Di seberang depan rumah Nenek dulu ada sebuah toko kelontong. Saya lupa nama tokonya tapi masih ingat siapa nama pemiliknya. Namanya Si Lan dan dia biasa dipanggil Cik Lan.

Nenek suka belanja tepung tapioka dan kebutuhan dapur lainnya di sana karena memang sudah langganan. Saya juga sering disuruh beli rokok sama Kakek di toko itu.

Saya masih ingat ketika di suatu siang saya datang ke toko itu, sembari nunggu giliran dijualin, saya berdiri di depan meja Cik Lan. Biasanya saya lihat dia sibuk teleponan sama distributor atau ngitung duit yang segepok dan udah dikaretin. Terus datanglah seorang ibu dan bertanya,

Cik, ono BLENG ora?” (Cik, ada BLENG nggak?”

“Ono, kuwi ngarep mejoku” (Ada, itu di depan mejaku)

Terus si ibu masuk dan mengambil sebuah benda yang ada di depan meja Cik Lan. Bentuknya padat keras berwarna agak kekuningan. Baru tahu benda itu namanya BLENG. Dan bertahun-tahun kemudian ngeh kalo bahan tersebut sering digunakan sebagai campuran pembuatan kerupuk.

Apa itu BLENG?

Kalau kamu kurang awam sama BLENG, saya juga. Tapi BLENG ini bisa kita temukan infonya di internet. Dari yang sama baca, BLENG ini adalah bentuk tidak murni dari BORAKS. Nah, kalau BORAKS ini mungkin kita sudah cukup familiar, kan?

BLENG atau Natrium Biborat, Natrium Piroborat, dan Natrium Tetraborat adalah sebuah campuran garam mineral  berkonsentrasi tinggi. Seperti yang sudah ditulis di atas, BLENG adalah bentuk tidak murni dari BORAKS. Sementara bentuk murninya ya si BORAKS itu.

Keberadaan BLENG sudah sangat lama di Indonesia. Konon, produksinya sudah dimulai sejak tahun 1700 dalam bentuk air BLENG yang dihasilkan dari lading garam atau kawah lumpur. Saking lamanya, nggak heran kalau penggunaan BLENG seperti sudah mendarah-daging di kalangan pembuat kerupuk.

Dalam pembuatan kerupuk sendiri BLENG sering digunakan untuk mengembangkan dan mengenyalkan adonan.

Meskipun sekarang sudah mulai banyak yang meninggalkan penggunaan BLENG, tapi kita nggak tahu mana yang masih pake’ mana yang sudah enggak. Apalagi kalau sudah dalam bentuk jadi kerupuk. Kita hampir nggak bisa mengenali dan asal makan aja.

Padahal efeknya buat kesehatan juga dipastikan buruk. Dosis yang diperbolehkan adalah 1 gram per 1 kilogram atau 1:1000. Jika berlebihan dikonsumsi bisa menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan gangguan keehatan seperti demam, kerusakan ginjal, hingga kematian.

Nggak Cuma BLENG lho?

Tidak hanya BLENG saja yang biasanya ditambahkan dalam pembuatan kerupuk. Beberapa bahan lain juga disinyalir digunakan seperti misalnya :

1. Pemutih ~ digunakan untuk membuat warna kerupuk putih jadi lebih putih dan mengilat sehingga menarik minat orang untuk memakannya.

2. Pewarna non pangan ~ entah masih digunakan atau tidak, tapi pernah ada kasus tentang kerupuk yang menggunakan pewarna non pangan yang biasanya pewarna tekstil untuk menghasilkan warna kerupuk yang menggugah selera.

Bikin deg-degan nggak sih?

Terus gimana? Nggak usah makan kerupuk, gitu? 

Ya nggak bisa.

Kerupuk itu sudah seperti bagian yang menyenangkan dalam hidup kita. Terdengar lebay tapi kita hampir nggak bisa lepas dari yang namanya kerupuk. Orang Indonesia itu konon cuma 2 yang wajib ada di atas meja makan. Yang pertama sambal, yang kedua kerupuk. Ibarat kata kalau sedang bokek, makan dengan nasi putih, sambal dan kerupuk saja sudah cukup. Iya nggak sih?

Maka dari itu perlu banget buat memilih kerupuk yang berkualitas bagus supaya aspek kenikmatan makan dan kesehatan bisa tercapai.

Nah, ngomong-ngomong soal itu, apakah kamu sudah pernah kenalan sama Kroepoek Waroeng? Belum ya? Kalau begitu kita kenalan bareng-bareng aja. Ini adalah rekomendasi kerupuk enak dan sehat yang perlu banget kamu tahu.

Kroepoek Waroeng ini adalah produk asli Indonesia yang berkualitas premium. Diproduksi oleh Cahaya Kencana yang berbasis di Jawa Timur, Kroepoek Waroeng mengedepankan proses pembuatan dan pengepakan yang moderen dan higienis. Dan tentunya juga terbuat dari bahan alami dan berkualitas sehingga cocok juga sebagai pendamping makan seluruh anggota keluarga.

Ada banyak alasan kenapa memilih Kroepoek Waroeng adalah sebuah langkah yang tepat.

  1. Kroepoek Waroeng terbuat dari bahan-bahan pilihan yang alami dan berkualitas. Tidak mengandung bahan tambahan non pangan
  2. Proses pembuatan yang higienis dan moderen
  3. Sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM dan SUDAH BERSERTIFIKAT HALAL dari MUI
  4. Mengantongi sertifikat HACCP dan ISO 22000:2005 tentang Sistem Manajemen Keamanan Pangan
  5. Punya banyak varian yang bisa jadi pilihan seluruh anggota keluarga
  6. Desain packaging yang sangat eye catchy dan mewah







Selain itu beberapa varian produk Kroepoek Waroeng juga NON-MSG yang tentunya aman untuk camilan sehat seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak.

Kerupuk Untuk Anak? Emang Ada?

Saya punya 2 bocil di rumah yang berusia 11 dan 5 tahun. Mereka ini doyan makan kerupuk sama seperti saya. Apalagi yang paling kecil suka banget ngemil kerupuk sambil nonton kartun di TV.

Soal ini Kroepoek Waroeng punya varian produk kerupuk untuk anak lho. Berada di bawah lini merek The MunchingQueen, Cahaya Kencana memproduksi varian ini yang ditujukan untuk anak-anak dan remaja.



Dengan kemasan yang berdesain mewah, The Munching Queen punya beberapa varian rasa seperti : Sauted Balinese Spices, Caramelized Corn and Parmesan, Sour and Cream Onion, dan Spicy Padang Sauce. Sementara itu 2 produk lainnya adalah Fish and Cheese dan Truffle Fish and Cheese (ini saya suka banget!)


 

Yang menarik dari varian produk dari The Munching Queen adalah ukurannya yang sangat kids bite banget, renyah tapi nggak keras. Jadi bisa dibilang produk The Munching Queen memang varian kerupuk sehat untuk anak-anak dan remaja yang sangat pas untuk mereka.

Melihat dari ragam produk dan varian Kroepoek Waroeng yang berkualitas, nggak heran kalau produk mereka bahkan sudah didistribusikan hingga ke mancanegara seperti Filipina, Malaysia, Bangladesh, Yaman, India, dan Sri Lanka.

Makan Makin Enak Pakai Kerupuk? Ya Keroepoek Waroeng aja!

Kenapa? karena selain berbagai alasan yang sudah ditulis di atas, pengolahan produk mentahnya juga sangat mudah. Dengan deep fry menggunakan minyak ataupun dengan air fryer. Selain digoreng, beberapa varian seperti kerupuk bentuk bintang atau star shapped crackers juga bisa diolah menjadi seblak yang enak. Penasaran? coba aja di rumah.

Kerupuk yang menurut saya sangat versatile yaitu bisa dijadikan teman makan besar atau juga sebagai camilan selalu punya tempat tersendiri di hati kita. Benar bukan? 

itulah kenapa sangat penting untuk memilih produk kerupuk yang enak, aman, dan halal untuk keluarga kita. Selain itu produk keroepoek Waroeng juga mudah didapatkan.

Tanpa harus keluar rumah kita bisa berbelanja Keroepoek Waroeng melalui beberapa market place seperti Shopee atau Tokopedia. Untuk informasi yang terkini mengenai Keroepoek Waroeng, kamu bisa mengikuti akun instagram mereka di @eatwaroeng dan @themunchingqueen 

 

0 Comments