Sudah 3 tahun berlalu sejak pertama kali saya menginap di AllStay Hotel Semarang. Tulisannya masih bisa dibaca di sini. Ada beberapa hal yang saya perhatikan berubah. Salah satunya adalah letak tempat parkir yang semula ada di sisi kanan gedung, sekarang berpindah ke sisi sebelah kiri.

Lalu apa perubahan lain yang 3 tahun lalu belum ada?

MAKAN SIANG SANTAI DI BYSTRO

Ketika saya datang saya melihat pemilik blog dotsemarang, Asmari, sedang duduk di salah satu kursi di lobi. Nggak lama kemudian datanglah Mbak Dian, PR Marketing dari AllStay yang menyambut kami. Tidak butuh waktu lama untuk cepat akrab dengan beliau. Maklum, namanya PR & Marketing memang harus supel kan? :D

Ada banyak yang diobrolin. Mulai dari cerita tentang sepeda, bergosip soal para influencer, sampai berbagai macam acara yang ada di kota Semarang.

Obrolan jadi tambah seru ketika menu makan siang yang kami pesan di Bystro – AllStay Hotel, datang ke meja kami. Saya memesan Fiery Bulgogi, sementara Asmari memesan Salmo Dabu-Dabu, dan Mbak Dian sendiri memilih Pizza Pollo Me Now.

Sebelum saya cerita soal makan siang kemarin, saya mau kasih lihat dulu Bystro, restoran dari AllStay Hotel. Terletak di lantai yang sama dengan lobi dan resepsionis, kamu bisa langsung menuju ke Bystro setelah membuka pintu utama dilantai 1.


AllStayHotel

Meski tidak terlalu luas, tapi Bystro di AllStay Hotel ini cukup nyaman mengingat ruangan yang serbaputih dengan atap eternit yang cukup tinggi memberikan kesan lapang. Ornamen hiasan yang ada di dalamnya pun tidak lantas membuat ruangan ini terlihat penuh sesak. Beberapa ornament diletakkan di sebuah rak yang berfungsi sebagai sekat antara lobi dengan resto.

MENU di BYSTRO

Untuk ukuran resto di sebuah hotel terutama yang berbintang 3, menu di Bystro terbilang “sederhana”. Bukan dalam artian biasa saja, namun dari segi banyaknya menu yang biasanya justru malah bikin bingung.

Salah satu menu makanan utama yang ditawarkan di Bystro saat ini adalah Pizza dan Rice Bowl. Meskipun begitu, Bystro juga memiliki menu lain yang sudah cukup lama menjadi signature dish mereka yaitu masakan khas Indonesia seperti sop buntut atau western foods seperti steak.

Sekarang saya mau bahas makan siang saya, Asmari, dan Mbak Dian ya.

Fiery Bulgogi Rice Bowl

Saya memesan Fiery Bulgogi Bowl. Nasi putih yang disajikan di dalam mangkuk dengan topping daging sapi Bulgogi pedas dan juga telur ceplok. Telur ini bisa dipilih digoreng matang atau setengah matang. Tentu saja saya memilih telur yang setengah matang dong ya?

Nasi mangkuk yang dijual seharga 39 ribu ++ ini porsinya terhitung banyak buat saya. Daging sapi Bulgoginya pun bukan cuma sekedar hiasan. Potongan dagingnya cukup besar dan empuk. Sausnya pun tidak pelit. Ditambah dengan telur setengah matang, semangkuk nasi Fiery Bulgogi ini sangat cocok untuk makan siang.


AllStay Hotel

Salmon Dabu-Dabu Rice Bowl

Sementara itu Asmari memesan Salmon Dabu-Dabu Rice Bowl. Potongan ikan salmon goreng tepungnya memang tidak terlalu besar. Tapi porsinya juga bisa dibilang nggak cuma sekedar hiasan. Ditambah dengan sambal dabu-dabu yang segar, menu yang satu ini juga nggak kalah enak. Iya, saya juga ikut nyicip menu yang dipesan Asmari. :D Harga seporsi Nasi Salmon Dabu-Dabu ini adalah 49 ribu ++ saja.

AllStay Hotel

Pollo Me Now Pizza

Kemudian ada Pizza Pollo Me Now. Pizza yang berhasil membuat saya ketagihan ini bertopping potongan daging ayam, jamur kancing, potongan kentang, bawang Bombay, dan tentu saja keju yang melimpah. Pizza yang disajikan dengan gaya Italian ini terbilang cukup murah. Hanya 59ribu saja, kamu akan dapat seloyang pizza yang dipotong jadi 8. Soal rasa jangan ditanya. Saya bilang ketagihan karena setelah sesi makan siang ini saya sempat memesan menu pizza yang sama sebanyak 2x melalui layanan pesan antar ojek online.



Dessert : Banana Split & Cheese Cake

Pada sesi makan siang ini sebenarnya Mbak Dian juga ingin mengenalkan salah satu menu dessert  baru yang diberinama Banana Split. Namanya sudah sangat common dan biasa bukan? Tapi tentu saja cara penyajiannya berbeda dibanding dengan Banana Split kebanyakan.

Pada dasarnya makanan penutup ini terdiri dari es krim dan pisang. Tapi dibentuk seperti potongan cake dimana di bagian dasarnya kamu akan menemukan kepingan nougat. Kemudian lapisan atasnya adalah es krim keik dengan isian potongan pisang. Dan di bagian atas ada juga potongan pisang sudah dibakar. Sementara itu ada saus caramel sebagai pelengkap. Harga sepotong Banana Split ini adalah 28 ribu rupiah belum termasuk pajak.


Oh iya, siang itu kami juga mencicipi sepotong Cheese Cake buatan chef di Bystro & Co. Rasanya? So Good! Bahkan saat saya sedang mengetik ini sambil mengingatnya pun membuat air liur saya keluar. LOL! Cheese Cake ini dijual dengan harga 38ribu rupiah.



Menu makan siang kali ini berhasil dengan sangat memuaskan!

ROOM TOUR di ALLSTAY HOTEL SEMARANG

Selepas makan siang, Mbak Dian mengajak saya dan Asmari berkeliling sejenak melihat beberapa ruangan di AllStay Hotel, termasuk ruang pertemuan yang ada di lantai 8.

AllStay Hotel memiliki 2 ruang pertemuan yang secara keseluruhan bisa menampung hingga 150 orang. 2 ruang ini bisa juga digunakan secara terpisah dan cocok sekali untuk rapat atau seminar mini. Desain ruangan dengan corak industrialis bisa dilihat dari corak batu bata yang ada di sekeliling ruang yang digunakan untuk coffee break.

Oh iya, ruang pertemuan ini juga dilengkapi dengan sound system standar dan juga proyektor untuk keperluan meeting ataupun acara lainnya.



Dari sini kami menuju ke lantai berikutnya untuk melihat kamar-kamar yang ada di AllStay Hotel Semarang.

Deluxe Room

Hotel ini memiliki total 90 kamar yang terdiri dari kamar Deluxe dan Junior Suite. Kamar-kamar ini tersebar di 8 lantai.

Untuk kamar deluxe di hotel ini luasnya kurang lebih sekitar 18 meter persegi. Ada 2 tipe kamar Deluxe yaitu Twin dan King Bed. Ruangan yang sangat kompak kalau saya bilang. Ada meja kerja di salah satu sudutnya dengan pemanas air.


Untuk bulan Januari 2020, AllStay Hotel Semarang memberikan promo menarik berupa harga khusus yaitu 397800 rupiah per malam. Penawaran yang menarik bukan?

Junior Suite Room

Sementara itu kamar lainnya adalah Junior Suite. Luas kamar yang satu ini adalah sekitar 27 meter persegi. Selain lebih luas, ada kulkas mini di dalam kamar. Harga promo untuk bulan Januari 2020 adalah 638 ribu rupiah per malam.

Dengan harga segitu, kamu akan mendapatkan pelayanan VIP yang akan memberikan pengalaman menginap tersendiri tentunya.

Oh iya, Junior Suite ini ada di setiap lantai. Dan Junior Suite ini juga bisa difungsikan sebagai Family Room karena letaknya yang bersisian. Dan ada harga spesial jika ingin menginap di Family Room yaitu 1.076.000 rupiah per malam.



Yang saya suka dari AllStay Hotel adalah bantalnya yang berjumlah 4 buah. Mungkin saat ini ada beberapa hotel yang sudah menyediakan bantal sejumlah ini. Tapi sepanjang pengalaman saya menginap di beberapa hotel di Semarang, AllStay adalah hotel pertama yang menyediakan 4 buah bantal di dalam kamarnya termasuk kamar tipe Deluxe. Tidur pun jadi lebih nyaman.

SPA ROOM

Selesai “menengok” kamar demi kamar di AllStay Hotel, Mbak Dian mengajak saya dan Asmari melihat fasilitas lain yang ditawarkan oleh AllStay yaitu Spa Service. Ruangan spa ini ada di lantai 1. Apabila tamu yang menginap ingin menikmati layanan ini, mereka tinggal telpon saja ke front desk dan melakukan reservasi. Untuk harga layanan spa di AllStay Hotel adalah mulai dari 150 ribu rupiah per orang.


Saat ini AllStay Hotel memang belum memiliki swimming pool tapi rencananya akan ada penambahan fasilitas ini. Tapi masih belum diberitahu kapan tepatnya fasilitas ini akan mulai dibangun. Tapi kalau saya lihat, AllStay masih memiliki banyak lahan untuk pengembangan hotel.

Oh iya, di awal tadi saya bilang soal perubahan. Selain tempat parkir yang berpindah ke lahan baru, saat ini AllStay Hotel sudah menerapkan sistem room key bagi para tamunya. Saat saya menginap di tahun 2016 sistem ini belum diberlakukan. Baru tahun 2017 lah semua tamu dibekali dengan room key sehingga lebih privat. Kamar hanya bisa diakses dengan lift oleh pemegang kunci kamar.

So, itulah cerita makan siang dan room tour di AllStay Hotel Semarang. Kalau kamu punya rencana untuk jalan-jalan ke Semarang selama beberapa hari, mungkin hotel ini bisa jadi rujukan untuk menginap. Lokasinya juga sangat dekat ke Simpang Lima dan beberapa lokasi menarik lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website AllStay Hotel Semarang di sini.

0 Comments