Huawei Nova 3i | Sebelum muncul istilah Generasi Z, kita lebih dulu mengenal generasi X dan Y. Kalau X adalah mereka yang jadi angkatan tua, generasi Y menjadi penerus setelahnya. Y atau yang biasa dikenal dengan generasi milenial adalah mereka yang secara rentang usia dan tahun kelahiran berada di kisaran 15 – 35 tahun lebih sedikit. Jadi kalau mau dihitung-hitung, generasi Y adalah mereka yang lahir antara tahun 1980 sampai 2000 kali ya.







Saya juga termasuk generasi Y alias milenial. Biar kata sudah agak setengah tua, tapi enggak terlalu ketinggalan banget lah soal urusan gaya hidup. Lha gimana enggak? Zaman bapak saya dulu masih belum kenal TV berwarna dan computer game. Baru di zaman saya lah mulai terkenal yang namanya TV berwarna dan segala macam barang elektronik yang mulai terlihat chic dan moderen. Jadi sudah mulai kenal sama perkembangan teknologi moderen.







Salah satu perkembangan yang saya saksikan adalah munculnya telepon genggam dan pager. Saya masih ingat dengan anak tetangga yang masuk kategori kaya, memamerkan telepon genggamnya yang tebalnya “segede gaban”. Biarpun bisa masuk saku, tapi bentuk dan beratnya sangat tidak masuk akal jika dilihat dari kacamata masa kini.







Kemudian makin kesini bentuknya makin ramping dan lebih canggih. Ukuran lebih tipis, fungsinya juga beragam. Ibarat kata telepon sudah berubah menjadi seperti komputer dalam genggaman tangan.


Capricorn Milenial Yang Berprofesi Sebagai Penyiar Radio : 


Berusaha up to date dengan gadget yang oke







Selain masuk dalam kategori milenial, saya ini adalah Capricorn sejati. Meskipun enggak ada yang nanya, tapi saya mau jelaskan soal seperti apa sosok seorang Capricorn. Karakteristik Capricorn itu banyak banget, beberapa diantaranya adalah :








  1. Mandiri

  2. Ambisius

  3. Mau belajar hal baru

  4. Praktis

  5. Senang akan perhatian orang bahkan cenderung narsis







Dan dengan karakteristik di atas, hidup di era seperti sekarang mungkin jadi tidak terlalu mengagetkan. Saya merasakan, transisinya cukup smooth. Saat ini saya akrab dengan media sosial yang platformnya bisa macam-macam. Tinggal pilih saja mau eksis dimana. Mau satu atau semuanya, terserah. Dan untungnya, saya tidak terlalu mengalami gegar budaya dan teknologi karena semuanya bisa dipelajari.








Saat ini saya bekerja sebagai penyiar radio dan pengarah lagu di sebuah radio swasta di Semarang. Sebuah pekerjaan idaman banyak orang, katanya. Pekerjaan yang sepertinya cocok dengan karakter saya sebagai seorang Capricorn. Saya senang belajar hal baru, dan kadang-kadang harus jadi pusat perhatian jika sedang tampil membawakan acara off air diluar kantor.


Yang harus dipahami terkait dengan profesi ini adalah sebagai penyiar radio saya dituntut untuk (setidaknya) tahu lebih dulu dibanding pendengar. Saya harus bergerak lebih cepat dan up to date dengan informasi yang ada di luar sana supaya bisa disampaikan kepada pendengar saat saya siaran. Mencari dan memperbarui informasi dengan hanya mengandalkan media konvensional atau lewat komputer di meja kerja? sudah bukan zamannya lagi. Mencari ide siaran harus bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, dengan bekal smartphone 


Apalagi sejak hadirnya internet, arus informasi jadi lebih cepat. Update banyak hal bisa dilakukan dalam hitungan detik. Bisa dikatakan sekarang sudah bukan lagi zamannya “kudet” alias kurang up to date atau “kuper” alias kurang pergaulan. Jadi dengan kehadiran teknologi yang selalu baru, banyak perkembangan informasi yang bisa dengan mudah dipantau dan diikuti.


#HuaweiNova3i_ID #ChooseTheBest







Apa sih yang dibutuhkan dari sebuah Smartphone yang oke?







Tidak dipungkiri, kehadiran telepon genggam dalam kehidupan kita dirasa cukup memudahkan. Dan evolusinya juga luar biasa. Dari yang mulai hanya bisa digunakan untuk telepon dan mengirim pesan singkat, saat ini telepon genggam seperti menjadi gawai yang all in one.







Mau digunakan untuk berkomunikasi bisa, dipakai untuk kerja nggak masalah, atau hanya sekedar untuk bermain game saja juga oke. Semua fungsi dari segala macam aspek kebutuhan hidup ada dalam genggaman.







Di era media sosial seperti sekarang, kebutuhan smartphone yang mumpuni untuk bisa eksis adalah sebuah keharusan. Orang membeli telepon pintar sudah tidak lagi berpikir apakah telepon bisa dipakai buat nelpon dan kirim sms lagi, tapi selalu nanya :








“Kameranya bagus kan? Soalnya aku pengen keliatan flawless kalo di foto”









“RAM-nya gede gak? buat nge-game lancar? Enggak nge-lag kan?”









Storage-nya seberapa gede? Aku butuh yang gede nih buat nyimpen foto selfie yang seabrek!”








Huawei Nova 3i : Smartphone yang layak dilirik







Memilih gadget yang bisa dipakai dalam segala keperluan yang serius dan santai bukan perkara gampang juga. Berbagai macam merek perangkat telepon pintar menawarkan kelebihannya masing-masing. Nah, kalau misal Anda punya pertanyaan seperti di atas, pas banget kalo baca tulisan ini karena saya mau nulis tentang smartphone idaman 2018.







Salah satu yang belakangan cukup sering menampakkan diri adalah smartphone besutan Huawei. Vendor yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi dalam urusan pembuatan perangkat komunikasi. Perusahaan manufaktur telekomunikasi terbesar di dunia ini sudah berkecimpung di teknologi komunikasi lebih dari 30 tahun.







Meskipun terkesan tidak terlalu menyolok, namun dalam beberapa tahun belakangan ini Huawei mulai unjuk gigi dengan menghadirkan berbagai macam produk smartphone-nya dan mulai mendapat tempat di hati para pecinta gadget.







Salah satu yang pantas dijadikan incaran adalah Huawei Nova 3i. Dari namanya saja sudah terkesan beyond. Secara pribadi saya suka dengan nama “NOVA” yang diberikan pada sebuah produk teknologi. Mengingatkan saya pada SUPERNOVA, sebuah bintang berwarna terang yang selalu digambarkan dalam bentuk yang sangat indah.


[caption id="attachment_6048" align="aligncenter" width="500"] from www.huawei.com[/caption]






Alasan kenapa Huawei Nova 3i cocok untuk Capricorn milenial seperti saya







Enggak muluk-muluk kalau saya bilang Huawei Nova 3i adalah smartphone yang menjadi idaman saya di tahun 2018 ini. Kenapa? Karena handphone ini bisa dibilang punya semua yang saya butuhkan, baik untuk keperluan pekerjaan maupun hiburan.







Masih ingat kan saya bilang apa? Saya ini adalah Capricorn millenial yang praktis dan narsis. Jadi butuh gadget yang bisa menunjang kebutuhan daily life, dan memenuhi hasrat ingin tampil menarik di depan publik.







Ada beberapa alasan kenapa Huawei Nova 3i layak menjadi smartphone yang pas bagi generasi millenial seperti saya :









  • Hadir dalam pilihan warna yang standout









Jaman sekarang, smartphone tidak hanya menjadi perangkat komunikasi, tapi sudah menjadi bagian dari fashion. Nggak cuma mengandalkan bentuknya saja, smartphone hadir dalam balutan desain casing dengan warna yang memukau. Anda bisa bayangkan, berada di tengah keramaian dan menjadi pusat perhatian karena smartphone yang Anda pegang begitu berkilau dan memukau. Pastinya senang dan bangga bukan? Huawei Nova 3i mampu memberikan perasaan tersebut karena 1 dari 2 warna yang dihadirkan oleh Huawei Nova 3i adalah Iris Purple. Warna ini membalut kaca casing belakang dengan sentuhan bingkai metal yang berada di bagian tengah. Bukan warna yang umum digunakan memang, tapi bukankah sesuatu yang berbeda bisa menjadi hal yang luar biasa?









  • Layar lebar demi pengalaman Visual yang luar biasa









Layar Huawei Nova 3i tampil dengan moda bazeless yang meminimalkan tepi sehingga terlihat sangat lebar dan maksimal. Selain itu format layarnya Full HD+ dengan ukuran 6,3 inchi yang sudah pasti akan memberikan pengalaman menonton video jadi lebih memuaskan. Dengan kerapatan layar sebesar 2340 x 1080 piksel membuat warna yang ditampilkan menjadi tajam dan nyata untuk ukuran sebuah smartphone. Oh iya, sepertinya kita juga enggak perlu kawatir karena dengan ukuran segini, Huawei Nova 3i masih cukup masuk saku baju atau celana lho.









  • Kamera pintar di 2 bagian









Sudah bukan rahasia lagi bahwa kamera adalah satu fitur yang diincar oleh konsumen. Bahkan mulai tahun lalu, tren kamera dengan lensa ganda di salah satu bagian menjadi sebuah tawaran yang menarik bagi para pecinta selfie. Jika dual lens di satu bagian saja sudah luar biasa, bagaimana jika konsep dual lens ini diterapkan pada kamera bagian belakang dan depan sekaligus? Inilah yang dihadirkan oleh Huawei Nova 3i di fitur kameranya.


Ada 2 lensa di bagian depan dan 2 lainnya di bagian belakang. Dilengkapi dengan Artificial Intelligence yang membuat hasil bidikan menjadi lebih baik. Ingin narsis dengan hasil foto yang punya bokeh? Jangan kawatir, smartphone dengan kamera 24 mega pixel + 2 mega pixel di bagian depan dan 16 mega pixel + 2 mega pixel di bagian belakang ini bisa melakukannya.


Untuk fitur kamera sepertinya Huawei Nova 3i nggak main-main. Ada banyak kecanggihan yang disematkan di dalamnya. Beberapa diantaranya adalah fitur HD pro yang memberikan preview foto maupun video yang presisi. Artificial Intelligence-nya pun mampu mengingat 22 kategori, memiliki pengetahuan lebih dari 100 juta gambar dan 500 momen untuk hasil foto lebih maksimal. Jadi kalau foto atau videonya mau dipamerkan, jelas nggak akan malu-maluin donk?










  • Mode Slo-Mo yang seru









Huawei Nova 3i menyediakan fitur yang bisa membuat hasil video menjadi bergerak lambat atau slow motion. Saya membayangkan mengambil gambar dengan smartphone ini hasilnya pasti akan jadi sangat dramatis seperti di film ya?









  • Chipset yang bertenaga untuk nge-game









Huawei Nova 3i menyematkan chipset Kirin 710 berteknologi 12nm yang diklaim mampu menghasilkan sebuah respon yang bagus ketika digunakan. Apalagi GPU Turbo-nya yang bisa meningkatkan respon smartphone menjadi lebih baik, terutama saat dipakai untuk bermain game. Bahkan Huawei mengklaim, GPU Turbo mampu membuat transisi antara sinyal 4G dan Wifi menjadi halus sehingga nge-game online pun jadi nggak nge-lag.









  • Penyimpanan besar









Kapasitas yang besar dari Huawei Nova 3i ini nggak main-main. Untuk sekelas smartphone kelas menengah, kapasitas penyimpangan sebesar 128gb dirasa sangat cukup apalagi kalau hanya untuk menyimpan koleksi aplikasi, foto dan video. Bayangin, berapa banyak koleksi yang bisa disimpan dengan besar storage yang segini?









  • Teknologi penguat sinyal









Sering bete karena sinyal hilang saat di dalam lift atau ketika berada di basement atau terowongan? Huawei Nova 3i menyediakan elevator mode yang akan dengan cepat memulihkan sinyal 4G dan mengoptimalkan kerja jaringan.


Huawei Nova 3i


Lalu apa yang bisa dilakukan Huawei Nova 3i dalam aktivitas harian "Capricorn Millenial" seperti saya?


Tentunya banyak! Kalau soal kerjaan pasti akan sangat membantu, apalagi untuk urusan yang lebih santai. Beberapa hal yang akan terasa dengan hadirnya Huawei Nova 3i ini adalah :



  • Kerjaan jadi lebih cepat beres.

    • Chipset Kirin 710 dan GPU Turbo akan sangat berpengaruh dalam kegiatan multitasking antara hiburan dan kerjaan. Saya bisa mengecek email yang masuk saat saya sedang menonton video di Youtube atau bermain Candy Crush tanpa kawatir lagging. 



  • Nggak perlu takut memori cepat penuh.

    • Pekerjaan saya berurusan dengan kiriman materi-materi lagu melalui email. Tidak jarang kiriman lagu tersebut harus saya unduh saat itu juga untuk didengarkan. Dengan kapasitas memori yang besar saya tidak perlu takut lagi jika memori hp terlalu penuh karena unduhan attachment dalam bentuk audio yang ukurannya bisa mencapai 10mb per buah.



  • Blogging jadi lebih nyaman.

    • Soal urusan blogging Huawei Nova 3i akan sangat membantu saya saat membuat draft postingan, terlebih ketika tidak ada laptop atau buku catatan di sekitar saya. Layar lebar dan dukungan chipset yang mumpuni pasti akan membuat kegiatan tersebut jadi lebih mudah.



  • Menangkap ide dimanapun dan kapanpun.

    • Sebagai blogger dan content creator, kualitas foto dari Huawei Nova 3i bisa sangat diandalkan untuk mengambil gambar atau video. Ketika saya tidak bisa selalu membawa kamera mirrorless kemanapun saya pergi, saat itulah Huawei Nova 3i bisa sangat berguna. Saya bisa mengambil gambar kapanpun saya mendapat ide dan mempostingnya ke media sosial. Kreatifitas jadi seperti tak berbatas.



  • Nggak mati gaya.

    • Saya tetap bisa terhubung dengan media sosial dan akses hiburan lainnya seperti Youtube bahkan ketika saya sedang dalam perjalanan dengan kereta dan melewati area yang susah sinyal. Dengan teknologi yang digunakan oleh Huawei Nova 3i saya tetap bisa berkomunikasi dan menikmati hiburan tanpa gangguan.



  • Pamer siaran via Live Instagram

    • Mungkin nggak banyak yang tahu bagaimana kegiatan siaran dilakukan. Dan terkadang saya ingin menunjukkan seperti apa sih serunya siaran dengan melakukan LIVE Instagram. Dengan kamera depan Huawei Nova 3i yang dilengkapi Artificial Intelligence kegiatan ini pasti jadi seru karena hasil video yang dihasilkan lebih oke.









Kesimpulannya?







Kesimpulannya ya Huawei Nova 3i ini punya segala apa yang saya butuhkan sebagai Capricorn Milenial yang berprofesi sebagai penyiar radio. Memenuhi asas kepraktisan dan mampu mengakomodir “bakat narsis” saya. Nggak cuma bisa jadi center of attention, tapi Huawei Nova 3i juga bertenaga dan mampu membantu kegiatan saya sehari-hari, baik dalam urusan pekerjaan maupun memenuhi kebutuhan akan hiburan. Jadi, boleh dong kalau saya bilang inilah smartphone idaman 2018?



Huawei Nova 3i Blog Competition by Koh Huang






24 Comments

  1. Kalau penyiar radio berarti pas lagi siaran bisa ngomong sampai beribu-ribu kata gitu ya. Tapi ini nulis pun bisa puanjang begini, gimana jadinya kalau punya huawei nova 3i. Pasti gak hanya bakat narsisnya yang bisa terakomodir, para pendengarnya pun bisa-bisa dibikin ngiler dengan hp idamannya tuh.

    ReplyDelete
  2. :)) sayangnya kalo pas siaran dibatasi juga sama waktu, ga boleh ngomong lama2 meskipun kadang2 juga suka lupa. Apalagi kalo lawan tik-toknya asyik. Kita lihat nanti, kalau rejeki bisa punya coba dibuktikan apakah pendengar bisa beneran ngiler. Hahaha.

    ReplyDelete
  3. Sudah punya dong saya. Cakep desainnya. Worth to buy. Good article, by the way.

    ReplyDelete
  4. Wew...pasti udah ngerasain gimana make HP kerem ini ya Mas?

    ReplyDelete
  5. Sekilas mirip iphone X ya...kulitasnya juga gak beda jauh deh ya!...
    Mantab deh in handphone...

    ReplyDelete
  6. Bias Marshin BasaralSeptember 27, 2018 at 2:27 PM

    Artikelnya bagus mas mantaaps soul

    ReplyDelete
  7. Wah, warna iris purple bagus banget tuh. Prosesornya kenceng, memori internalnya luar biasa gedeee. Cocok nih buat saya yang suka moto pemandangan di jalan. Huawei bikin ngiler....

    ReplyDelete
  8. kak, aku komen kak, aku komen :))
    komen; aku jugak capricorn! :D

    ReplyDelete
  9. Massss kumau 1 jugakkk pelisss kece abis smartphone nyaaa

    ReplyDelete
  10. Hahahaha. Karakteristikmu yang mana kak? :p

    ReplyDelete
  11. Ayo ikutan. Banyak GA yang bagiin smartphone ini. :))

    ReplyDelete
  12. Wkwkwk yang jelas kurang narsis dan kurang ambisius :))

    ReplyDelete
  13. aku sakjane juga gitu kak. Ambisius dan narsisku "main alus"...ga kentara. :))

    ReplyDelete
  14. Desainya keren, ada warna gradasinya, dan memori internalnya 12GB, buanyak banget, 8GB aja udah banyak apalagi segini

    ReplyDelete
  15. Terima kasih ya sudah partisipasi dalam blogging competition. Semoga beruntung ya.. :)

    ReplyDelete
  16. Sedappp sekali artikelnya. Selamat mas.

    ReplyDelete
  17. wihhh pecah telor nih setelah lama vakum nulis eh giliran mulai nulis lagi langsung diganjar hengpon, selamat...

    ReplyDelete
  18. wiiihhh, selamat ya kak menang hp baru :)

    ReplyDelete
  19. Terima kasih Mas Dzul. Ternyata begini rasanya menang blog Comp ya..:))

    ReplyDelete
  20. ;)) Terima kasih banyak! Terima kasih atas kunjungannya

    ReplyDelete
  21. […] ingat kan sama lomba yang ini? Nah, alhamdulillah saya berhasil jadi salah satu juaranya. Ada cerita seputar lomba itu, yang akan […]

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.