Kota Lama Semarang adalah salah satu bagian dari Semarang yang belakangan jadi sangat populer di kalangan pelancong. Seakan belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Semarang dan nggak mampir ke sana. Apalagi saat ini wajah Kota Lama Semarang semakin cantik berkat revitalisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya soal kenapa harus datang ke kawasan Kota Lama Semarang? Apa yang menarik di sana?

Well, saat ini kawasan seluas 31 hektare ini memiliki banyak atraksi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Gereja Blenduk masih menjadi salah satu daya tarik utama di Kota Lama. Selain itu, bangunan-bangunan kuno warisan dari zaman Pemerintah Belanda juga cocok untuk para penikmat sejarah terutama yang berhubungan dengan arsitektur. Oh iya. gedung-gedung ini juga sering dijadikan latar belakang para penggemar selfie lho.

Tidak hanya atraksi landscape saja tapi di sana pengunjung juga bisa mencoba berbagai hiburan yang ditawarkan seperti studio foto 3 dimensi, galeri seni, atau hanya sekadar menikmati sajian kuliner di beberapa kafe, resto atau warung yang tersebar di sekitar kawasan tersebut.

Dan salah satu kafe yang tergolong baru hadir di kawasan Kota Lama Semarang adalah Oud En Nieuw. Seperti apa sih kafenya?

OUD EN NIEUW by TOKO OEN SEMARANG


Kafe yang secara resmi beroperasi sejak April 2020 ini bertempat di bekas gedung Gabungan Koperasi Batik Indonesia. Alamat tepatnya ada di Jalan Mpu Tantular no 29 Semarang. 

Mengusung tema art deco - klasik, interior Oud En Nieuw memang dipengaruhi oleh kedua gaya arsitektur tersebut. Ibu Yeni selaku owner dari Oud En Nieuw mengaku bahwa kecintaannya pada arsitektur memengaruhi konsep penataan ruang di kafe ini.

Untuk yang belum tahu pasti akan merasa familiar dengan konsep kafe ini. Ya, nggak heran juga karena Oud En Nieuw ini berada dalam kepemilikan yang sama dengan kafe dan resto yang sudah sangat terkenal di Semarang yaitu Toko Oen.


Siapa sih yang nggak kenal dengan Toko Oen? Kafe dan Resto yang sudah sangat legendaris ini memang jadi salah satu tujuan kuliner nostalgia di Semarang. Mereka yang ingin menikmati sajian klasik tempo dulu merasa wajib datang ke tempat ini.

Apalagi Toko Oen Semarang adalah satu-satunya resto yang tersisa dari 4 Toko Oen yang tersebar di Yogya, Malang dan Jakarta. Karena 3 Toko Oen yang lainnya sudah dijual dan berpindah kepemilikan.

Keinginan untuk membuka kafe baru di Kota Lama Semarang mungkin juga didorong oleh potensi wisata di kawasan ini. Pengunjung Kota Lama Semarang sepertinya memang tidak menunjukkan tanda-tanda berkurang dari waktu ke waktu. Hanya karena faktor pandemi Corona saja jumlahnya terlihat menurun. Tapi ketika pelonggaran Pembatasan Kegiatan Masyarakat diberlakukan dan konsep kehidupan Normal Baru sudah dijalankan, wisata Kota Lama kembali menggeliat.

OUD EN NIEUW : ICE CREAM PALACE

Meskipun berada di satu manajemen tapi diakui oleh Ibu Yeni bahwa ada perbedaan antara Oud En Nieuw dengan Toko Oen, terutama pada menu sajian yang ditawarkan.

Oud En Nieuw lebih menonjolkan menu es krim sebagai signature-nya. Sesuai dengan tagline dari kafe ini yaitu "ICE CREAM PALACE". Ada lebih dari 15 varian rasa dari Es Krim di Oud En Nieuw yang kesemuanya dibuat sendiri. Ke depannya akan dikembangkan varian rasa lebih banyak.

Selain es krim yang membedakan Oud En Nieuw dengan Toko Oen adalah varian makanannya. Di sini menu "makan berat"nya memang sengaja tidak terlalu banyak. Saat ini yang tersedia adalah western food dengan beberapa pilihan pasta.

Oh satu lagi, karena Oud En Nieuw mengusung konsep kafe. yang nggak boleh ketinggalan dicoba adalah menu kopi racikan mereka. Inilah yang membedakan Oud En Nieuw dengan Toko Oen.

Meski begitu pengunjung masih bisa menemukan kue-kue kering dan roti-roti klasik khas dari Toko Oen yang dijual di Oud En Nieuw. Yang tidak boleh dilewatkan adalah Gandjel Rel dan Poffertjess, salah satu makanan ringan favorit yang sampai sekarang masih jadi idola.

oud en nieuw

oud en nieuw

oud en nieuw

oud en nieuw



Buat yang pengin jalan-jalan ke Semarang jangan lupa mampir ke OUD EN NIEUW ya. Selama masa transisi New Normal kafe ini buka mulai jam 11 siang sampai jam 8 malam.

Oud En Nieuw Kota Lama Semarang
Jalan Mpu Tantular no 29 (ex. Gedung Gabungan Koperasi Batik Indonesia)
Buka jam 11 siang - 8 malam WIB.



0 Comments