Personal

5 Tips Sehat Ala Nuno Orange

“Hah?! Nggak salah tuh si gembrot yang doyan makan itu punya 5 tips sehat?” *Mata terbelalak* Nggak kok, nggak salah. Beneran! Biar gembrot begini saya punya tips supaya tetap sehat. | 5 tips sehat

Kalau tips sehat datang dari Jennifer Bachdim mah udah biasa. Kalau tips sehatnya datang dari saya? Itu baru luar biasa…

Nggak kok…saya nggak akan masukin soal olah raga di sini. Masa iya saya yang males olahraga gini bakal nyaranin kamu buat berolahraga? Hehehehe. 5 tips sehat ini mungkin paling gampang dan cocok buat para pemalas. 😀

Langsung aja ya…

5 Tips Sehat ala Nuno Orange

Minum cuka apel

lagi suka minum ini

Saya lagi mulai nyoba rutin minum cuka apel. Konon kabarnya cuka apel punya manfaat buat kesehatan, terutama pencernaan. Biasanya saya campur 2 atau 3 sendok teh dengan air hangat atau dingin, diminum saat pagi dan malam menjelang tidur.

Ada kabar sih kalo cuka apel ini nggak boleh diminum oleh mereka yang punya keluhan asam lambung. Tapi saya pernah lihat postingan di Instagram nyebutin, penderita asam lambung bisa kok minum cuka apel.

Asalkan tahu caranya. Mulai dengan porsi kecil dulu pelan-pelan sampai beberapa waktu. Nanti kalo sudah terbiasa, bisa ditingkatkan ke porsi normal. Inget ya, porsi normal paling enggak 2-3 sendok teh sekali minum.

Meskipun asam, cuka apel hampir sama dengan perasan jeruk nipis atau lemon, yang ketika masuk ke dalam tubuh justru akan menjadi basa dan menyeimbangkan kadar Ph dalam tubuh. Katanya begitu…

Saya mah percaya aja. Lagian selama minum ini saya hampir nggak punya keluhan. Dan di badan enakan sih. Entah ini sugesti atau apa, tapi sejauh ini cukup berfaedah. Urusan ke belakang jadi lancar. Hehehe.

Oh iya, saran saya, beli cuka apel yang unfiltered dan organik ya. Kalau bisa yang ada “THE MOTHER” atau biangnya. Biang itu adalah sejenis protein yang bagus banget buat pencernaan. Harga cuka apel yang jenis itu agak jauh lebih mahal, cuma lebih bagus daripada yang filtered. 

Note : Cuka apel baunya ga enak. Tapi biasanya yang model begini malah berkhasiat. Betul nggak?

Bersahabat dengan teh hijau

teh hijau favorit saya 😀

Saya ini termasuk yang demen banget sama teh hijau. Dulu malah bisa abis sampai lebih dari 5 cangkir sehari. Tapi sekarang sudah turun dosis sampai 3 cangkir saja. Yang berlebihan tak baik juga kan?

Biasanya saya minum teh hijau beberapa saat setelah makan, apalagi kalau makan yang berlemak-lemak. Jadi hilang rasa bersalah saya… :))

Tapi konon, kalo abis makan jangan langsung minum teh, karena akan menyebabkan zat besi dan beberapa mineral dalam makanan jadi tak bisa diserap dalam tubuh. Dalam jangka panjang bisa berbahaya karena menyebabkan anemia atau kurang darah.

Jadi, dijeda dikit paling enggak 1 jam setelah makan lah.

Untuk dosis ideal, katanya sih khasiat teh hijau baru bisa maksimal kalau diminum 5 cangkir sehari. Tapi semuanya tergantung kebutuhan. Karena dari pengalaman saya, banyak minum teh hijau jadi sering bolak-balik ke kamar kecil.

Kenapa? Karena teh ini sifatnya diuretic alias bikin beser.

Ditambah lagi kalau kebanyakan, bikin susah tidur karena teh juga mengandung kafein meskipun dosisnya kecil. Terkait dengan itu juga, waktu yang pas minum teh hijau itu adalah di jam 10 pagi, 1 siang, dan 4 sore.

Oh iya, penyeduhan teh hijau ada caranya lho. Dan bagaimana meningkatkan khasiat segelas teh hijau sudah saya tulis disini.

Banyakin air putihnya ya

Yang ini klise banget deh. Tapi berhubung saya konsumsi teh yang sifatnya diuretik, maka saya perlu minum banyak air putih biar nggak dehidrasi.

Salah satu tandanya kalo dosis tehnya udah kebanyakan, bibir biasanya jadi agak kering. Makanya kudu diimbangi dengan minum air putih yang banyak.

Seringnya kalo di kantor emang kadang suka kelupaan. Begitu udah ngadep depan komputer, biasanya suka lupa atau males buat ngambil air.

Saya punya caranya nih. Sediain aja botol minum ukuran gede minimal 2 liter, terus dibawa ke kantor dalam keadaan kosong. Nanti begitu nyampe kantor dan ketemu dispenser (kalo ada), langsung deh diisi. hehehe. Jadi nggak kelupaan lagi.

Minum air putih ini penting banget sih menurut saya. Apalagi kerjaan saya lebih banyak duduknya. Biasanya tubuh ngasih tahu kalo asupan airnya berkurang.

Salah satunya sembelit. Jadi, rajin-rajinlah minum air putih setelah bangun tidur, sepanjang beraktivitas, dan menjelang tidur. |5 tips sehat

Tidur siang bentar

Nah, yang satu ini mungkin agak susah dilakuin sama sebagian besar orang. Apalagi kerjaannya nggak bisa ditinggal tidur siang.

Beruntungnya saya bekerja di bidang yang cukup santai. Jadi mau tidur siang pun tak apa.

E tapi sebenernya, bisa kok diakalin. Pakai aja jam istirahat siang buat taking nap paling enggak 20 menit. Durasi ini ideal karena bagus buat mengembalikan energi yang hilang setelah setengah hari beraktivitas.

Tapi kadang ada orang yang nggak bisa tidur siang barang sebentar karena begitu bangun, kepala malah pusing dan mood jadi berantakan.

Buat saya, tidur siang sebentar saat jam istirahat benar-benar bisa meningkatkan kewaspadaan sehingga ketika ngegarap kerjaan tuh enak banget.

Ada yang bilang, sebelum tidur siang minum teh atau kopi dulu, biar ketika bangun nanti, mata jadi melek dan tenaga udah balik.

Cuma perlu diakali ya. Tidurnya jangan setelah makan (padahal ini saya banget) dan durasinya jangan lama-lama (maksimal 20 menit).

Cobain deh. 😀 | 5 tips sehat

Let Loose

Pernah denger istilah psikosomatis nggak sih? Itu tuh, keluhan kesehatan yang disebabkan karena kebanyakan pikiran? Biasanya keluhan fisik ini jadi nggak terdeteksi sebabnya saat pemeriksaan dan terlihat baik-baik aja. Tapi ternyata, semuanya karena kebanyakan mikir yang enggak-enggak.

Jujur aja, saya juga lagi belajar soal ini. Nggak gampang lho buat nggak banyak pikiran. Ya namanya hidup ya? Bermasalah itu pasti. Apalagi kalo berhubungan sama orang lain. Waduh, pasti mau nggak mau jadi kepikiran.

Tapi asli deh, belajar cuek pada beberapa hal (termasuk omongan orang) bikin pikiran jadi tenang. Kalo udah gini badan rasanya enaaaaak banget.

Masing-masing dari kita kayaknya harus punya MANTRA sendiri buat meringankan hati dan pikiran. Mantra yang bisa diucapkan untuk menenangkan diri.

Tuh kan, nggak ada tips tentang olahraga? Hehehe.

Tapi aslinya penting kok. Meski tidak rutin saya sendiri suka download video tutorial olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah dan sambil tiduran (tetep!). Lumayan lah, gerak-gerak dikit bikin otot jadi enggak kaku.

Selain itu saya suka nonton video-video hewan dan bayi lucu. Bisa tersenyum dan ketawa, itu sudah lebih dari cukup. Yang penting jangan terlalu “spaneng” aja dah. Insya Alloh sehat. | 5 tips sehat

Oh iya, satu lagi. Sering-seringlah menyetrika baju di siang yang panas. Jangan pake kipas, jangan di ruang ber-AC. Kegiatan ini akan menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat sehingga badan jadi enteng, pori-pori kulit wajah jadi terbuka sehingga akan terlihat kinclong! 

Nggak percaya? Lakukanlah dan kabari hasilnya ya? 😀

Begitulah 5 tips sehat ala Nuno Orange. Semoga bermanfaat. Pokoknya kamu harus sehat-sehat terus pokoknya. Biar bisa nyelesein #BPN30DayChallenge2018 sampai akhir. 

Semangat!

5 tips sehat

3 Comments

  1. Jeci December 3, 2018
  2. Zai Z December 4, 2018
    • nunoorange December 4, 2018

Terima kasih sudah baca sampai selesai. Boleh tinggalin sedikit komentar nggak? Nanti saya kunjungi balik deh. Link Hidup akan dihapus ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: