Semarang (seperti halnya kota lainnya) terkenal dengan kuliner khasnya. Begitu menyebut Semarang, orang akan langsung tertuju pada Lunpia dan Tahu Gimbal. Padahal ada banyak makanan khas yang jadi trademark kota Atlas. | 5 kuliner semarang





Kalau ditanya di Semarang enaknya makan apa dan kemana, jujur saya agak bingung. Karena di sini banyak tempat makan enak yang kudu dicoba. Nah, berkaitan dengan tema #BPN30DayChallenge2018 hari ke-7, Saya mau ngasih rekomendasi tempat makan atau jajan yang kebetulan sudah tayang di channel Youtube #SemarangJajanTerus.





5 Kuliner Semarang favorit ala Nuno Orange





[[ baca juga : Gelato Matteo ]]





Kafe Pelangi





Kafe yang satu ini mengalami perkembangan yang cukup pesat beberapa tahun belakangan. Dulu tempatnya nggak segede seperti sekarang. Kafe Pelangi terkenal dengan Chiffon Cake kejunya. Cake lembut yang berisi potongan keju menjadi ciri khas dari Kafe Pelangi dan menjadi best seller item.





Kafe Pelangi punya 2 area. Untuk dining di area depan dan tengah juga konter oleh-oleh di bagian belakang. Dulu, orang harus nunggu kalau mau beli Chiffon Cake-nya, tapi sekarang nggak perlu lagi karena barangnya selalu ready. Tenang, fresh from the oven kok.





Untuk sedikit melihat-lihat, silakan putar video di bawah ya.






https://www.youtube.com/watch?v=ndxbONZaNb4




Nasi Gandul Pak Subur





Sebenarnya nasi gandul adalah makanan khas Pati, tapi cukup mendapat tempat di hati penikmat kuliner di kota Semarang. Dinamakan nasi gandul karena konon dulu penjualnya berkeliling menjajakan makanan dengan cara dipikul. Karena selama berjalan barang bawaannya bergoyang-goyang maka disebut juga nasi gandul. Gondal-gandul [bahasa jawa] alias goyang-goyang.





Penampakan nasi gandul sekilas mirip seperti gule. Isinya daging dan jeroan sapi. Salah satu yang terkenal di Semarang adalah nasi gandul Pak Subur yang ada di area rumah sakit Telogorejo Semarang. Seperti apa sih nikmatnya nasi gandul Pak Subur, kamu bisa tonton video singkat di bawah ini :






https://www.youtube.com/watch?v=tIF3Z8q0dnw




Soto Pak Man





Soto Semarang adalah salah satu makanan wajib yang perlu kamu coba. Kenapa? Karena makanan ini bisa kamu nikmati kapanpun. Kalau di kota asal saya Comal, soto lebih identik dengan makan siang atau malam, tapi di Semarang bisa juga jadi pilihan sarapan.





Banyak warung soto enak di sini. Soto Bangkong mungkin sudah tidak asing lagi. Tapi yang satu ini juga ga kalah tenar. Soto Pak Man namanya. Lokasi warung utamanya ada di sekitar Puri Anjasmoro sana. Tapi cabangnya juga banyak, salah satunya di sekitar Jalan Kartini Semarang.





Soto Pak Man terkenal juga lho. Konon kabarnya ketika tempo hari Pak Jokowi ke Semarang, mampir makan juga di warung soto ini. Apa menariknya soto Pak Man, silakan tonton video berikut :






https://www.youtube.com/watch?v=Yp4h7wM02s0




Lontong Padang Pleburan





Yang keempat sebenarnya bukan makanan khas Semarang. Tapi sengaja saya masukin karena tempat makan yang satu ini jadi favorit saya kalo lagi pengen makan lontong sayur khas Padang.





Buka setiap pagi mulai jam 6 dan hanya akan bertahan maksimal jam 9. Itupun sangat jarang. Kalau hari Minggu malah cuma sampai jam 8. Kenapa bisa ramai begini? Tentu saja karena rasanya enak, porsinya gede, dan harganya rasional.





Yang jual orang Padang asli yang sudah lama tinggal di Semarang. Meski begitu, citarasa khas Padangnya nggak pernah ditinggalkan. Kenapa sih lontong Padang Pleburan jadi favorit saya dan banyak orang? Temukan alasannya di video berikut ya.






https://www.youtube.com/watch?v=sd0KdYdeMNY




Lekker Paimo





Kalau sudah bicara soal jajanan, nama Lekker Paimo jadi salah satu rujukan. Bukan makanan asli Semarang, tapi kedai Lekker yang satu ini masih jadi buah bibir sampai sekarang.





Nama Paimo cukup legendaris sebagai penjual Lekker. Konon berawal dari jualan Lekker keliling, sekarang sudah punya 2 outlet. Sederhana sih outletnya. Jangan ngebayangin model resto gitu, karena kamu akan menemukan kios bawah pohon yang asik buat menikmati seporsi Lekker.





Saat ini Paimo membuka cabang baru di sekitaran Ki Mangunsarkoro. Jadi nggak perlu berdesakan di outlet depan Kolese Loyola, tapi bisa milih melipir ke outlet satunya yang nggak jauh dari sana. Oh iya, Paimo juga masih punya penjual yang keliling pake sepeda dan mangkal di beberapa tempat salah satunya di depan sekolah Karangturi Mataram.






https://www.youtube.com/watch?v=2PN0bjnkfl8




Nah itu dia 5 kuliner Semarang favorit Saya. Lebih tepatnya 5 tempat makan yang bisa jadi rujukan kalo ke Semarang. Masih banyak tentunya yang bisa kamu datengin kalo main-main ke sini. | 5 kuliner semarang





Enjoy!





5 kuliner semarang

17 Comments

  1. Mie kopyok kok gak ada kak ? Daku kangen menu itu

    ReplyDelete
  2. tadine mau masukin itu, tapi nggak punya dokumentasi videonya..hahaha.. *ceritane mung ngambil gampangnya aja* XD

    ReplyDelete
  3. baru coba lekker paimo dan seketika pengen lagi

    ReplyDelete
  4. Eh baru tahu lho leker paimo masih rela keliling pake sepeda buat jualan,, kirain udah tinggal duduk manis aja, pelanggan datang.
    Itu soto Pak Man,, aku sampe sekarang belum nyobain cobaaa. Saking banyaknya soto enak di semarang.
    Duh, baca post ini bikin ngiler, aku makan dulu wae lah.

    ReplyDelete
  5. Ga keliling sih, cuma dia buka "konter" mangkal gitu di depan Karangsaru. Yang handle anak buahnya. Kalo Paimo biasanya masih sering handle outlet yang di Mangunsarkoro.

    ReplyDelete
  6. wih leker paimo itu emang melegenda cuma ogah beli langsung pasti pesen via gofood atau temen yang belikan hahaha...kalo nasi gandul yang paling kenal nasi gandulnya pak memed di dr.cipto beli aja sampe antri segitunya padahal cuma dipinggir jalan dah bukan model resto

    ReplyDelete
  7. Dari semua tempat jajanan, aku cuma pernah makan leker paimo itupun cuma sekali doang wkwk. Aku ngerasa gagal jadi anak semarangan

    ReplyDelete
  8. Iya tuh, Nasi Gandul Pak Memed juga terkenal. Lebih deket dari kantorku malah...

    ReplyDelete
  9. Waaah nasi gandul...aku suka...di Denpasar juga ada warung nasi gandul tp blm pernah kesana...kapan2 mo nyobain yg di Denpasar ah....secara Semarang banyak wiskul recomended ya

    ReplyDelete
  10. Di Bali ada Mbak? Waaaaa..kudu cobain deh

    ReplyDelete
  11. Mas Nunooo keren dehh ini. Aku jadi pengin nasi ganduull

    ReplyDelete
  12. Waaaa..Kinaaan..makasiih..ayoklah makan nasi gandul

    ReplyDelete
  13. […] Baca juga : Kalau ke Semarang Cobain 5 Kuliner ini Yuk!  […]

    ReplyDelete
  14. […] Baca Juga : 5 Kuliner Semarang Yang Wajib Kamu Coba […]

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.