Sudah 2 bulan ini saya mulai masak-masak lagi di kos. Berbekal kompor tangkring produksi Blue Gas, saya meracik makan siang dan malam sendiri di sana. Kali ini saya mau berbagi resep bumbu dasar merah, putih, dan kuning.





Mulai masak-masak lagi karena..





Awal mula saya mulai masak di kos lagi karena sekarang kantor sudah enggak nyediain makan siang. Jatah makan siang sekarang diganti uang makan yang masuk ke gaji bulanan.





Kebetulan waktu itu keluarga besar di Comal punya rencana jalan-jalan ke Semarang. Makanya saya langsung telepon Mamah Dedeh biar bisa dibawain kompor plus tabungnya kalo emang jadi jalan. Eh ternyata beneran dibawain dong.





Saat dibawa ke Semarang tabung dalam posisi udah kosong sama sekali jadi cukup aman lah buat diletakkan di bagasi belakang mobil. Alhamdulillah sampai dengan selamat.





Baca Juga : 5 Kuliner Semarang Yang Wajib Kamu Coba





Bumbu Dasar yang memudahkan





Yang kepikiran setelah kompor datang adalah beli peralatan masak sederhana. Saya cuma beli wajan dan panci kecil serta beberapa peralatan masak lainnya. Nggak terlalu lengkap seperti saat di kosan lama. Ada ulegan segala.





Di kosan yang ini nggak ada uleg-uleg dan segala macamnya. Ada juga blender kecil. Tapi dipikir-pikir, repot juga kalau tiap mau masak ngeblender bumbu yang paling butuhnya nggak seberapa.





Akhirnya saya putuskan, harus bikin bumbu dasar!





resep bumbu dasar
bumbu dasar home made




Apa sih bumbu dasar?





Sejatinya bumbu dasar ini cuma berisi bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Tapi bisa juga ditambahkan bahan-bahan lain seperti ketumbar dan berbagai macam bumbu dapur.





Saya tahu bumbu dasar ini dari Rudi Choirudin dan Bu Siska Soewitomo. Dulu waktu masih suka nonton acara mereka, sering tuh ngebahas soal bumbu dasar ini.





Tujuan dibuatnya bumbu dasar adalah demi kepraktisan dan hemat waktu. Karena menurut saya, salah satu yang paling lama dalam memasak adalah di bagian persiapannya. Musti ngupas ini dan itu, nguleg ini dan itu.





Nah, dengan mempersiapkan bumbu dasar ini, saya merasa jadi lebih hemat di waktu memasak. Tinggal cemplungin aja bumbunya, tambahin yang perlu ditambahin, jadi deh! Sesederhana itu!





Buat anak kos yang cuma punya kamar berukuran 3x3, bumbu dasar ini sangat membantu. Apalagi kalau kamu termasuk yang baru mulai belajar masak dan butuh sesuatu yang enggak ribet.





Trust me it works!





Resep Bumbu Dasar





Ada banyak resep bumbu dasar di luar sana. Tapi resep yang saya buat ini mungkin termasuk versi yang paling sederhana.





Yang perlu kamu siapkan adalah :





  • Bawang Merah 1 kilo
  • Bawang Putih 1/2 - 1 kilo
  • Cabe Merah Besar 1/4 kilo
  • Cabe merah keriting 1/4 kilo
  • Kemiri 1/4 kilo
  • Bumbu dapur seperti jahe, lengkuas, & kunyit kurang lebih masing-masing 2 ruas atau lebih
  • ketumbar 100 gram
  • Minyak sayur kurang lebih 1 liter




Kalau dihitung-hitung, yaaaa kurang lebih bujetnya di bawah 100 ribu lah ya. Dengan asumsi harga bahan-bahan tadi masih belum mengalami kenaikan yang signifikan karena beberapa faktor.





Bumbu Dasar Putih









Bahan-bahannya :





  • Bawang merah 50 siung
  • bawang putih 25 siung
  • kemiri 15 butir (sangrai)
  • ketumbar 1 sendok makan (sangrai)
  • Lengkuas & jahe masing-masing 3cm
  • minyak sayur 200 mili liter
  • Garam 1 sdt




Bikinnya mudah. Setelah bawang merah dan putih dikupas, lalu diiris supaya lebih mudah diblender. Campur dengan kemiri, ketumbar, dan minyak sayur. Lalu blender sampai halus.





Bumbu putih bisa digunakan untuk membuat baceman, atau sayur lodeh dan sop. Dan masih banyak lagi tentunya.





Setelah diblender, masak dengan api kecil atau sedang sampai benar-benar matang dan harum.





Bumbu Dasar Kuning









Bahan-bahannya kurang lebih sama dengan bumbu dasar putih.





  • Bawang merah 50 siung
  • bawang putih 25 siung
  • kemiri 10 butir (sangrai)
  • ketumbar 1 sendok makan (sangrai)
  • Kunyit 5-7 cm (dikupas, cuci bersih, lalu sangrai/bakar)
  • Minyak sayur 200 mili liter
  • Garam 1 sdt




Cara membuatnya juga sama dengan bumbu dasar putih.





Bumbu ini bisa digunakan untuk membuat beberapa jenis masakan seperti ikan bumbu kuning, gulai, dan masih banyak lagi.





Note : Kunyit tidak perlu terlalu banyak karena bumbu akan jadi cenderung pahit





Bumbu Dasar Merah









Bahan-bahannya :





  • Bawang merah 50 siung
  • bawang putih 25 siung
  • kemiri 5 butir (sangrai)
  • Cabe merah besar 20 buah cuci bersih potong-potong
  • Cabe merah keriting 20 buah cuci bersih potong-potong
  • minyak sayur 200 mili liter
  • Garam 1 sdt




Cara membuatnya sama dengan bumbu dasar putih.





Bumbu ini bisa digunakan untuk membuat masakan yang berkuah merah atau balado.





Kunci Supaya Bumbu Tahan Lama





Saya sudah 2 kali membuat bumbu dasar ini untuk stok di kos. Percobaan pertama saya masih menemukan bumbu dasar putih dan merah rentan sekali berjamur. Apalagi saya hanya menyimpannya dalam toples kedap udara di suhu ruang.





Tapi dalam percobaan kedua, alhamdulillah bumbu-bumbu tersebut tahan jauh lebih lama meski tidak disimpan dalam kulkas.





Ada beberapa hal yang jadi kunci bumbu dasar tahan lama tanpa pengawet :





  1. Karena sudah ada minyak yang digunakan saat menghaluskan bumbu, kamu tidak menambahkan minyak di awal menggoreng. Tambahkan minyak sedikit demi sedikit di tengah-tengah saja supaya bumbu tidak meletup-letup. Karena kalau dari awal sudah kebanyakan minyak, bumbu akan meletup-letup dan hal ini cukup merepotkan.
  2. Minyak dan garam menjadi pengawet alami dalam bumbu sehingga pastikan kamu menggunakan minyak sayur yang segar dan bukan bekas menggoreng masakan
  3. Garam tidak perlu banyak-banyak karena nanti dalam proses memasak kamu pasti akan menambahkan bahan lain seperti kaldu bubuk misalnya. Garam disini digunakan hanya sebagai bahan pengawet, bukan perasa. Jadi kalau kurang asin, kamu bisa menambahkan saat memasak.
  4. Pastikan kamu menggoreng bumbu dasar dengan api kecil atau sedang dalam waktu yang lama. Membuat bumbu dasar tidak boleh terburu-buru. Buat saat waktumu selo karena proses mematangkan bumbu ini berpengaruh pada daya tahan bumbu.
  5. Ciri-ciri bumbu yang sudah masak benar adalah warnanya berubah menjadi lebih gelap, lalu muncul lapisan minyak di atasnya, dan baunya harum.
  6. Hindari memasak bumbu dasar sampai kering betul, karena dari pengalaman saya bumbu akan jadi pahit. Cukup dimasak sampai muncul letupan-letupan kecil di akhir proses menggoreng. Itu tandanya bumbu sudah matang.
  7. Saat bumbu yang selesai dimasak hendak dimasukkan ke dalam toples kaca (it's a must!), jangan ditutup sebelum bumbu benar-benar dingin. Tujuannya supaya tidak menghasilkan uap air yang akan membuat bumbu cepat bau atau berjamur.
  8. Simpan bumbu dalam kulkas di bagian paling bawah.




Saya juga memerhatikan bahwa bumbu dasar kuning lebih awet dibanding 2 lainnya. Mungkin penggunaan kunyit berpengaruh terhadap daya tahan bumbu. Seperti kita tahu, kunyit adalah bahan alami yang mengandung anti bakteri dan mikroba yang ampuh, sehingga mencegah penjamuran.





Nah, gimana? Mudah bukan resep bumbu dasar untuk segala masakannya? Kamu bisa mencobanya di rumah. Praktis dan hemat waktu. Tinggal cemplung-cemplung deh.





Selamat mencoba!


10 Comments

  1. Iya ya.. bikin bumbu dasar ini memang lebih memakan waktu. Cobain ah.. tapi sbgai manusia yang tak pandai masak, sertakan juga lah mas kegunaan tiap bumbu ini cocok untuk menu apa aja gitu...

    ReplyDelete
  2. Wah mantep nih, bener juga klo masak yang lama itu persiapan bumbunya. Bookmark dl deh, nanti biar bisa jadi panduan buat bikin bumbu dasarnya. Suwun

    ReplyDelete
  3. Pulang sekolah ntar langsung beli toples. Pakai toples platik ki pengaruh ora Mas sama awet tidaknya?

    ReplyDelete
  4. Bisa2 aja sih Mbak. Asal begitu selesai dimasak jangan langsung dimasukin ke wadah. Nunggu biar adem bener, takutnya panas langsung masuk ntar bereaksi dengan wadah plastiknya. Mungkin akan ngaruh ke rasa juga. Jadi kudu nunggu adeeeeem bener sebelum disimpan. Kalo aku pake wadah kaca bisa langsung tak masukin meskipun nutupnya juga nunggu adem si..hahaha. Selamat mencoba ya

    ReplyDelete
  5. Siaaaapp. Cukup membantu mas, apalagi kalo puasa nanti bisa dipake buat masak sahur,

    ReplyDelete
  6. Ahahaha..itu aku tulis sih bisa buat masakan apa aja tapi nggak detil. nanti kapan2 aku masak trus posting disini wes ;))

    ReplyDelete
  7. Aku cuma bikin bumbu dasar putih sama merah, kalo kuning biasanya bikin memdadak waktu masak dengan nambahin kunyit aja

    ReplyDelete
  8. Gitu juga bisaaaa..Pokoknya menghemat waktu deh

    ReplyDelete
  9. Ide yang bagus, Massss. Mamaku juga selalu sedia bumbu jadi kayak gini di kulkas. Cuma kalau males dia beli di pasar hehehehe

    ReplyDelete
  10. :)) Tapi emang PR banget sih kak bikinnya. Lamma! Nggak heran Mamamu juga bisa males bikin.

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.