Korean Wave, begitulah istilah yang sudah cukup lama digunakan untuk menggambarkan pengaruh kebudayaan dari Korea Selatan yang mendunia. Melalui seni seperti film dan musik, Korea Selatan sepertinya berhasil menjadi salah satu negara yang berpengaruh di bidang budaya.

Nggak ketinggalan juga dalam urusan kuliner. Lewat "DraKor" atau Drama Korea, kita bisa mengenal banyak jenis makanan yang sangat populer di negeri ginseng tersebut. Dan inilah yang juga menginspirasi Harris Hotel untuk mengangkat tema "The Taste of Seoul" sebagai tema kuliner mereka.

Tema Yang Selalu Berganti

Harris Hotel seperti halnya hotel lain, selalu mencari tema baru untuk divisi F&B-nya di periode waktu tertentu. Dan bulan Maret ini mereka memperkenalkan menu-menu baru yang terinspirasi dari kuliner Korea Selatan yang mendunia.

Uniknya, tema ini digunakan oleh seluruh jaringan Harris Hotel yang ada di seluruh Indonesia. Hanya saja mungkin 1 hotel dengan hotel yang lain menyajikan menu yang berbeda, meskipun tetap dalam 1 tema yaitu The Taste of Seoul.

Saya termasuk yang beruntung diundang untuk mencicipi menu baru dari Harris Hotel Semarang. Bersama dengan beberapa foodies  dan media daring di Semarang, saya berkesempatan menikmati 4 macam menu yang ditawarkan oleh Harris Hotel Semarang.



4 Menu The Taste of Seoul

Beberapa menu yang tersaji pada acara yang diselenggarakan pada 12 Maret lalu adalah sebagai berikut :

  • Beef Bulgogi Set

Bulgogi adalah salah satu hidangan yang sangat terkenal di Korea Selatan. Daging panggang yang bercita rasa manis gurih ini biasanya dipanggang menggunakan bara api. Tapi pada perkembangannya kita bisa menggunakan wok atau wajan untuk memasak daging sapi bulgogi.

Daging sapi yang dimasak dengan cita rasa bumbu khas KorSel ini sudah disajikan lengkap bersama nasi putih, kimchi, dan saus pedas ala Korea.

Makanan yang dijual seharga 58 ribu rupiah ini terbilang sangat mengenyangkan. Porsinya cukup dan tidak berlebihan. Dagingnya juga lembut dengan bumbu yang juga tidak berlebihan. Kimchi yang asam dan saus pedasnya jadi pendamping yang pas untuk daging Bulgogi yang manis gurih.

Menurut saya ini adalah menu makan siang atau malam yang pas untuk kamu yang suka dengan daging sapi.

  • Bibimbap

Salah satu hidangan yang tidak boleh dilewatkan terutama oleh pecinta makanan Korea. Sajian seimbang yang berisi sayuran dan protein ini juga sangat terkenal di negara asalnya.

Bibimbap terbilang sebagai makanan yang lengkap dan sarat nutrisi. Terdiri dari putih, sayur-sayuran yang sudah dibumbui, olahan daging, telur, dan tidak lupa telur mata sapi yang jadi pelengkap.

Biasanya Bibimbap disajikan bersama dengan saus Gochujang di atasnya, tapi untuk olahan Bibimbap ala Harris Hotel Semarang ini Gochujang sudah dimasak bersama sayur dan dagingnya.

Rasanya? Tentu saja memanjakan lidah. Asin, manis, gurih, jadi satu di semangkuk Bibimbap. Dan tentunya sangat mengenyangkan!

Oh ya, menariknya adalah Harris Hotel juga menggunakan Nasi Jahe seperti dalam masakan Cina. Tapi kalau kamu tidak terlalu menyukai nasi jahe, kamu bisa memilih nasi putih biasa.

Sajian ini bisa kamu nikmati hanya dengan 38 ribu rupiah saja. Murah bukan?

  • Korean Spicy Chicken

Hidangan ketiga adalah Korean Spicy Chicken. Nasi putih dengan ayam goreng renyah yang diolah bersama dengan Gochujang ini disajikan bersama dengan seporsi kimchi yang segar. 

Ayam saus pedas ini bisa juga diatur levelnya lho. Kalau kamu termasuk penyuka makanan pedas, boleh memesan menu ini dengan level pedas yang sesuai dengan selera kamu.

Kalau yang ini cocok untuk menu makan siang kamu dan keluarga. Harganya juga terjangkau. Hanya 38 ribu rupiah saja. 

  • Tteokbokki

Sejatinya Tteokbokki adalah makanan kaki lima yang termasuk dalam makanan ringan atau snack. Tapi buat saya menu yang satu ini juga bisa jadi hidangan utama karena bahannya yang terbuat dari tepung beras.

Nyatanya, Tteokbokki ini sering kali cukup mengenyangkan. Yang pasti makanan yang satu ini nggak boleh dilupakan kalau kamu berkunjung ke Harris Hotel Semarang untuk menikmati rangkaian hidangan The Taste of Seoul.

Seporsi hanya 20 ribu saja! Kamu akan mendapatkan Tteokbokki yang menurut saya teksturnya nggak terlalu keras, kenyal tapi tidak terlalu lembek sehingga tidak bikin eneg. Saya sih suka tekstur Tteokbokki yang disajikan Harris Hotel ini. Saus Gochujangnya juga cukup pedas menurut saya. Dan juga kental!

Karena beberapa kali saya makan Tteokbokki dengan saus yang terlalu encer dan ini yang kadang bikin eneg. Sudah tekstur kue berasnya terlalu lembek, sausnya pun encer. Yang ini nggak lho. 

Penasaran? Kalian bisa coba menu ini.

Menu Minuman Yang Juga Perlu Kalian Coba

Selain 4 menu utama yang terangkum dalam The Taste of Seoul, Harris Hotel Semarang juga memiliki 3 menu minuman yang perlu dicoba meski tidak termasuk dalam The Taste of Seoul.

Ketiga menu minuman tersebut bisa kalian lihat dalam foto berikut 





Namanya lucu-lucu kan? Harganya juga terjangkau.

Jadi bagaimana? Apa kamu tertarik untuk mencoba rangkaian menu baru The Taste of Seoul dari Harris Hotel Semarang? Kalau iya, silakan mengunjungi :

Harris Cafe - Harris Hotel Semarang di Jalan Ki Mangunsarkoro no. 36 Semarang. Atau bisa menghubungi nomor telepon 024-76530000 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan reservasi. Harris Cafe buka dari jam 10 pagi - 9 malam.

Note : Biasanya menu bertema akan ada dalam periode 3-4 bulan. Silakan tanyakan terlebih dahulu untuk ketersediaan menu yang dimaksud. Harga belum termasuk pajak & service charge. Makanan yang tersaji diinformasikan HALAL oleh pihak Harris Hotel Semarang

0 Comments