Baterai smartphone yang mudah habis ketika dibawa bepergian liburan ke luar kota adalah salah satu hal yang menjengkelkan. Ketika liburan, smartphone memang akan lebih sering digunakan dari biasanya, misal untuk foto-foto, berkomunikasi dengan teman, juga membuka social media. Hal ini akan memperboros baterai smartphone dan jika baterai sudah habis, maka suasana liburan Anda akan terasa kacau. Apalagi jika Anda tidak membawa powerbank, atau tidak ada charge port yang tersedia di sekitar Anda.

Menghemat baterai smartphone adalah hal yang penting untuk dilakukan dalam perjalanan jauh, atau sedang berpergian. Terlebih jika smartphone Anda digunakan terus menerus. Smartphone akan bekerja keras lebih, mudah panas lalu baterainya akan terkuras habis lebih cepat.



Ngomong-ngomong soal liburan ke luar kota, pastikan rencana perjalanan sudah disiapkan baik-baik supaya tidak merusak rencana liburan. Untuk perjalanan liburan ke luar kota, Anda bisa menggunakan transportasi travel Daytrans yang akan membawa ke tujuan yang Anda inginkan.
Travel Daytrans bisa dipesan tiketnya secara praktis melalui Traveloka.

Lalu, bagaimana cara menghemat baterai smartphone saat perjalanan liburan ke luar kota? Simak ulasan selengkapnya di artikel ini ya.

1. Mengaktifkan mode penghemat baterai

Mode penghemat baterai atau seringkali dikenal sebagai power saving mode pasti seringkali ditemukan di smartphone. Gunanya fitur power saving mode adalah untuk menghemat penggunaan baterai pada smartphone dengan cara mematikan beberapa fitur di smartphone secara otomatis, semisal jika Anda mengaktifkan power saving mode pada smartphone, otomatis brightness akan turun, bluetooth akan mati, dan sebagainya. Mengaktifkan mode penghemat baterai akan sangat penting untuk dilakukan ketika smartphone akan dibawa pada perjalanan jauh untuk liburan.

2. Gunakan layar dark mode

Fitur terbaru yaitu dark mode, akan membantu Anda menghemat baterai smartphone karena kebutuhan dayanya lebih rendah dibandingkan light mode atau layar terang. Dark mode ini adalah mengubah layar menjadi gelap, dan teks akan berubah menjadi putih. Sedangkan light mode adalah sebaliknya dari dark mode. Selain membantu menghemat baterai smartphone, layar dengan dark mode juga akan membantu mengurangi cahaya yang terlalu terang pada smartphone sehingga tetap menjaga kesehatan pada penglihatan untuk para pengguna smartphone.

3. Kurangi kecerahan layar

Layar dengan brightness yang terlalu tinggi akan membuat baterai mudah terkuras dan habis. Baterai akan jauh lebih hemat jika Anda mengurangi brightness hingga level yang rendah sekitar 25%.

4. Mematikan data seluler

Mematikan data seluler ketika sedang tidak digunakan bisa menjadi salah satu cara menghemat baterai smartphone. Data seluler yang menyala terus menerus akan membuat smartphone Anda terus bekerja dan notifikasi pada seluruh aplikasi akan muncul terus menerus. Bukan berarti data seluler dinonaktifkan seharian, Anda bisa sesekali menyalakan data seluler ketika butuh.

5. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Terlalu banyak aplikasi yang aktif pada smartphone akan membuat smartphone terlalu berat dan bekerja lebih ekstra. Selain memenuhi memori pada smartphone, ini juga bisa menjadi alasan mengapa baterai smartphone Anda mudah sekali terkuras. Pasti ada sebagian aplikasi yang sudah tidak digunakan pada smartphone. Hapus aplikasi yang sekiranya sudah tidak digunakan, agar baterai bisa lebih awet dan tidak terkuras percuma.

6. Jangan memainkan smartphone untuk hal yang tidak perlu

Anda pasti merasa bosan berada dalam perjalanan jauh menuju ke luar kota untuk berlibur. Terutama jika Anda menggunakan transportasi seperti travel, kereta api, mobil pribadi, yang lebih menghabiskan waktu ketika menempuh perjalanan menuju ke luar kota. Hindari memainkan smartphone untuk hal yang tidak terlalu diperlukan, semisal nonton film, streaming youtube, scrolling media sosial tanpa henti, dan yang lainnya.

Nah, itu dia 6 cara penting yang perlu diketahui untuk menghemat baterai pada smartphone ketika sedang dibawa liburan ke luar kota terutama dengan menaiki transportasi jalur darat.

Untuk Anda yang ingin berlibur ke luar kota namun kebingungan memilih transportasi dan cara pesan tiketnya, bisa cek Traveloka sekarang juga. Traveloka akan memudahkan Anda memesan tiket travel dan juga transportasi lainnya, tentunya dengan cara yang sangat praktis dan anti repot!

0 Comments