[DISCLAIMER : INI BUKAN IKLAN YA] Pernah denger tentang PAXEL? Harusnya sih pernah karena belakangan nama yang satu ini lagi santer banget diomongin orang. Nah, mumpung masih baru dan mungkin kamu juga masih agak bingung tentang PAXEL, saya mau berbagi pengalaman tentang gimana Cara mengirim paket lewat PAXEL ya.





Sebelum kamu mengirim paket lewat Paxel, sedikit aku cerita soal PAXEL. Jadi PAXEL itu adalah layanan kurir pengiriman barang atau paket yang masih tergolong baru lho.





Meskipun begitu, nama PAXEL udah mulai dikenal banyak orang. Motto dari PAXEL adalah Antarkan Kebaikan. Tidak hanya berfokus pada pengiriman barang sampai ke tempat tujuan saja, tapi PAXEL juga memerhatikan tentang kualitas layanan yang diberikan.





Cara menggunakan layanan PAXEL





Sebelum kamu menggunakan layanan PAXEL, kamu harus mengunduh aplikasinya terlebih dulu di Google Play. Cari saja "PAXEL" dan nanti kamu akan melihat logo berikut :









Silakan unduh terlebih dulu dan kemudian mendaftar ke layanan PAXEL dengan cara sebagai berikut :









  1. Buka Aplikasi PAXEL kamu, lalu akan muncul beberapa tampilan. Silakan diSKIP saja sampai ke halaman seperti di atas
  2. Lalu masuk ke aplikasi. Ada 3 pilihan registrasi yaitu melalui facebook, google, atau Create Account. [kalau saya sih pilih create account] karena emang pengin ngerasain daftar dari awal.
  3. Setelah kamu klik Create Account, akan muncul halaman seperti di bawah ini








Setelah mengisi nomer telepon yang didaftarkan, kamu akan dibawa ke halaman seperti berikut :









Nomer yang kamu daftarkan tadi akan menerima KODE VERIFIKASI sebanyak 6 angka dan harus kamu isikan ke kolom yang tersedia. Kalau sudah berhasil, maka kamu akan otomatis terdaftar. Tinggal mengatur password untuk aplikasi ini dan mengisi data seperti nama dan username yang akan kamu pakai. Seperti gambar di bawah ini :









Kalau semua tahap ini sudah dilakukan, kamu siap mengirim paket lewat Paxel!









Oh iya, jangan lupa ketika kamu ditawarin program REFERALL, kamu isikan saja kode "nunoorange" di dalam kolom yang disediakan, dan otomatis kamu akan mendapatkan saldo sebanyak 100 ribu. Lumayan banget kan?





Begini cara mengirim paket lewat PAXEL





  • Klik tombol "CREATE SHIPMENT" seperti gambar di atas tadi
  • Masukkan alamat penjemputan paket dan alamat penerima
  • Pilih ukuran barang yang akan kamu kirim. Ada pilihan mulai dari SMALL, MEDIUM, LARGE, dan OPTION. Perlu diperhatikan kalo PAXEL tidak menghitung harga pengiriman menurut berat, tapi dimensi. Jadi ada baiknya kamu mengukur dulu dimensi barang yang akan dikirim supaya kamu bisa menentukan masuk kategori yang mana nih . Yang harus diperhatikan juga, berat barang yang dikirim maksimal 10 kilogram ya.








  • Setelah semuanya dipilih, kamu bisa klik "CONTINUE" kamu akan dibawa ke halaman seperti ini :
  • Silakan isi nama penerima, nomer kontak, alamat, juga jenis barang yang akan kamu kirim di kolom "ADD ITEM TYPES". Jangan lupa centang "FRAGILE ITEM" kalo barang yang kamu kirim termasuk kategori "HANDLE WITH CARE" ya.
  • Kalau sudah klik CONTINUE








dan akan muncul halaman seperti ini, lalu klik AGREE.





mengirim paket lewat paxel




Udah deh! Prosesnya selesai dan tinggal tunggu paketmu dijemput! Iya, dijemput ke rumah. Hehehe.





Jadi, setelah kamu melewati proses pengisian form di atas kamu akan ditelepon dari pihak PAXEL setempat dan mengonfirmasi kalau kamu akan mengirim barang. Setelah itu akan ada petugas yang datang ke rumah atau kantor untuk mengambil barang.





Berikut ini beberapa urutan prosedur pengambilan barang sebelum dikirim :





  1. petugas akan datang dan menanyakan paketnya
  2. paket akan diukur dulu dimensinya untuk memastikan kategori dimensi barang yang dimaksud
  3. Kamu akan diminta berfoto dengan barang yang akan dikirim
  4. Petugas akan menanyakan isi dari barang tersebut
  5. Kamu akan dimintai tandatangan digital sebagai tanda kalau barang sudah diterima oleh petugas penjemput
  6. Petugas akan memasukkan data ke sebuah alat yang akan mengeluarkan sticker barcode yang ditempel di barang
  7. Selesai!




Prosesnya sendiri tidak makan waktu lama dan petugasnya juga ramah.





Oh iya, ada hal-hal yang perlu kamu ketahui.





  1. Barang akan diantar menggunakan kargo pesawat di hari yang sama. Dan barang akan diterima kurang lebih 8 jam kemudian
  2. Saat ini PAXEL sudah melayani berbagai kota besar di Indonesia seperti JAKARTA, BANDUNG, SEMARANG, dan beberapa area kota seperti DI YOGYAKARTA. Cakupannya memang belum banyak, tapi dalam waktu dekat akan diperluas.
  3. Harga barang yang tertera pada gambar di atas adalah masa promosi. Harga barang akan berubah setelah masa promosi berakhir.
  4. Jangan lupa gunakan kode referral yang kamu dapat ya. Silakan gunakan kode "nunoorange" saat pertama kali mendaftar supaya kamu dapat saldo 100 ribu rupiah.




Semoga tulisan ini membantu kamu ya!





UPDATE :





Paketnya sudah sampai di Jakarta semalam sekitar jam 8. Tapi karena alamat yang dituju (sepertinya kantor) sudah tutup, maka paket baru diantar kembali ke tempat tujuan pagi ini dan diterima dengan baik oleh mas Ujang Nana. Aplikasi PAXEL menginformasikan update sebagai berikut:











16 Comments

  1. Waaaahhh Paxel juga akan hadir di Jogja, ga sabaran nyobain kirim paket pakai Paxel.

    ReplyDelete
  2. Keren ya, Mas Nuno.
    Pengiriman jadi cepat. Ini pas banget kalau kirim makanan.

    ReplyDelete
  3. Iya mas. Semalem udah nyampe paketnya. Kirim jam 1 padahal. Tapi berhubung yang nerima paket ga ada di tempat, baru bisa dianterin lagi pagi ini. Tapi so far pakai paxel memuaskan.

    ReplyDelete
  4. Iyaaaa..aku udah nyoba dan oke juga. Barang diambil jam 1, jam 8 malam udah sampai t4. Tapi belum bs diberikan karena yang nerima ga ada di alamat tujuan. Baru bs dianterin lagi pagi ini and it's okay juga. memuaskan sih

    ReplyDelete
  5. Masbro, pas petugas mau ambil barang, ada opsi diambilnya jam berapa nggak?

    ReplyDelete
  6. Kalo opsinya sih kurang tahu, tapi untuk termin pengiriman barang dibagi jadi 2. Sebelum jam 3 dan sesudah. Kalo sebelum bisa diambil siang dan dikirim hari itu juga. Kalo yang sesudah baru akan dikirimkan di hari berikutnya. Untuk pengambilannya sih bisa diinformasikan ke CS pas ditelpon mintanya diambil jam berapa. Begitu Mbak Sist...

    ReplyDelete
  7. Pertama saya bingung kok harganya bisa murah gitu ya? eh.... setelah dibaca terus , ternyata masih promosi. Btw, pengen nyobain, tapi nanti dah kalau sudah ada di Gorontalo. hehe

    ReplyDelete
  8. Apa setelah bayar lewat saldo apk gk bayar cash lagi ?

    ReplyDelete
  9. Sudah tidak perlu lagi, Mas. Itulah kenapa saldo di aplikasi harus mencukupi. Kalau misal ga bayar pake saldo ya berarti harus bayar pake cash

    ReplyDelete
  10. kalau daerah bogor udah ada belum ya? mau ngirim ke jogja

    ReplyDelete
  11. harusnya sih bisa karena setauku PAXEL udah mengcover area JABODETABEK

    ReplyDelete
  12. Bagaimana ya cara cari alamat tanpa harus set pin location maps nya? Soalnya kan gak tau juga letak titik nya berada dimana ,mohon bantuan nya ya makasih

    ReplyDelete
  13. Biasanya saya cuma pake jalannya saja tanpa detail alamatnya. Misal : jalan rasuna said jakarta, tanpa dikasih detil alamat nomer berapa gedung apa. Karena untuk estimasi biaya saja. Karena detil nya sudah tertulis lengkap di paketnya. Jadi ga perlu detil2 banget pas nyari alamat penerimanya. begitu

    ReplyDelete
  14. Apakah bisa pengambilan brg dr terminal di kirim kerumah??

    ReplyDelete
  15. Kalau boleh tau yang dimaksud dengan terminal ini terminal apa kah? Terminal Bis maksudnya? Asal terminalnya masih dalam range area yang terdapat Paxel bisa kok.

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.