Pertanyaan itu yang belakangan muncul di benak saya setelah ngerasain ternyata enak juga belanja online (di shopee) ya? 😁

Dulu ketika belum kenal sama e-commerce yang satu ini saya adalah pengguna setia e-commerce warna ijo. Sekarang masih pakai sih meski frekuensinya tidak sesering saya pake Shopee. Bahkan hanya 2 aplikasi belanja daring ini yang saat ini ada di smartphone saya.

Ketertarikan saya pada Shopee muncul juga karena dipengaruhi oleh teman kerja saya yang sudah duluan ketagihan belanja di sana. Menurutnya, Shopee yang juga sudah tersedia dalam format aplikasi di HP, sangat menyenangkan ketika digunakan.

Barangnya variatif dan lucu-lucu, dan yang terpenting sering bagi-bagi promo, baik potongan harga barang maupun ongkos kirim.

Saya pun penasaran. Sebelumnya saya enggan karena menurut saya waktu itu Shopee ini "cewek banget". Maksud saya identik dengan e-commerce yang hanya menjual barang-barang buat cewek.

Tapi ya ternyata sangkaan saya salah. Lalu pada akhirnya saya malah lebih sering buka Shopee daripada yang satunya.

Fiturnya Banyak

Salah satu yang membuat saya senang belanja di aplikasi Shopee adalah karena e-commerce ini memiliki banyak fitur menarik yang memudahkan pengguna.

Beberapa fitur yang sering saya gunakan adalah :

  • Fitur pencarian barang
Meski Shopee sudah memasukkan barang dalam kategorinya masing-masing, tapi fitur pencarian barang ini sangat memudahkan. Pengenalan kata kunci nya pun cukup baik. Hanya dengan mengetikkan kata kunci yang spesifik kita bisa menemukan barang yang dicari tanpa ribet.

  • E-Wallet
Shopee memiliki dompet digitalnya sendiri yaitu Shopee Pay. Kita bisa melakukan isi ulang atau deposit sejumlah dana ke Shopee Pay. Dana yang tersimpan di sini bisa digunakan sebagai alat pembayaran ketika kita berbelanja di market place.

Selain itu Shopee Pay juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran di banyak gerai-gerai offline.

Enaknya pake Shopee Pay, kita bisa dapat promo ketika berbelanja via aplikasi. Biasanya promo yang diberikan lebih banyak jika kita melakukan pembayaran dengan menggunakan dompet digital ini, termasuk promo gratis ongkos kirim yang biasanya memang dicari banget sama konsumen.

  • Flash Sale
Biasanya ada banyak toko yang melakukan kegiatan penjualan cepat atau flash sale dengan harga yang jauh lebih murah. Dan seperti umumnya flash sale, kegiatan ini dibatasi waktunya.

Cuma sayangnya tidak semua barang dijual cepat di fitur ini. Jadi kalau pas memang sedang nggak nyari barang yang dimaksud, flash sale ini sering saya lewatkan. Tapi kalau pas memang sedang butuh, kegiatan flash sale ini menguntungkan sekali.

  • Games
Setahu saya sih baru Shopee yang punya fitur game di aplikasinya. Fitur ini memungkinkan kita bermain game dengan tujuan mendapatkan hadiah atau hanya sekedar iseng untuk mengisi waktu luang saja.

  • Shopee Pay Later
Fitur yang satu ini belum pernah saya gunakan karena memang belum begitu butuh. Shopee Pay Later adalah layanan kredit yang diberikan oleh Shopee kepada pelangan dengan batas nilai kredit sampai 15 juta rupiah.

Berhubung saya belum pernah pakai, saya belum tahu berapa kisaran nilai minimum pembayaran, besaran bunga, atau denda keterlambatan jika pelanggan tidak membayar angsuran di waktu yang sudah ditentukan.

Layanan ini mungkin akan sangat berguna untuk para reseller yang melakukan kegiatan "kulakan" dalam jumlah besar di Shopee. Atau juga untuk pengguna perseorangan yang memang senang membeli dengan sistem kredit?

Sebenarnya masih banyak fitur-fitur lain yang dimiliki oleh aplikasi Shopee seperti misalnya Shopee Mall, yaitu toko yang dikelola oleh pihak Shopee dimana mereka berani memberikan jaminan 100% barang yang dijual adalah barang orisinal.

Secara interface, aplikasi Shopee ini cukup mudah digunakan. Navigasinya tidak membingungkan dan tidak begitu berat ketika loading.

Oh iya, kita juga bisa membuka toko di Shopee dengan cara yang cukup mudah. Hal ini bisa dilakukan saat pertama kali mendaftar akun Shopee di aplikasi ini tanpa biaya apapun. Jadi buat pelaku UMKM bisa memanfaatkan e-commerce yang satu ini sebagai market place tanpa ribet.

Jadi begitulah, alasan kenapa saya senang menggunakan aplikasi belanja daring Shopee. Dan apakah Shopee bikin ketagihan? Saya bisa bilang iya. Selama ada dana untuk belanja, kegiatan belanja di shopee memang bisa bikin lupa diri.

*tulisan ini dibuat sebagai bagian dari survey yang dilakukan oleh Mahasiswa Tingkat Akhir sebagai keperluan bahan skripsi


0 Comments