cantik aja. Nggak cuma makin asri, tapi beberapa fasilitas pendukung juga disediakan seperti tempat duduk berupa bangku batu, jembatan selfie, sampai tempat dispenser air siap minum. Dulu pernah dilengkapi juga dengan sebuah rak buku kecil yang disediakan untuk pengunjung. Tapi sayang, ide bagus yang digagas oleh rekan-rekan dari Goodreads Semarang ini sepertinya nggak terlalu dapat dukungan dari masyarakat sekitar. Terbukti rak bukunya mengalami kerusakan, dan beberapa koleksinya pun raib entah kemana. Kayaknya kita masih punya PR besar untuk urusan merawat fasilitas umum ya? Anyway, Taman Srigunting sering juga digunakan oleh para anak muda kreatif kota Semarang yang sering terlihat membuat video untuk project mereka di Taman ini.

Ada Apa Di Kota Lama Semarang?
Salah satu atraksi di taman srigunting. Foto Bayar sukarela.

Ada Apa Di Kota Lama Semarang?

  1. Bangunan-bangunan bersejarah

 

Ada Apa Di Kota Lama Semarang?
Kamu bisa menjelajah kota lama lho…
Ada Apa Di Kota Lama Semarang?
Sayang ya banyak corat-coretnya

Kalau kamu termasuk yang suka kagum sama bangunan-bangunan tua, Kota Lama nyediain apa yang kamu perluin. Kamu bisa berlama-lama kagum sama desain dan arsitektur gedung di tempat ini. Beberapa memang udah direstorasi dan tampak lebih modern, tapi masih banyak gedung dipertahankan keasliannya. Bangunan-bangunan tua ini juga sering jadi background yang oke untuk sekedar berfoto atau membuat video. Bahkan banyak yang menjadikan landscape  Kota Lama menjadi tempat untuk membuat foto pra-nikah atau pre wedding. Salah satu bangunan yang sudah lama berdiri di sana dan masih berfungsi dengan baik adalah Gedung Jiwasraya yang berada tepat di seberang Gereja Blenduk.

  1. Pasar Seni & Barang Antik

Ada Apa Di Kota Lama Semarang?

Di Kota Lama ada 2 area yang digunakan untuk para pedagang barang antik menjajakan dagangan mereka. Ada 1 area yang diberi nama Padangrani, sementara lainnya adalah KokaKola. Seperti yang terlihat di foto, kepanjangannya lucu ya? Walaupun berbeda area, tapi kurang lebih isinya sama. Kalau kamu penyuka barang antik dan ingin mengoleksi, boleh tanya-tanya di sini. Tapi inget ya, nggak usah banyak nanya kalau enggak beli, apalagi kalau pake ngacak-acak barangnya, nanti kamu bisa kena semprot! Hahaha. Yang pasti kudu pinter-pinter nawar aja sih kalau mau beli barang di sini.

Ada Apa Di Kota Lama Semarang?

[baca juga postinganku soal Pasar Klitikhan Kota Lama]

  1. Kuliner

Ada Apa Di Kota Lama Semarang?
Salah satu yang bisa kamu nikmati di KOta Lama

Kalau ke Kota Lama nggak usah bingung cari tempat makan. Kota Lama nyediain semua yang kamu perluin. Mulai dari Nasi Rames, Nasi Padang, Sate Kambing, sampai makanan-makanan ala bule di resto deket-deket situ. Nanti aku tulis di bagian lain blog ini deh ya? Yang pasti ada banyak pilihan makan di sini. Eh, banyak juga lho pedagang kaki lima yang suka mangkal di tempat ini. Pokoknya kamu nggak akan kelaparan deh.

Ada Apa Di Kota Lama Semarang?

6. Old City 3D Art Museum & Semarang Contemporary Art Gallery

Buat kamu yang suka berfoto dengan efek spesial tipuan mata, kamu boleh banget berkunjung ke Old City. Tempat ini nawarin atraksi tipuan mata buat foto-foto seru bareng temen dan keluarga. Di sini juga ada atraksi baru yang juga sedang happening yaitu foto dengan properti terbalik. Old City menamainya dengan atraksi Kuwalik yang artinya Terbalik. Tiket masuk di Old City adalah 40 ribu untuk hari biasa dan 50 ribu untuk akhir pekan. Selain Old City, kamu juga bisa berkunjung ke galeri seni yang diberi nama Semarang Contemporary Art Gallery. Cukup dengan membayar 10 ribu rupiah kamu bisa menikmati beberapa koleksi seni milik Bapak Chris Darmawan yang dipajang disana. Semua koleksi yang ditampilkan adalah milik pribadi. Tempat ini juga beberapa kali menjadi penyelenggara dari pameran seni kontemporer dari para seniman dalam negeri.

Ada Apa Di Kota Lama Semarang?

Ada Apa Di Kota Lama Semarang?

[ baca juga postinganku tentang Melatih Pose di Old City]

Nah, ternyata jalan-jalan ke Kota Lama Semarang itu sama sekali nggak ngebosenin. Di sana ada banyak hal yang bisa kamu lakuin, ada banyak tempat yang bisa kamu datengin. Oh iya, kawasan ini juga sering digunakan untuk pelaksanaan beberapa event menarik seperti festival Kota Lama, atau beberapa event musik yang ngedatengin bintang tamu dari Jakarta.

[baca juga postinganku tentang Festival Kota Lama]

Jadi yuk, kita jalan-jalan ke Kota Lama Semarang! 🙂

NB : Semua foto adalah koleksi pribadi.

Author: nunoorange

Radio announcer. Average in everything.

10 Replies to “Ada Apa Di Kota Lama Semarang?”

  1. Hari ini dua x berkunjung ke blog yang kece maco ini, hehe…Semang? Hhmm…pernah beberapa kali karena ada sepupu yang tinggal di Semarang, tapi untuk jalan-jalan belum pernah, seperti ke Kota Tua Semarang ini. Keren banget Semarang sudah punya DRINKING WATER udah seperti di LN aj. Jakarta aja belum punya lho, apalagi Tangerang Selatan wilayah tempat tinggal bunda., Kap.an ya bunda bisa puya blog tampilannya keren kek gini nih, hiks…#koqnewbieterustohakuiki.

  2. Weeew, ciamik nih. Pas banget saya lagi di Semarang dan waktu tinggal disini pendek banget, nyari2 referensi yang bisa dilakukan di Semarang dalam waktu singkat. Thanks ya udah ngasih info dari postingan ini. Eniwei, blog walking juga ya ke tempatku.. hehehhee

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

%d bloggers like this: